Artikel Pilihan

Pohon Pinus Longleaf Bisa Hidup Hingga 500 Tahun Lamanya

ciri ciri pohon pinus longleaf

Beberapa jenis pohon pinus memang dikenal bisa hidup sangat lama. Salah satunya adalah Pohon Pinus Longleaf yang bisa hidup hingga 500 tahun ini. Pinus longleaf (Pinus palustris) adalah pinus asli Amerika Serikat Tenggara. Pinus ini ditemukan di sepanjang dataran pantai dari Texas Timur hingga Maryland selatan, membentang hingga Florida utara dan tengah.

Pohon pinus longleaf bisa mencapai ketinggian 30-35 meter dan diameter 0,7 m (28 in). Beberapa sumber menyebutkan bahwa dahulu sebelum penebangan ekstensif, pohon pinus yang daunnya panjang ini dilaporkan tumbuh hingga 47 meter dengan diameter 1,2 meter. Pohon pinus ini adalah simbol budaya Amerika Serikat Selatan, menjadi pohon resmi negara bagian Alabama.

Kulit pohon pinus Longleaf tebal, coklat kemerahan, dan bersisik. Daunnya berwarna hijau gelap dan seperti jarum, dan muncul dalam bundel yang terdiri dari tiga, kadang-kadang dua atau empat, terutama pada bibit. Pohon pinus adalah salah satu dari dua pinus AS Tenggara dengan jarum panjang, yang lainnya adalah pinus tebas. Jarum pinus punya daun panjang dari spesimen 30-m dekat Tallahassee, Florida.

Adapun biji pohon pinus Longleaf sendiri diketahui matang dalam waktu 29 bulan sejak penyerbukan. Ketika matang, warnanya kuning kecokelatan, panjang 15–25 cm (5,9-9,8), dan lebar 5-7 cm (2,0–2,8 inci), membuka hingga 12 cm (4,7 inci), dan memiliki kecil, tapi tulang belakang tajam ke bawah di tengah setiap skala. Benih memiliki panjang 7–9 mm (0,28-0,35 in), dengan sayap 25–40 mm (0,98–1,57 in).


Pohon Pinus yang Hidup Ratusan Tahun

Pinus Longleaf membutuhkan 100 hingga 150 tahun untuk menjadi ukuran penuh dan dapat hidup sampai 500 tahun. Ketika masih berusia muda, pohon pinus Longleaf menumbuhkan akar pohon yang panjang, yang biasanya 2–3 meter panjangnya. Kemudian pada saat jatuh tempo, mereka memiliki sistem akar lateral yang menyebar luas dengan beberapa akar 'tenggelam' dalam atau yang disebut dengan akar tunggang.

Rata-rata pohon pinus bisa tumbuh di tanah yang berdrainase baik, biasanya berpasir, khas di tegakan murni. Pinus Longleaf juga dikenal sebagai salah satu dari beberapa spesies yang dikelompokkan sebagai pinus kuning selatan atau pinus kuning daun panjang, dan di masa lalu sebagai pinus pitch.

Selain pohon pinus Radiata, Pinus Longleaf juga sangat tahan api. Kebanyakan hutan alam berkala besar memilih spesies ini dengan menyingkirkan pohon-pohon lain. Akhirnya mengarah dengan membuka hutan pinus atau sabana. Adapun untuk bibit baru pinus Longleaf sendiri sama sekali tidak tampak seperti pohon dan menyerupai air mancur jarum berwarna hijau gelap.

Baca Juga :

Bentuk Pohon Pinus yang Khas

ciri ciri pohon pinus longleaf
Sumber: youtube.com
Bentuk pohon pinus Longleaf itu disebut panggung rumput. Selama tahap ini, yang berlangsung selama 5-12 tahun, pertumbuhan vertikal sangat lambat, dan pohon mungkin membutuhkan beberapa tahun hanya untuk tumbuh setinggi pergelangan kaki. Setelah itu, ia membuat lonjakan pertumbuhan, terutama jika tidak ada kanopi pohon di atasnya.

Pada tahap rumput, Pohon pinus Longleaf sangat tahan terhadap kebakaran intensitas rendah karena tunas terminal dilindungi dari pemanasan mematikan oleh jarum yang dikemas dengan ketat. Meskipun relatif kebal terhadap api pada tahap ini, tanaman ini cukup menarik bagi babi liar.

Hutan pohon pinus Longleaf sendiri dikenal kaya akan keanekaragaman hayati. Ada banyak kelompok-kelompok termasuk sedges, rumput, tanaman karnivora, dan anggrek. Hutan-hutan ini juga menyediakan habitat bagi kura-kura gopher, yang sebagai spesies batu kunci, menggali lubang yang menyediakan habitat bagi ratusan spesies hewan lainnya.

Pelatuk berhidung merah bergantung pada hutan pohon pinus dewasa dan sekarang terancam punah sebagai akibat dari penurunan ini. Biji pinus Longleaf besar dan bergizi, membentuk sumber makanan yang signifikan untuk burung (terutama nuthatch berkepala coklat) dan satwa liar lainnya. Wilayah Red Hills di Florida dan Georgia adalah rumah bagi beberapa tegakan pohon pinus longleaf yang paling terpelihara. Hutan-hutan ini telah dibakar secara teratur selama beberapa dekade untuk mendorong habitat puyuh bobwhite di perkebunan perburuan swasta.

Demikian informasi terkait pohon pinus Longleaf yang banyak ditemukan di wilayah Amerika tersebut. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pohon Pinus Longleaf Bisa Hidup Hingga 500 Tahun Lamanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel