Artikel Pilihan

Konsep Multi Guna Pemanfaatan Pohon Cemara

Hutan dunia dengan banyak pohon cemara didalamnya menyediakan banyak fasilitas dan layanan ekosistem selain menjadi sumber produk kayu. Berbagai pemilik lahan hutan publik, industri, dan swasta mungkin memiliki tujuan yang sangat berbeda untuk sumber daya hutan yang mereka kontrol. Pemilik industri dan swasta mungkin paling tertarik untuk menghasilkan produk yang dapat dipanen untuk pabrik pengolahan hasil hutan pohon cemara.
Ciri Ciri Pohon Cemara

Namun, mereka juga mungkin menginginkan manfaat lain, seperti mencari makan untuk hewan yang merumput, perlindungan daerah aliran sungai, penggunaan rekreasi, dan habitat satwa liar. Di tanah publik, konsep pengelolaan lahan multi guna telah menjadi prinsip panduan bagi rimbawan yang punya pengetahuan baik. Ini adalah konsep ekologis dan sosiologis yang kompleks berbeda dengan prinsip sekali pakai di masa lalu.

Baca juga : Berbagai Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang

Salah satu yang banyak dimanfaatkan adalah jenis Cemara Biji kerucut (Picea Pungens 'Pendula'). Ada juga jenis cemara yang memiliki jarum emas atau krim baru, seperti Picea pungens 'Gebelle's Golden Spring'. Cemara jenis ini biasanya tumbuh lebih lambat dari pada pohon jenis. Pertumbuhan baru mereka sangat mencolok apalagi di musim penghujan.




Tantangannya, sesuai pesan dari Botanis Gifford Pinchot, adalah untuk "memastikan kebaikan terbesar bagi kebanyakan orang dalam jangka panjang bisa merawat cemara hutan ini." Jadi produksi kayu mungkin memiliki prioritas utama di beberapa daerah, tetapi di tempat lain, seperti yang dekat dengan pusat populasi besar, nilai rekreasi mungkin memiliki prioritas tinggi. Penggunaan berulang kali membutuhkan keterampilan luar biasa dari pihak pengelola hutan.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: phinemo.com
Manfaat cemara juga bisa digunakan untuk penggunaan jamu dan obat tradisional. Jarum dan resin cemara berguna dalam proses pembuatan teh dan salep obat. Teh yang terbuat dari dahan telah digunakan dalam pengobatan pilek dan untuk 'keluar' campak. Pitch dari batang telah digunakan sebagai tapal pada sendi rematik, dada dan perut untuk meringankan kemacetan dan rasa sakit.

Rebusan kulit telah digunakan dalam pengobatan keluhan paru-paru dan masalah tenggorokan. Apalagi kita juga memahami bahwa hutan konifer selatan juga memiliki penyebaran yang tidak terputus melalui bagian selatan belahan bumi utara, termasuk California, negara-negara tenggara Amerika Serikat, tanah Mediterania di Eropa selatan, Afrika Utara, Asia Kecil, bagian dari daratan Asia, dan selatan Jepang.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: phinemo.com
Banyak jenis pohon Pinus bersama dengan cemara (Cupressus dan Chamaecyparis), pohon aras (Cedrus), dan kayu merah dan sequoia raksasa (Sequoia dan Sequoiadendron) ada disana. Pinus selatan tertentu seperti pinus Monterey California (Pinus radiata) tumbuh buruk di habitat asli mereka tetapi sangat cepat ketika ditanam di Eropa subtropis, Afrika, Selandia Baru, dan Australia.

Baca juga : Fakta Menarik Tentang Pohon Cemara di Indonesia dan Negara Lainnya

Ini memiliki output atau semacam outlier di sepanjang semua pegunungan beriklim sedang, termasuk Pegunungan Rocky, Pegunungan Appalachian, Pegunungan Alpen, Pegunungan Ural, dan Pegunungan Himalaya. Pohon utamanya adalah pohon cemara (dari genus Picea), pinus utara (Pinus), cemara perak (Abies), cemara Douglas (Pseudotsuga), Hemlock (Tsuga), dan larch (Larix).

Selain perkebunan pinus dan cemara yang diperkenalkan, area kecil hutan konifer ditemukan di Belahan Selatan, terutama pohon puzzle monyet (Araucaria araucana), di Andes; pinus hoop, atau bunya bunya, Araucaria bidwillii, di Australia; dan pinus kauri, Agathis australis, di Selandia Baru.

Dari sini saja kita bisa memanfaatkan salah satu khasiat cemara untuk multivitamin. Ujung cemara berbentuk jarum yang kaya vitamin C bisa digunakan dalam inhalasi uap aromatik, dan dapat membersihkan hidung tersumbat dari pilek musim dingin.




Resin cemara adalah obat pertolongan pertama yang berguna untuk digunakan di lapangan untuk menutupi goresan dan luka. Resin digunakan untuk menutupi sariawan di mulut. Salep cemara sangat membantu untuk mencegah radang kulit dan terbakar angin. Resin cemara mengandung minyak aromatik yang membantu menyembuhkan luka.

Selain itu, banyak juga terdapat hutan dengan pohon berdaun sedang yang beriklim sedang terdiri dari pohon-pohon hijau musim panas di Amerika Utara, Eropa utara, dan daerah beriklim Asia dan Amerika Selatan. Pohon karakteristik adalah pohon ek (spesies Quercus), beech (Fagus dan Nothofagus), pohon abu (Fraxinus), birch (Betula), elm (Ulmus), alder (Alnus), dan chestnut kuda (Castanea). Pohon berdaun lebar yang beriklim sedang memperluas dedaunan mereka di musim semi, tumbuh dengan cepat di musim panas, dan menumpahkan semua daunnya setiap musim gugur.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Konsep Multi Guna Pemanfaatan Pohon Cemara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel