Artikel Pilihan

Apa yang salah dengan pohon cemara biru di lingkungan saya?

Pohon cemara biru banyak terdapat di beberapa negara bagian Amerika salah satunya adalah Colorado dan juga beberapa di kawasan Asia pacific. Jenis cemara ini telah lama menjadi pohon konifer yang paling populer untuk lansekap. Salah satunya di Michigan dan Midwest bagian atas.

Pohon cemara biru banyak ditanam karena tingkat pertumbuhan yang baik, punya bentuk megah dan, tentu saja, dedaunan biru mereka yang eksotik. Sayangnya, pohon cemara biru mengalami berbagai masalah serangga dan penyakit yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan daya tarik estetika mereka.

Ciri Ciri Pohon Cemara

Sayangnya pohon cemara biru ini belakangan banyak bermasalah dengan penyakit. Prevalensi penyakit pada pohon cemara biru telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan pohon-pohon menurun jumlahnya dengan cepat di banyak daerah.




Gejala utama penurunan pohon cemara adalah rontoknya (dieback) cabang, yang berkembang selama dua hingga empat tahun dan menjadikan penampilan pohon ini jika diambil kayunya menjadi tidak menarik.

Baca juga : 6 Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang

Penurunan yang cepat dari banyak pohon cemara di kawasan trpis dan juga Negara bagian Michigan dan negara-negara sekitarnya tampaknya terkait dengan peningkatan penyakit kanker ditambah dengan penyakit lain dan masalah serangga yang mengganggu spesies tersebut.

Jenis Penyakit Apa yang Memengaruhi Pohon Cemara Biru?

Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: canr.msu.edu
Ada tiga jenis penyakit utama yang mempengaruhi pohon cemara biru: sulaman jarum, penyakit busuk daun dan penyakit kanker. Semua penyakit ini disebabkan oleh jamur patogen dan masing-masing menghasilkan gejala spesifik yang dapat berguna dalam mendiagnosis masalah.

Needlecasts

Sesuai namanya, pohon dengan penyakit ini merontokkan ujung daun berbentuk jarum. Jamur needlecast sering menginfeksi jarum pada tunas belakangan ini. Ketika penyakit berkembang, jarum-jarum mati, biasanya setahun setelah infeksi.

Sebagai akibatnya, pohon-pohon yang dipengaruhi oleh jarum suntik seringkali memiliki "cangkang" luar dari jarum hidup pada tunas saat ini dan jarum mati pada tunas yang lebih tua. Dua ramuan jarum yang paling umum kita temukan dalam pohon cemara disebabkan oleh jamur patogen Rhizosphaera dan Stigmina / Mycosphaerella.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: canr.msu.edu

Rontok Kering

Tip hawar adalah penyakit jamur yang biasanya menyebabkan kembalinya tunas baru yang muncul. Rontok kering paling umum pada pinus, terutama pinus Austria, tetapi juga dapat terjadi pada spruces.

Penyakit Kanker Cemara

Penyakit yang disebabkan oleh jamur yang menginfeksi cabang atau batang utama pohon. Gejala khas dari kanker ini adalah daerah cekung di sepanjang batang yang dapat mengeluarkan resin.

Pohon dapat menghasilkan punggungan jaringan luka di sekitar infeksi kanker yang lebih tua karena pohon berusaha membatasi pertumbuhan jamur. Seiring berkembangnya kanker, mereka dapat mengganggu kemampuan cabang untuk mengangkut air dan nutrisi, yang mengakibatkan kematian cabang-cabang individu yang sering disebut sebagai "penandaan."

Baca juga : Fakta Menarik Tentang Pohon Cemara di Indonesia dan Negara Lainnya

Mengapa Terjadi Penurunan Kualitas Pohon Cemara Biru Belakangan Ini?

Ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap penurunan kualitas yang kita lihat pada pohon cemara biru, termasuk perubahan lingkungan, kondisi lokasi yang buruk, dan patogen baru.

Colorado blue spruce adalah tanaman asli daerah kering di Pegunungan Rocky di benua Amerika dan telah merambah di banyak hutan hujan tropis di berbagai penjuru dunia. Iklim Michigan umumnya lebih lembab, terutama di musim panas, yang ideal untuk berkembang biaknya patogen.

Dalam lanskap, spruces Colorado biru telah ditanam di beberapa situs yang marjinal untuk kesuksesan mereka. Akibatnya, mereka stres dan lebih rentan terhadap patogen jamur.
Akhirnya, selama beberapa dekade, diagnosis masalah utama untuk sebagian besar masalah terkait dengan pohon cemara biru adalah adanya semacam Rhizosphaera atau kanker cabang Cytospora.




Namun, survei baru-baru ini oleh para peneliti dari Michigan State University menyarankan dua patogen jamur lain, Diplodia dan Phomopsis, lebih sering dikaitkan dengan kematian cabang dan penurunan pohon dibandingkan Cytospora.

Diplodia dan Phomopsis keduanya dianggap patogen yang lemah atau sekunder, sehingga tidak jelas pada titik ini mengapa mereka tampaknya menyebabkan masalah penyakit utama untuk pohon cemara. Juga, dalam banyak kasus mungkin ada lebih dari satu masalah yang mempengaruhi kesehatan pohon cemara Anda.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Apa yang salah dengan pohon cemara biru di lingkungan saya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel