Artikel Pilihan

Tips Memilih Bibit Pohon Basil yang Unggul

Basil atau yang memiliki nama latin Ocimum basilicum ini merupakan salah satu jenis pohon rempah yang sering dimanfaatkan daunnya untuk campuran masakan. Tanaman yang masih berkerabat dekat dengan pohon kemangi yang sering dijadikan sebagai lalapan di Indonesia ini seringkali dicampurkan sebagai pelengkap atau bumbu masakan di Italia dan di beberapa negara di Asia karena memang bisa membuat rasa masakan jadi strong dan khas.

Karena banyak dicari oleh masyarakat, banyak orang yang memanfaatkannya untuk melakukan budidaya pohon basil. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana tips memilih bibit pohon basil yang unggul. Penasaran kan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kenapa pohon basil banyak ditanam orang-orang?

Ciri Ciri Pohon Basil

Seperti yang sudah kita singgung di atas tadi bahwa tanaman pohon basil ini sekarang menjadi salah satu jenis tanaman yang memang banyak ditanam dan dibudidayakan oleh orang-orang. Sebelum anda ikut menanam pohon basil di rumah anda, maka anda harus tahu beberapa alasan kenapa pohon basil banyak ditanam orang-orang.




Baca juga : Pohon Gaharu (Aquilaria malaccensis) Di Alam Liar

Alasan yang pertama kenapa pohon basil ini banyak dipilih ditanam karena penanamannya yang sangat mudah dan perawatannya yang sangat mudah, hanya membutuhkan tanah yang subur, penyiraman yang cukup, dan juga asupan sinar matahari mulai dari 6 hingga 8 jam per harinya. Selain itu, pohon basil juga memiliki banyak jenis atau varietas yang bisa dipilih sesuai dengan kemauan anda.

Yang ketiga, panen dari pohon basil ini juga sangat cepat karena anda bisa memanennya hampir setiap minggu. Itu tadi beberapa alasan kenapa pohon basil banyak ditanam oleh orang-orang di rumah, selain itu ia tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan anda bisa menanamnya secara indoor di pot kecil jika tak punya lahan yang luas. Sangat mudah bukan?

Tips memilih bibit pohon basil yang unggul

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: urbancultivator.net
Setelah anda mengetahui beberapa alasan kenapa pohon basil ini banyak ditanam oleh orang-orang, tentu anda mulai tertarik untuk menanamnya di rumah karena ternyata menanam pohon basil ini sangatlah mudah. Jika anda ingin mencoba untuk menanam pohon basil di rumah maka anda tentu harus membeli bibitnya terlebih dulu kan. Berikut merupakan tips untuk memilih bibit pohon basil yang unggul dan berkualitas :

1. Belilah secara langsung

Mungkin anda akan dimudahkan karena sekarang ini kita bisa membeli apapun secara online. Salah satu yang bisa anda beli secara online adalah mungkin bibit pohon basil. Namun jika anda ingin mendapatkan pohon basil yang berkualitas maka kami sarankan supaya anda membeli bibitnya secara langsung saja, karena jika anda membelinya secara langsung maka anda bisa melihat kondisi pohon basil itu.

Baca juga : 4 Jenis Pohon Bidara yang Perlu Kamu Ketahui

Anda bisa melihat, apakah pohon basil yang anda akan beli itu sehat atau tidak. Anda bisa langsung bertanya kepada si penjual bagaimana tips untuk menanam dan budidaya pohon basil. Sehingga itu akan lebih memudahkan anda.

2. Perhatikan daun dan batangnya

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: amazingherbgarden.com
Tips kedua yang harus anda perhatikan jika anda ingin mendapatkan pohon basil yang berkualitas dan juga unggul adalah anda harus memperhatikan daun dan juga batangnya. Pertama, perhatikanlah bagian daunnya.

Daun pohon basil yang sehat memiliki warna hijau yang cerah atau gelap, kemudian memiliki tekstur yang mengkilap, terhindar dari jamur dan bintik-bintik atau goresan, segar dan tidak layu. Setelah itu perhatikan juga bagian batangnya.

Batang dari pohon basil yang sehat berwarna hijau atau coklat dan terhindar dari jamur. Jika sudah terhindar dari beberapa kondisi yang kami sebutkan tadi maka artinya pohon basil itu merupakan bibit yang unggul dan juga berkualitas, sehingga bisa anda pilih.




Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai tips memilih bibit pohon basil yang unggul. Jika anda ingin menanam pohon basil di rumah anda dengan berhasil maka kami sarankan supaya anda memilih bibit pohon basil yang berkualitas.

Setelah mendapatkan bibit yang berkualitas tinggi dan unggul, maka langkah selanjutnya anda harus memberikan perawatan pohon basil yang baik. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya yang ingin menanam pohon basil atau ingin melakukan budidaya pohon basil di rumah anda.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Bibit Pohon Basil yang Unggul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel