Artikel Pilihan

Menyiapkan Lahan Untuk Pohon Gaharu

Menyiapkan lahan untuk pohon gaharu bukanlah hal sepele jika memang Anda ingin membudidayakan tanaman gaharu. Penyiapan lahan tanam ini harus dipersiapkan dengan baik sebelum Anda mulai menanam bibitnya. Budidaya gaharu sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan.

Namun tentunya Anda harus bisa menanam dan merawat tanaman gaharu dengan cara atau pola yang tepat. Sebab jika penanaman gaharu dilakukan dan ada kesalahan selama proses penanaman maka bisa saja gaharu malah menjadi rusak dan kemudian mengalami kematian. Oleh karena itu beberapa hal perlu diperhatikan secara lebih rinci dalam melakukan penanaman gaharu termasuk pula hal lahan tanam.


Lahan Secukupnya

Sebenarnya membudidayakan gaharu tidak selalu membutuhkan area yang sangat luas. Tanaman gaharu sebenarnya bisa ditanam di lahan yang bisa dibilang cukup sempit. Namun jika Anda ingin membudidayakan gaharu dalam jumlah besar atau dalam jumlah yang sangat banyak maka sudah tentu Anda perlu menyediakan dan menyiapkan lahan untuk pohon gaharu dalam jumlah yang cukup luas.

Umumnya untuk lahan seluas 1 hektare bisa ditanami pohon gaharu sebanyak 1.111 batang pohon. Tentu saja jumlah pohon gaharu yang mencapai ribuan bisa dibilang sangat banyak. Semakin banyak jumlah gaharu yang ditanam maka semakin banyak pula biaya untuk perawatan gaharu.

Membuat Lubang Tanam

Jika Anda telah menemukan atau mendapatkan lahan untuk menanam pohon maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Anda bisa segera menyiapkan lubang tanam sebagai langkah selanjutnya. Menyiapkan lahan untuk pohon gaharu dalam bentuk lubang tanam perlu dilakukan dengan teknik tertentu.

Umumnya lubang tanam ini dibuat minimal 2 minggu sebelum proses penanaman bibit gaharu dilakukan. Lubang tanam hendaknya dibuat dengan ukuran 30x30x30 cm. Pembuatan lubang tanam harus dilakukan dengan jarak pada antar tanaman. Jarak antar tanaman kira-kira 3x3 meter. Atau mungkin jarak tanam ini bisa disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki oleh pembudidaya gaharu.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: gaharu84.blogspot.com


Pemupukan Lubang Tanam

Setelah proses pembuatan lubang tanam telah dilakukan maka Anda bisa menambahkan pupuk ke dalam lubang tanam tersebut. Jenis pupuk yang digunakan bisa apa saja dan hal ini bergantung pada kebutuhan atau keinginan pembudidaya gaharu. Anda bisa menambankan pupuk kandang ke lubang tanam tersebut atau mungkin juga pupuk organik. Pupuk kandang atau pupuk organik tersebut ditambahkan ke dalam lubang tanam sebanyak 3 hingga 5 kg untuk tiap lubang.

Selain pupuk kandang atau pupuk organik rupanya Anda bisa menambahkan pupuk NPK. Jika Anda menambahkan pupuk NPK ke dalam lubang tanam tersebut maka Anda bisa menambahkan pupuk sebanyak 20 hingga 30 gram untuk tiap lubang. Penggunaan pupuk sebaiknya dilakukan dengan tepat. Jenis pupuk juga harus tepat agar Anda dapat menyiapkan lahan untuk pohon gaharu dengan tepat.

Baca Juga :

Penambahan Dolomit

Pembuatan lubang tanam dan proses pemupukan atau penggunaan pupuk yang tepat sebenarnya sudah cukup baik untuk penanaman bibit gaharu. Namun bila Anda ingin menyiapkan lahan untuk pohon gaharu dengan kualitas yang lebih baik lagi maka Anda bisa menambahkan dolomit.

Dalam hal ini Anda bisa menambahkan dolomit sebanyak 100 gram untuk tiap lubang tanam. Penggunaan dolomit ini bisa berfungsi untuk menjaga ph tanah. Dengan adanya dolomit ini maka ph tanah bisa tetap berada pada angka 5 sehingga lahan siap untuk ditanami bibit gaharu. Penanaman Bibit Gaharu

Jika memang lubang tanah telah ditambahkan dengan pupuk dan dolomit sesuai takaran yang telah ditentukan maka kini saatnya bagi Anda untuk menanam bibit gaharu. Setelah seluruh komponen telah dimasukkan ke dalam lubang tanam maka tunggulah hingga 1 minggu mendatang. Penanaman memang sebaiknya dilakukan 1 minggu setelahnya agar seluruh komponen yang ada di dalam lubang tanam bisa terserap dengan baik.

Jika memang 1 minggu telah terlewati maka kini saatnya bagi Anda untuk melakukan penanaman. Waktu penanaman yang tepat sebaiknya pada saat musim hujan tepatnya pada saat sore hari. Dengan demikian maka tanaman gaharu Anda akan tumbuh dengan baik dan memberikan hasil berkualitas tinggi.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: bibittanamanmurah.blogspot.com
Langkah menyiapkan lahan untuk pohon gaharu di atas semoga mudah untuk dimengerti. Sehingga bagi petani yang ingin mengetahui proses persiapan lahan dengan baik, maka sebaiknya bisa melihat rujukan informasi di atas.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Menyiapkan Lahan Untuk Pohon Gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel