Artikel Pilihan

Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Ini Dapat Membuat Bunga Cepat Tumbuh


ciri ciri pohon Tanaman Bougenville  2
Sumber:carabudidaya.co.id

Saat ini telah banyak masyarakat yang melakukan budidaya tanaman bougenville karena tanaman hias ini mampu tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Teknik umum yang digunakan dalam budidaya tanaman bougenville adalah stek dan sambung putus.

Namun, sebenarnya masih terdapat banyak pilihan cara membudidayakan tanaman bougenville yang bisa Anda coba. Sebelum Anda mulai tahap budidaya, Anda harus memilih varian bougenville yang sesuai dengan selera Anda dulu.

Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Menggunakan Cara Stek


Mungkin Anda telah familiar dengan teknik budidaya satu ini, sebab tak hanya digunakan pada tanaman bougenville, Anda juga dapat menerapkannya pada tanaman-tanaman lain. Teknik stek dimulai dari memilih batang calon bibit yang berasal dari pohon bougenville yang sudah tua, lalu potong batang tanaman yang Anda pilih dengan potongan serong dan runcing di ujungnya.

Kemudian tanamlah batang tersebut pada media tanam dengan kedalaman kurang lebih 5 cm. Agar hasil yang Anda peroleh maksimal, sebaiknya Anda melakukan teknik stek saat pagi atau malam hari.



Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Menggunakan Media Campuran


Teknik budidaya tanaman bougenville selanjutnya yang dapat Anda coba adalah menggunakan media campuran. Anda dapat memilih media pasir karena pasir bersifat porous, yakni memiliki rongga-rongga kecil sehingga air akan dengan mudah masuk dalam media tanam dan dapat terserap efektif ke akar. Kelebihan lain dengan menggunakan pasir sebagai media tanam adalah kelembaban tanaman bougenville akan tetap stabil. Letakkan pasir di bagian dasar pot kurang lebih setinggi 1/3 bagian pot.

Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Menggunakan Cara Sambung Pucuk


Teknik budidaya tanaman bougenville yang ketiga ini memungkinkan Anda memperoleh bermacam warna bunga bougenville dalam satu pohon. Cara sambung pucuk cukup sederhana untuk dilakukan, yaitu Anda cukup menyambungkan cabang tanaman bougenville yang masih muda pada cabang tanaman bougenville yang sudah tua.
Kemudian biarkan hingga kedua cabang tersebut menyatu dan tumbuh secara sempurna dari batang utama. Akhirnya, Anda akan mendapatkan pohon bougenville dengan warna bunga yang bermacam-macam. Cantik, bukan?

Tips Budidaya Tanaman Bougenville Agar Berbunga Lebat


Selanjutnya, jika Anda berminat untuk membudidayakan bunga hias satu ini, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut agar tanaman bougenville Anda dapat menghasilkan bunga lebat.

1. Perhatikan Kondisi Tumbuh Bougenville

Anda dapat menggunakan media tanah berupa campuran pot kering dan banyak perlit. Pastikan tanaman bougenville Anda mendapat cahaya matahari secara penuh. Jika Anda meletakkan tanaman bougenville di dalam ruangan, pastikan Anda memindahkannya ke luar rumah khususnya ketika musim panas.



Untuk kondisi suhu, Anda tak perlu khawatir karena bougenville dapat tumbuh baik di suhu tinggi beriklim tropis maupun suhu dingin. Anda dapat membiarkan tanaman bougenville dalam kondisi lembab di musim panas, dan mengurangi frekuensi menyiram ketika musim dingin. Pemberian pupuk juga dapat membantu bunga bougenville mekar dengan baik.

2. Mempersiapkan Bibit Bunga Bougenville

Pastikan tanaman yang akan Anda jadikan bibit adalah tanaman yang sehat, berusia tua, dan memiliki warna sesuai keinginan Anda.

3. Cara Menanam Bibit Bunga Bougenville

Gunakan media tanam kombinasi tanah dengan pasir dan sesuaikan ukuran pot dengan ukuran bibit bougenville yang akan Anda tanam. Menanam bibit sebaiknya saat pagi hari atau malam hari, sebab di waktu tersebut tingkat pertumbuhan tunas baru tanaman bougenville sedang meningkat.

Tips Merawat dan Memelihara Tanaman Bougenville


Agar tanaman bougenville Anda dapat tumbuh subur, sebaiknya Anda melakukan penyiraman secara rutin yaitu 2 kali sehari di pagi hari dan sore hari, terutama di masa-masa bibit baru ditanam atau ketika sedang musim kemarau. Anda tak perlu terlalu banyak menyiram, cukup lakukan hingga media tanam mencapai tingkat kelembaban yang cukup.
ciri ciri pohon Tanaman Bougenville  2
sumber: dekoruma.blog

Agar tanaman bougenville Anda dapat tumbuh optimal, lakukanlah pemangkasan di bagian cabang. Pemangkasan juga bertujuan agar tanaman dapat menyerap nutrisi dan sinar matahari mampu menembus seluruh bagian tanaman.



Untuk pupuk, Anda bisa menggunakan baik pupuk organik ataupun anorganik. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan pupuk organik. Pupuk akan membantu memenuhi nutrisi yang diperlukan tumbuhan bougenville agar dapat berkembang dengan baik.

Perlu pula Anda melakukan penyiangan untuk menyingkirkan gulma dan tanaman liar di sekitar tempat tumbuh bunga bougenville agar nutrisi bunga bougenville tidak direbut oleh gulma tersebut. Terakhir, meski tanaman bougenville lebih tahan serangan hama dan penyakit, tapi Anda bisa mencegahnya dengan cara manual atau dengan menyemprotkan cairan kimia berupa fungisida dan insektisida.

Sekian pembahasan tentang budidaya tanaman bougenville. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi Anda pecinta bougenville.




Belum ada Komentar untuk "Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Ini Dapat Membuat Bunga Cepat Tumbuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel