Artikel Pilihan

Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan

Ciri Ciri Daun Ketapang

Sehat mahal harganya, untuk itu sebisa mungkin kita terus menjaga kesehatan. Kalau tubuh sudah sakit pastinya kita membutuhkan obat yang tepat. Namun seringkali obat-obatan kimia harganya cukup mahal. Alternatifnya adalah dengan menggunakan obat-obatan alami. salah satunya dengan daun pohon ketapang. Pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang manfaat dari daun ini.

1. Dapat mengurangi hipertensi

Hipertensi menjadi penyebab kematian yang tinggi dari seseorang. Penyakit yang memiliki nama lain 'darah tinggi' ini bisa diobati dengan obat-obatan herbal salah satunya adalah daun pohon ketapang. Dengan menggunakan bahan herbal, efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obat ini jadi sedikit. Untuk itu bagi anda yang sedang mencari alternatif pengobatan, bisa mencoba daun dari pohon ketapang ini.
Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan
Sumber: bukalapak.com
Baca juga : Di Mana Habitat Pohon Ketapang untuk Pertumbuhan Optimal ?

Daun pohon ketapang memang memiliki senyawa yang diperlukan untuk menurunkan konsentrasi dan tekanan darah. Meski belum ada pengujian secara klinis. Namun banyak orang yang sudah membuktikan khasiat dari daun pohon ketapang dalam menangani masalah hipertensi.




Cara untuk mengolah daun pohon ketapang sangatlah mudah. Disini, Anda perlu untuk meminum air dari daun ini. Rebuslah beberapa lembar daun ketapang hingga mendidih dan airnya berubah warna. Jika sudah, diinginkan air rebusan daun pohon ketapang. Jika sudah siap anda bisa campurkan dengan madu atau gula merah. Minum larutan tersebut secara rutin sampai sembuh.

2. Dapat menyembuhkan sariawan

Penyakit yang satu ini memang sangat Menjengkelkan. Penyakit yang menyerang organ mulut ini memberikan rasa sakit yang teramat sangat. Dengan adanya rasa sakit ini membuat kita kesulitan dalam memasukkan makanan ke dalam mulut. Alhasil kita jadi tidak nafsu makan.

Jika dibiarkan, maka masalah penyakit ini bisa berdampak cukup mengganggu. Jika kita membiarkannya tanpa penanganan maka sariawan bisa menetap dalam mulut kita sampai 1-2 minggu. Namun jika anda ingin mengobatinya dengan segera, maka anda bisa terapkan langkah alami ini.
Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan
Sumber: bukalapak.com
Langkah ini menggunakan bahan herbal yang keberadaannya mudah untuk ditemukan yaitu daun pohon ketapang. Daun pohon ketapang memiliki suatu senyawa yang mirip dengan antiseptik. Dimana antiseptik yang dikandungnya cukup baik. Dengan begitu daun pohon ketapang cukup efektif dalam mengobati sariawan di mulut.

Cara untuk memanfaatkannya adalah dengan kumur-kumur air rebusan daun pohon ketapang. Cukup ambil secukupnya lalu gunakan sebagai obat kumur-kumur. Anda bisa tambahkan garam di dalamnya. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

3. Dapat mempercepat penyembuhan penyakit kulit

Daun pohon ketapang memang memiliki segudang manfaat dalam bidang kesehatan. Salah satunya adalah berkaitan dengan penyakit kulit. Dimana daun pohon ketapang ini sangat cocok digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit.

Baca juga : Kenali Jenis-Jenis Pohon Ketapang Hias Untuk Di Rumah

Saripati daun pohon ketapang ini mengandung beberapa senyawa yang dipercaya mampu mempercepat penyembuhan penyakit kulit. Khususnya penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Beberapa penyakit seperti kadas, kurap, jamur, dan gatal terbukti efektif diatasi oleh daun pohon ketapang ini.

Cara mengaplikasikannya sangatlah mudah. Dari daun ini kita bisa mengambil bagian saripatinya. Pertama ambil beberapa lembar daun lalu lumatkan. Setelah daun tersebut lumat, maka saripatinya akan keluar. Anda bisa mengoleskan saripatinya pada bagian kulit yang sakit.

4. Mempertajam daya ingat

Daun pohon ketapang ini dipercaya mampu memberikan efek pertajaman daya ingat bagi seseorang. Hal ini bisa anda lakukan terutama bagi yang usianya sudah cukup tua. Biasanya usia tua kita jadi mudah lupa atau pikun. Lupa atau pikun ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari gizi, genetika ataupun kebiasaan. Salah satu faktor yang paling memberikan efek terhadap masalah ini adalah faktor gizi.





Untuk meminimalisasi resiko adanya pikun tadi, kita bisa meningkatkan gizi kita. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi rebusan daun pohon ketapang. Rebusan daun pohon ini dinilai efektif dalam menyelesaikan masalah ini. Hal ini karena di dalam daun ketapang terdapat suatu senyawa dimana otak jadi bekerja lebih optimal lagi.

Cara untuk menggunakannya adalah dengan air rebusannya. Beberapa lembar daun pohon ketapang direbus hingga airnya berubah. Setelah itu didinginkan dan minum secara rutin setiap hari. Daun pohon ketapang memang sangat bermanfaat. Anda bisa menerapkan langkah ini di rumah anda. Selamat mencoba!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel