Artikel Pilihan

Jenis Pohon Cemara dan Penyakit yang Sering Menimpanya

Pohon Cemara/Spruce, (genus Picea), adalah genus dari sekitar 40 spesies pohon hias dan kayu yang selalu tumbuh berwarna hijau di keluarga konifer Pinaceae. Tanaman ini berasal dari daerah beriklim sedang dan dingin di belahan bumi utara. Pulpa cemara penting dalam industri kertas, dan kayu dari pohon digunakan dalam berbagai aplikasi.

Salah satu contohnya adalah jenis kayu cemara resonan yang dapat digunakan untuk papan suara di piano dan tubuh biola serta dalam konstruksi yang biasa digunakan untuk kapal, pesawat terbang, dan barel. Beberapa spesies ditanam sebagai tanaman hias, dan beberapa ditanam sebagai pohon Natal.

Ciri Ciri Pohon Cemara

Lebih Jauh Mengenal Tanaman Cemara Secara Fisik


Spruces adalah pohon piramidal dengan cabang-cabang yang tidak rata dan kulit bersisik yang tipis. Masing-masing daun linear, tersusun seperti spiral, disatukan di dekat batang pada pangkal kayu yang terpisah. Memiliki bentuk kerucut dan berbentuk telur atau silinder dan biasanya menggantung ke bawah setelah dibuahi.




Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Sinensis (Juniperus chinensis) Di Alam Liar


Spesies Utama

Pohon cemara hitam (Picea mariana) dan pohon cemara putih (P. glauca) ditemukan di sebagian besar Daerah tropis serta Amerika Utara bagian utara, dari Danau Besar hingga garis pohon Arktik. Keduanya digunakan untuk bubur kertas. Pohon cemara putih menghasilkan kayu yang bagus, dan pohon cemara hitam adalah sumber getah pohon cemara. Pohon cemara putih biasanya tingginya 18 hingga 21 meter (sekitar 60 hingga 70 kaki). Kultivar toleran kekeringan, Picea glauca 'Black Hills,' berguna dalam lansekap dan penahan angin. Kerucut pohon cemara hitam berwarna ungu, dan cemara putih berwarna coklat.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: cdn.britannica.com

Cemara Biru (Picea pungens)

Cemara biru/Engelmann spruce (P. engelmannii) di Amerika Utara bagian barat merupakan sumber kayu yang penting. Pohon cemara biru, atau pohon cemara Colorado (P. pungens), memiliki kisaran yang sama dan digunakan sebagai tanaman hias karena daun kebiruan dan kebiasaan pertumbuhan simetris.

Pohon cemara Norwegia (P. abies), kayu penting dan pohon hias asli Eropa utara, digunakan dalam reboisasi di sana dan di Amerika Utara.

Cemara Engelmann/Engelmann spruce (Picea engelmannii)

Jenis pohon boreal ini seperti pohon cemara dan tamarack, bertambah dan meluas ke selatan menuju ke kawasan hutan hujan tropis. Semua pola ini menunjukkan tren peningkatan kelembaban efektif, yang mungkin mengindikasikan peningkatan presipitasi, penurunan evapotranspirasi karena pendinginan, atau keduanya.

Pola-pola tidak selalu menunjukkan peristiwa pendinginan monolitik; perubahan iklim yang lebih kompleks bisa saja dan mungkin terjadi. Pohon utamanya adalah spruces (dari genus Picea), pinus utara (Pinus), firs perak (Abies), Douglas firs (Pseudotsuga), hemlock (Tsuga).
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: cdn.britannica.com

Jenis Serangga Apa yang Mempengaruhi Pohon Cemara Biru?

Sayangnya pohon cemara ini belakangan banyak bermasalah dengan penyakit. Prevalensi penyakit pada pohon cemara khususnya cemara biru telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan pohon-pohon menurun jumlahnya dengan cepat di banyak daerah.

Baca juga : Fakta Menarik Tentang Pohon Cemara di Indonesia dan Negara Lainnya

Gejala utama penurunan pohon cemara adalah rontoknya (dieback) cabang, yang berkembang selama dua hingga empat tahun dan menjadikan penampilan pohon ini jika diambil kayunya menjadi tidak menarik.

Penurunan yang cepat dari banyak pohon cemara di kawasan trpis dan juga Negara bagian Michigan dan negara-negara sekitarnya tampaknya terkait dengan peningkatan penyakit kanker ditambah dengan penyakit lain dan masalah serangga yang mengganggu spesies tersebut.

Banyak hama serangga dapat memengaruhi cemara/spruces di banyak daerah di kawasan tropis maupun amerika latin, tetapi dua yang paling umum adalah empedu adelgid dan tungau laba-laba cemara. Dalam kedua kasus, hama serangga kecil dan Anda mungkin perlu lensa pembesar untuk melihatnya. Sering kali, orang lebih cenderung melihat kerusakan dibandingkan dengan hama serangga itu sendiri.




Empedu adelgid

Adelgid adalah serangga kecil yang memakan tunas dengan mengisap getah tanaman. Ketika mereka melakukannya, mereka menyebabkan tunas berubah bentuk dan menghasilkan bola yang menyerupai kerucut. Kerusakan akibat adelgid empedu terutama bersifat estetika.

Tungau laba-laba cemara

Tungau laba-laba cemara menyebabkan perubahan warna jarum dan akhirnya membunuh jarum, yang dapat disalah artikan sebagai penyakit akibat jarum suntik. Secara teknis, tungau bukan serangga, tetapi terkait dengan laba-laba. Perbedaan ini penting karena tidak semua insektisida akan mengendalikan tungau.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis Pohon Cemara dan Penyakit yang Sering Menimpanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel