Artikel Pilihan

Tips Menanam Pohon Basil Secara Hidroponik

Daun dari pohon basil ini seringkali kita temukan di makanan Italia. Seperti misalnya pasta khas Italia yaitu pesto. Kemudian daun dari pohon basil ini juga sering digunakan sebagai topping pizza dan biasanya digunakan untuk campuran salad ataupun sup.

Nah selain digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan, biasanya daun dari pohon basil ini juga digunakan sebagai obat-obatan herbal karena memang memiliki banyak sekali manfaat.

Daun basil ini bermanfaat untuk mengatasi flu dan batuk, kemudian juga dapat membantu untuk mencegah penuaan dini dan bermanfaat untuk kulit. Jika anda ingin menanam pohon basil di rumah, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai tips menanam pohon basil secara hidroponik yang mudah. Penasaran kan bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini!

Tips Mudah Menanam Pohon Basil Hidroponik di Rumah

Ciri Ciri Pohon Basil

Sebenarnya pohon basil ini sangat mudah ditanam di berbagai media, entah itu konvensional dengan menanamnya di tanah atau menanamnya secara hidroponik. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai tips untuk menanam pohon basil yang mudah secara hidroponik di rumah.




Baca juga : Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan

Anda bisa mencoba berbagai jenis variasi pohon basil untuk ditanam secara hidroponik karena pada umumnya pohon basil ini memiliki banyak jenis variasi. Jika anda ingin melakukan budidaya atau menanam pohon basil ini secara hidroponik di rumah maka anda bisa menggunakan rockwool.

Pertama-tama anda bisa membeli bibit pohon basil dulu yang bisa anda beli secara langsung maupun online. Setelah itu, anda bisa menyiapkan rockwool. Kemudian anda bisa memotong rockwool dengan bentuk dadu. Anda bisa meletakkan 2 biji bibit pohon basil pada 1 bagian rockwool.

Dan diamkan selama 1 malam, biasanya setelah 1 malam akan muncul tunas pohon basil yang masih kecil. Setelah muncul tunas pohon basil yang kecil maka langkah selanjutnya anda harus meletakkannya di bawah sinar matahari sehingga ia bisa tumbuh dengan baik.

Dalam proses semai pohon basil hidroponik ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 hari. Setelah 10 hari biasanya akan muncul daun sejati dari pohon basil.
Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: originhydroponics.com
Jika basil anda sudah tumbuh setinggi 1 jengkal artinya pohon basil anda sudah menginjak remaja. Dan biasanya ketika ia sudah mencapai tinggi 1 jengkal maka akan tercium aroma khas dari pohon basil.

Kami sarankan supaya anda menempatkannya di modul NFT dan tetap memantau untuk pemberian nutrisi dibawah dari 1000 ppm sehingga pohon basil tanaman hidroponik anda bisa tetap tumbuh dengan baik dan bisa terhindar dari berbagai masalah dan penyakit yang biasanya menyerang pohon basil seperti jamur.

Cara Memanen Pohon Basil Hidroponik

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: nosoilsolutions.com
Setelah mengetahui informasi mengenai tips menanam pohon basil secara hidroponik, maka kali ini kami juga akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai bagaimana cara memanen pohon basil hidroponik.

Baca juga : Manfaat Pohon Pinus Merkusii yang Merupakan Tanaman Asli Indonesia

Ketika pohon basil anda telah tumbuh banyak daunnya maka artinya itu merupakan pohon basil dengan kualitas yang unggul. Bagaimana anda bisa memanen pohon basil yang telah ditanam secara hidroponik? Ketika pohon basil ini telah tumbuh dewasa, maka anda bisa memanennya bahkan tiap hari. Setiap hari anda bisa memetik daun basil 3 hingga 4 hari, karena pohon basil ini sangat mudah untuk tumbuh daun baru tiap harinya. Bagaimana cara anda memetik pohon basil dengan benar?

Caranya adalah petik dari bawah, jangan memetik daunnya dari pucuk tanaman basilnya. Salah satu keunggulan dari tanaman pohon basil yang ditanam secara hidroponik ini adalah daun basilnya akan tumbuh dengan sangat cepat dibandingkan dengan menanam secara konvensional.




Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tips menanam pohon basil secara hidroponik. Jadi jika anda ingin mendapatkan pohon basil yang cepat tumbuh dengan banyak maka anda bisa menanamnya secara hidroponik saja.

Selain medianya mudah, pohon basil secara hidroponik ini sangat mudah juga perawatannya. Jadi jika anda tak memiliki lahan yang cukup luas di rumah anda maka anda bisa menanam pohon basil secara hidroponik saja karena lebih mudah dan menguntungkan. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya ya!

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Tips Menanam Pohon Basil Secara Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel