Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Menumbuhkan Bibit Tanaman Bougenville?

Tanaman Bougenville

Bibit Tanaman Bougenville—bougenville adalah tanaman merambat tropis asal Amerika Selatan, berbentuk semak dengan beraneka warna. Jika berada di iklim yang tepat, tanaman bougenville dapat berbunga selama 11 bulan dalam setahun.

Untuk menanam bougenville, tanam di bawah sinar matahari yang penuh, tanah yang sedikit asam dan berdrainase baik, dan iklim yang relatif panas dan kering. Lanjutkan perawatan bibit tanaman bougenville Anda dengan menyiram secukupnya, pemupukan setiap beberapa bulan.

Jangan lupa pula, lakukan pemangkasan di akhir musim, dan memasang teralis atau tiang untuk melatih bibit tanaman bougenville tumbuh. Jika dirawat dengan benar, tanaman cantik ini dapat mekar sepanjang tahun.

Baca juga : Daftar Harga Bunga Bougenville Berbagai Jenis Update Terbaru




Menanam Bibit Tanaman Bougenville

Terdapat beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk menanam bibit tanaman bougenville, yaitu sebagai berikut :

1. Putuskan Apakah Anda Akan Menanam di Tanah Atau di Pot


Bibit tanaman bougenville tumbuh subur di tempat-tempat yang panas dan relatif kering. Jika Anda tinggal di daerah zona kering, Anda dapat menanamnya di luar ruangan. Namun, jika tempat tinggal Anda berada di zona yang lebih dingin dan basah, Anda masih dapat menanam bibit tanaman bougenville di dalam pot dan membawanya ke dalam ruangan ketika memasuki musim dingin.

Tanaman Bougenville
Sumber: www.carabudidaya.co.id
Tanaman bougenville dapat tumbuh maksimal ketika suhu malam hari tidak turun di bawah 60 derajat fahrenheit (16 derajat celcius) dan suhu siang hari tidak melebihi 100 derajat fahrenheit (38 derajat celcius). Tanaman bougenville pun dapat bertahan di musim dingin jika ditempatkan di basement atau tempat yang teduh.

2. Temukan Tempat yang Cerah di Halaman Anda


Tanaman bougenville adalah pecinta matahari dan akan tumbuh optimal di tempat terbuka dengan matahari penuh, dan menghadap ke utara atau ke selatan. Tanaman bougenville membutuhkan setidaknya enam jam sinar matahari secara penuh dalam sehari untuk dapat berkembang.

3. Pilih Tempat dengan Tanah yang Subur dan Berdrainase Baik


Tanaman bougenville tidak akan tumbuh dengan baik di tanah yang menyimpan terlalu banyak air, jadi pastikan air dalam tanah terkuras dengan baik. Anda dapat mencampur tanah dengan pasir, lumut gambut, perlite, atau vermiculite. Selain itu, menanam bougenville di tanah lereng dapat membantu mendukung drainase.

Bougenville membutuhkan tanah yang kaya nutrisi dan sedikit asam, dengan pH antara 5,5 dan 6,0. Untuk meningkatkan pH tanah, Anda dapat menambahkan batu kapur. Sebaliknya, untuk menurunkan pH, Anda dapat menambahkan sulfur secukupnya. Jika Anda menanam bougenville dalam pot, pastikan Anda memilih campuran tanah dengan tingkat pH yang sesuai.

Baca juga : Bunga Bougenville Hybrid Nan Cantik, Bougenville Afterglow


4. Saatnya Menanam Bougenville


Gali lubang sedalam bola akar tanaman bougenville. Tambahkan pupuk fosfat tinggi ke dalam lubang untuk meningkatkan pertumbuhan akar dan membantu bunga lekas mekar. Angkat bibit tanaman bougenville dari wadahnya, bersihkan perlahan media tanam yang menempel di akar, basahi akar lalu masukkan dalam lubang.

Pastikan Anda berhati-hati ketika memindahkan bibit bougenville ke dalam tanah, karena jika Anda sampai merusak akar bougenville, hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhannya kelak. Tepuk-tepuk ringan tanah di sekitar pangkal tanaman. Jika Anda ingin tanaman bougenville Anda memanjat teralis atau dinding, pastikan Anda menanamnya berdekatan dengan struktur tersebut.

Saat tumbuh, Anda harus melatih tanaman bougenville Anda untuk memanjat struktur dengan melilitkannya dengan lembut di sekitar pangkal batang. Jika Anda menanam bougenville di dalam wadah, pastikan Anda memilih wadah yang terdapat banyak lubang drainase, karena bougenville tidak suka memiliki akar yang basah.




Langkah menanam bibit tanaman bougenville cukup mudah, bukan? Banyaknya varietas bougenville dengan berbagai pilihan warna memungkinkan Anda untuk melakukan budidaya dengan menyilangkan antar varietas untuk menghasilkan perpaduan warna yang menarik.

Anda dapat menerapkan langkah-langkah di atas untuk bougenville jenis apapun. Tanaman bougenville adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki taman yang indah tanpa perlu melakukan perawatan yang rumit. Bahkan Anda tidak harus memupuk tanaman ini, tapi jika Anda ingin memberikan nutrisi agar tanaman bougenville Anda dapat tumbuh maksimal, disarankan Anda memilih pupuk palem atau hibiscus.

Baca Juga :






Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Menumbuhkan Bibit Tanaman Bougenville?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel