Artikel Pilihan

Tujuan Dan Teknik Pengelolaan Hutan Cemara Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

Ciri Ciri Pohon Cemara

Budaya pohon di hutan alam dan perkebunan untuk hasil kayu, bubur kayu, keripik, dan produk khusus adalah tujuan manajemen utama. Di banyak bagian dunia, panen kayu untuk kayu bakar dan arang adalah penggunaan yang dominan, dan produk-produk ini seringkali tidak tersedia.

Menyediakan kayu yang harus ditebang dan diregenerasi secara berurutan untuk memenuhi permintaan industri yang berkelanjutan bisa dipenuhi dengan budidaya pohon cemara. Salah satu jenis yang banyak diambil manfaatnya adalah cemara biru/Engelmann spruce (P. engelmannii) di Amerika Utara bagian barat yang merupakan sumber kayu yang penting.

Pohon cemara biru, atau pohon cemara Colorado (P. pungens), memiliki kisaran yang sama dan digunakan sebagai tanaman hias karena daun kebiruan dan kebiasaan pertumbuhan simetris. Pohon cemara Norwegia (P. abies), kayu penting dan pohon hias asli Eropa utara, digunakan dalam reboisasi di sana dan di Amerika Utara.




Teknik pengelolaan hutan cemara yang banyak digunakan adalah Silvikultur. Silvikultur adalah cabang kehutanan yang terkait dengan teori dan praktik mengendalikan pembentukan, komposisi, dan pertumbuhan hutan. Seperti kehutanan itu sendiri, silvikultur adalah ilmu terapan yang pada akhirnya bersandar pada ilmu alam dan sosial yang lebih mendasar.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Sinensis (Juniperus chinensis) Di Alam Liar

Landasan langsung silvikultur dalam ilmu-ilmu alam adalah bidang silvik, yang berkaitan dengan hukum yang mendasari pertumbuhan dan perkembangan pohon tunggal dan hutan sebagai unit biologis. Pertumbuhan, pada gilirannya, tergantung pada tanah dan iklim setempat, persaingan dari vegetasi lain, dan keterkaitannya dengan hewan, serangga, dan organisme lain, baik yang menguntungkan maupun yang merusak.

Praktek silvikultur yang efisien menuntut pengetahuan di bidang-bidang seperti ekologi, fisiologi tanaman, entomologi, dan ilmu tanah dan berkaitan dengan aspek ekonomi serta biologis dari kehutanan. Tujuan implisit kehutanan adalah membuat hutan bermanfaat secara ekonomi bagi manusia.

Praktek silvikultur dibagi menjadi tiga bidang: metode regenerasi, stek menengah, dan perlindungan. Di setiap hutan cemara saatnya tiba ketika diinginkan untuk memanen sebagian kayu dan mengganti pohon yang ditebang dengan yang lain dari generasi baru. Tindakan mengganti pohon-pohon tua, baik secara alami atau buatan, disebut regenerasi atau reproduksi, dan kedua istilah ini juga merujuk pada pertumbuhan baru yang berkembang.

Periode regenerasi dimulai ketika langkah-langkah persiapan dimulai dan tidak berakhir sampai pohon-pohon muda terbentuk dalam jumlah yang dapat diterima dan sepenuhnya disesuaikan dengan lingkungan baru. Rotasi adalah periode di mana satu tanaman atau generasi dibiarkan tumbuh.

Baca juga : Etimologi dan Klasifikasi Pohon Cemara, Pohon Idola dengan Berbagai Manfaat di Dalamnya

Tanaman cemara yang banyak membutuhkan periode regenerasi khusus adalah Cemara Colorado (Colorado Spruce). Jenis Picea pungens (Colorado blue spruce) 'Lucretia' dan Colorado blue spruce (Picea pungens) mungkin banyak dibenci daripada jenis konifer lainnya. Itu karena pohon-pohon liar yang tumbuh di alam menjadi sangat besar.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: agrotek.id
Sayangnya, terlalu banyak pengembang dan penanam tanpa disadari menanam spesimen kecil dan muda tepat di depan rumah. Hanya dalam beberapa tahun pohon-pohon menjulang tinggi di atas rumah dan menutupi jendela. Namun, ada banyak varietas cemara ini yang warnanya menakjubkan di lanskap.

Sistem silvikultur sendiri dibagi menjadi yang menggunakan regenerasi alami, di mana tanaman pohon diperbarui dengan penyemaian alami atau kadang-kadang tumbuh kembali, dan yang melibatkan regenerasi buatan, di mana pohon dibangkitkan dari biji atau stek. Regenerasi alami lebih mudah tetapi mungkin lambat dan tidak teratur; hanya dapat memperbarui hutan yang ada dengan jenis pohon yang sama dengan yang tumbuh sebelumnya.




Regenerasi buatan membutuhkan lebih banyak usaha, namun dapat membuktikan lebih cepat, lebih merata, dan dalam jangka panjang lebih ekonomis. Ini memungkinkan pengenalan jenis pohon baru atau jenis yang lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya, dan pohon dapat ditempatkan untuk memungkinkan alat berat.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: agrotek.id
Di hutan yang sudah ada, tebang selektif kayu yang dapat dijual, mengambil satu pohon pada satu waktu (pemilihan satu pohon) atau sejumlah pohon dalam satu kelompok (pemilihan kelompok) dan meninggalkan celah di mana penggantian dapat tumbuh dari pembibitan alami, dapat membuktikan ekonomis dan juga memastikan penggunaan tanah, cahaya, dan ruang tumbuh sebaik mungkin. Contoh-contoh terbaik dari hutan satu-pohon pilihan ditemukan di Swiss, di lereng di mana setiap penebangan yang jelas dapat dengan cepat menyebabkan erosi tanah dan longsoran.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Dan Teknik Pengelolaan Hutan Cemara Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel