Artikel Pilihan

Bunga Bougenville California Gold, Tanaman Hias Keemasan yang Cantik

Ciri Ciri Pohon Bougenville California Gold

Bougenville california gold adalah tumbuhan hijau merambat dengan daun yang berbentuk oval dan meruncing di bagian ujungnya. Tumbuhan ini memiliki seludang yang berwarna kuning keemasan yang tumbuh di sepanjang batangnya dan terdapat sedikit semburat warna perunggu ketika di akhir musim semi, bahkan biasanya hingga musim gugur dan biasanya tumbuh pula ketika musim dingin.

Baca juga : Daftar Harga Bunga Bougenville Berbagai Jenis Update Terbaru

Untuk mendapatkan warna seludang bougenville california gold yang cerah, Anda dapat menanam bunga ini di bawah sinar matahari penuh. Bunga bougenville jenis california gold sedikit lebih lembut dibanding beberapa varietas lainnya. California gold dapat bertahan pada suhu 25 sampai 30 derajat Fahrenheit, sehingga tanaman ini tergolong toleran terhadap panas bahkan di gurun sekalipun.

Warna kuning bougenville california gold membuat bunga ini sangat unik dan daya tahannya yang terbukti kuat, serta pertumbuhannya yang pesat menjadikan tunga ini cocok dijadikan tanaman hias di kebun Anda. Anda dapat melilitkannya ke tiang, pagar, dinding, atau bahkan menaungi rumah atau bangunan kecil.



Asal Mula Bunga Bougenville California Gold

Genus tanaman ini diambil dari nama laksamana Perancis sekaligus penjelajah, Louis Antoine de Bougainville (1729-1811) sebagai sebuah bentuk penghormatan. Laksamana Bougainville pertama kali mengunjungi Amerika Selatan di tahun 1764 dalam perjalanan untuk menyelesaikan penjelajahannya di Kepulauan Falkland.

Kemudian pada tahun 1766, ia pergi melanjutkan perjalanan untuk menjadi orang Perancis pertama yang mengelilingi dunia. Dalam perjalanan ini, ia ditemani oleh rekannya, seorang ahli botani yang bernama Philibert Commercon, yang kemudian memberi nama tanaman temuan mereka dengan nama “Bougainvillea”.

Terdapat beberapa orang yang beranggapan bahwa bougenville california gold ini identik dengan varietas ‘Golden Glow’, ‘Pretoria’, ‘Millarii’, dan ‘Gold Queen’. Namun, ternyata deskripsi dari varietas-varietas tersebut berbeda. Kemudian ditemukan kesamaan bougenville jenis california gold dengan tanaman yang disebut ’Hawaiian Gold’.

Berdasarkan referensi buku Tanaman Berbunga Dunia yang ditulis oleh Edwin Menninger, tertulis beberapa sejarah yang berkaitan dengan kultivar bougenville lainnya. Namun, di buku tersebut tidak secara langsung menyebutkan ‘California Gold’, melainkan tercatat ‘Golden Glow’ dilaporkan dari Jamaika di tahun 1949.

Menninger menggambarkan tanaman ini memiliki seludang muda yang berwarna kuning, kemudian berubah menjadi oranye pucat dan akhirnya pucat seperti carmin. Sementara California Gold tidak pernah mendapatkan tone oranye atau merah ini.

Informasi Penanaman Bunga Bougenville California Gold

Baca juga : Ketahui Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan

Sebaiknya posisi penanaman bunga bougenville jenis california gold di tempat yang mendapat sinar matahari penuh, khususnya paparan dari arah selatan. Bunga bougenville ini lebih suka tumbuh di tempat dengan tingkat kelembaban tinggi.
Ciri Ciri Pohon Bougenville California Gold
Sumber: villagenurseries.com
Untuk penyiraman, Anda dapat melakukan penyiraman ketika tanah di sekitar tanaman bougenville california gold telah terlihat kering. Bunga justru dapat tumbuh dengan baik ketika tanaman sedikit layu di antara penyiraman. Saat menyiram, pastikan tanah basah hingga air dapat keluar dari bagian bawah pot. Menanam bunga bougenville di dalam pot tanah liat dapat membantu menjaga sistem akar yang sehat.

Anda dapat memberikan pupuk cair yang seimbang dengan proporsi ½ sendok teh pupuk per satu galon air. Kurangi pemberian pupuk ketika memasuki musim dingin, terutama jika suhu udara mulai menurun.

Anda dapat melakukan pemangkasan ketika tumbuhan bougenville tumbuh berlebihan. Waktu yang tepat untuk memangkas tanaman ini adalah ketika siklus berbunga telah selesai. Pada beberapa varietas, pemangkasan dapat mempertahankan spesimen terus berbunga. Anda juga dapat menghilangkan duri-duri yang terdapat di tangkai bougenville california gold tanpa membahayakan tanaman tersebut.


Jika membicarakan tentang hama dan penyakit, bougenville california goldmudah terserang kutu daun dan terkadang kutu serangga. Jenis bougenville ini termasuk hibrida terbaik, dibandingkan dengan jenis yang berwarna kuning lainnya.

Tanaman bougenville dijuluki mesin berbunga karena setelah bermekaran, kemudian seludang-seludang bougenville rontok, tak lama tumbuhan ini sudah dapat berbunga kembali dan ini terus berulang hampir sepanjang musim. Bahkan karena kecantikan bunga bougenville jenis california gold ini, kolibri, kupu-kupu, dan lebah akan sering mampir untuk hinggap di bunganya. Oleh sebab itu, tanaman ini cocok sekali dijadikan bunga hias di rumah Anda.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Bunga Bougenville California Gold, Tanaman Hias Keemasan yang Cantik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel