Artikel Pilihan

Memahami Filosofi Bunga Bougenville yang Eksotis dan Indah


ciri ciri pohon bunga bougenville
sumber : faunadanflora.com

Terdapat beberapa filosofi bunga bougenville berdasarkan kepercayaan-kepercayaan yang terdapat di sekitar kita. Bunga yang memiliki nama ilmiah bougainvillea ini terkenal sebagai tanaman hias karena memiliki warna yang cantik dan beragam. Bougenville merupakan bunga hias yang masuk dalam famili Nyctaginaceae.

Bentuk tanaman ini berupa pohon kecil dan sulit untuk tumbuh secara tegak. Terdapat beragam warna bunga bougenville, mulai dari merah muda, ungu, putih, kuning, dan lain-lain. Bunga bougenville berasal dari Amerika Selatan. Nama bunga ini sendiri diambil dari nama prajurit angkatan laut asal Perancis, yaitu Sir Louis Antoine Bougainville.

Selain sebagai tanaman hias, kandungan saponin dan polifenol dalam bunga bougenville bermanfaat untuk mengatasi haid yang tidak teratur, nyeri dan penggumpalan darah ketika haid, mengobati keputihan pada organ intim wanita, mengobati disentri, mengobati bisul, mengatasi kencing bernanah, mengurangi nyeri pada puting susu, serta menyegarkan badan.



Filosofi bunga bougenville diartikan sebagai lambah kasih sayang, baik untuk kekasih, orang tua, anak, ataupun seluruh manusia di dunia. Selain itu, juga terdapat filosofi bunga bougenville lainnya dalam pembahasan berikut ini.

Filosofi Bunga Bougenville Menurut Feng Shui


Di Singapura terdapat kepercayaan tentang latar belakang pemilihan warna bunga. Ternyata, terdapat filosofi bunga bougenville menurut Feng Shui, yaitu pemilihan bunga bougenville berwarna merah dan ungu dipercaya dapat menarik kekayaan. Dalam Feng Shui, warna merah dan ungu melambangkan kemakmuran dan kekayaan.

Selain itu, terdapat pula filosofi bunga bougenville terkait duri yang dimilikinya yaitu mampu menyingkirkan sosok negatif dari sang pemilik, seperti rekan kerja maupun tetangga.

Duri-duri yang dimiliki bunga bougenville diyakini mampu membersihkan lingkungan sekitar pemiliknya dari permasalahan-permasalahan pelik. Bahkan, penggunaan essence bunga bougenville dikatakan dapat membersihkan serta menyeimbangkan energi dalam rumah tinggal. Hal ini pun telah dilakukan secara turun-temurun sejak generasi masa lalu.

Filosofi Bunga Bougenville yang Berhubungan Dengan Dasar Pemikiran Jawa

Menanam bougenville berwarna terang dipercaya mampu menciptakan harmoni dengan material kayu pergola, sehingga pemilik rumah tersebut akan merasa senang menanam bunga tersebut.

Terdapat filosofi bunga bougenville menurut kepercayaan Jawa yaitu bougenville memiliki sifat “satrio wirang” yang dapat mendatangkan musibah atau membuat si pemilik rumah malu, sehingga bagi sebagian orang menanam bunga bougenville merupakan sebuah pantangan.

Konon, tanaman yang dapat dikreasikan dalam pot atau dibentuk menjadi bonsai dapat memberi pengaruh bagi penghuni rumah, mulai dari suami dan anak laki-laki tidak betah di rumah, hingga anak perempuan tidak mendapatkan jodoh.

Filosofi Bunga Bougenville di Berbagai Negara

Di Malaysia Bougenville disebut “bunga kekwa” atau “bunga kertas” karena kelopaknya yang tipis seperti kertas. Di Yunani disebut dengan nama “Vukam Villa”, sedangkan di Hawaii, bougenville disebut “pua kapalo” yang berarti bunga setan. Disebut demikian mungkin karena bougenville memiliki duri-duri yang tajam dan tangkai yang berwarna kemerahan.

Terlepas dari julukannya yang jahat, terkadang masyarakat Hawaii menggunakan bunga bougenville dalam perayaan-perayaan bahagia dan untuk menyambut pengunjung. Bunga bougenville akan dirangkai menggunakan benang atau diletakkan dalam tandan.

Selain itu, bunga bougenville juga dijadikan simbol ekspansi kolonial. Meski bunga ini berasal dari Amerika Selatan, tapi bougenville menyebar ketika orang Eropa berdagang dan menjajah berbagai belahan dunia. Penjajah membawa tanaman bougenville ke Karibia, Afrika, India, hingga Asia Tenggara, di mana tanaman ini justru terus tumbuh secara luas.

Di banyak negara, bunga bougenville dijadikan sebagai simbol keindahan, sehingga banyak sekali ditemukan baik di jalan, bangunan, hingga dijadikan nama dari beberapa lembaga di California, India, Australia, dan beberapa negara lain. Selain itu terdapat makna sebagai perlindungan, koneksi spiritual, simbol perdamaian, kelimpahan, dan gairah dalam hubungan.
Bougenville menjadi dekorasi alami yang indah dan dapat menambahkan kesan istimewa pada foto liburan Anda.

ciri ciri pohon bunga bougenville
sumber: blog.amorgos-aegialis.com
Nah, itu tadi beberapa filosofi dari bunga bougenville baik dari negeri kita sendiri maupun dari mancanegara. Meskipun terdapat banyak dasar pemikiran yang berbeda-beda tentang bunga ini, tapi tidak mengurangi keindahan bunga itu sendiri.




Belum ada Komentar untuk "Memahami Filosofi Bunga Bougenville yang Eksotis dan Indah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel