Artikel Pilihan

Jenis-jenis Pohon Peneduh Jalan

Salah satu fungsi dari pohon adalah untuk meneduh. Hal ini biasanya kita lakukan di siang hari dimana suasana matahari sedang sangat menyengat. Meneduh di bawah pohon merupakan ide yang bagus. Namun dari beberapa pohon peneduh, hanya beberapa saja yang direkomendasikan.

Hal ini karena pohon-pohon tersebut memiliki karakteristik yang cocok sebagai pohon peneduh. Saat ini pohon peneduh banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan atau di taman. Beberapa pohon peneduh yang biasa kita temukan seperti pohon ketapang, pohon angsana, pohon mangga dll. Lantas apa alasannya pohon-pohon ini jadi kandidat dari pohon peneduh? berikut alasannya

Baca juga : Berapa Ukuran Pohon Ketapang yang Ideal?

Pohon Ketapang Kencana

Pertama mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan pohon yang bernama latin Terminalia Mantaly ini. Pasalnya, pohon ketapang kencana sangat cocok jadi pohon peneduh. Bahkan anda bisa dengan mudah menemukan pohon ini di tepi jalan.

Ciri Ciri Pohon Ketapang Kencana

Alasan yang membuat pohon ketapang jadi favorit sebagai pohon peneduh adalah bentuknya yang ramping. Dengan ukuran tersebut, pohon ketapang tidak akan mengganggu dan memakan tempat. Pohon ketapang juga sangat cocok bagi rumah yang mengusung konsep minimalis.

Dibalik bodinya yang ramping, pohon ketapang kencana ternyata mampu tumbuh sangat tinggi. Bahkan ketinggiannya bisa mencapai 10 hingga 20 meter. Dengan begitu pohon ini akan mudah dalam tumbuh di tempat yang sempit.
Keunggulan dari pohon ketapang kencana sebagai pohon peneduh adalah dedaunannya.

Daun dari ketapang kencana ini mirip seperti kanopi. Dengan daunnya yang tumbuh secara kerap, maka membuat sinar matahari tertutupi oleh kesejukan dari pohon ini.

Pohon Angsana

Selain pohon ketapang, ternyata ada juga pohon yang bisa jadi tempat teduh. Pohon ini bernama Angsana. Mungkin keberadaan dari pohon ini tidak sesering dari keberadaan pohon ketapang. Namun sebenarnya pohon ini mudah untuk ditemukan.

Sebagai pohon peneduh, angsana sangat cantik ketika tumbuh.Dipadukan dengan bunga-bunganya yang berwarna kuning membuatnya sangat asri. Apalagi ketika pohon angsana ini tumbuh subur. Maka tinggi dari pohon ini mampu mencapai 40 meter.

Termasuk dalam kategori pohon peneduh yang tinggi. Sebagai pohon peneduh, pohon angsana mirip dengan pohon ketapang dimana dedaunannya rapat antara satu dengan lainnya. Dengan ini maka sangat pas jika ditanam di tempat yang panas dan gersang.

Pohon Mangga

Nah kalau pohon yang satu ini pasti semua orang sudah sangat familiar. Ya, pohon mangga ini mudah dikenali di berbagai tempat. Selain dimanfaatkan buahnya, ternyata pohon mangga juga bisa dimanfaatkan sebagai pohon peneduh. Hal ini karena pohon mangga memiliki dedaunan yang rindang. Bahkan jika dilakukan perawatan secara tepat maka pohon ini bisa tumbuh dengan cepat.
Ciri Ciri Pohon Mangga
Sumber: flickr.com
Untuk tinggi dari pohon mangga tidak seperti pohon ketapang dan juga angsana. Tinggi pohon yang manis buahnya ini hanya mencapai 10 meter saja. Namun dengab dedaunannya yang lebat, pohon ini mampu memberikan suasana yang sejuk bagi seseorang yang meneduh di bawahnya. Menanam pohon mangga memanglah asik. Selain dapat buahnya kita juga dapat manfaat yang lain.

Baca juga : Kapan Usia Pohon Ketapang Siap Untuk Berbuah?

Pohon Kersen

Pohon kersen adalah pohon buah. Dimana buahnya mirip dengan ceri yang ukurannya tidak lebih besar dari bola kelereng. Buahnya manis dan bermanfaat. Selain menghasilkan buah, pohon ini juga banyak dimanfaatkan sebagai peneduh. Di pinggir jalan, Anda pasti sering menemui pohon yang satu ini. Hal ini karena fungsi dari pohon kersen ini adalah untuk menyejukkan bagi yang meneduh di bawahnya.





Jika dilihat dari karakteristiknya, pohon kersen ini mirip dengan pohon ketapang. Dimana batang dari pohon ini mirip dengan kipas. Sementara daunnya yang kecil namun tumbuh nya padat. Sehingga akan terlihat lebih lebat. Keunggulan dari pohon ini adalah dari segi perawatannya. Pohon Kersen sangat mudah untuk dirawat.

Meneduh di bawah pohon memang pilihan yang terbaik ketika kita sedang merasakan kepanasan akibat paparan dari sinar matahari berlebih. Beberapa pohon diatas mungkin bisa jadi rekomendasi untuk anda. Anda bisa menanam pohon-pohon tadi di tempat yang panas dan gersang agar suasananya jauh lebih sejuk lagi.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Pohon Peneduh Jalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel