Artikel Pilihan

Tips Agar Pohon Tabebuya Berbunga Lebat dan Memesona

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Ada banyak sekali tanaman impor yang mulai memasuki Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Aneka tanaman ini memiliki pesona yang sangat indah, unik, dan tentunya berbeda dengan tanaman-tanaman asli dari Indonesia.

Bukan hanya tanaman tropis, ada pula tanaman yang berasal dari wilayah sub-tropis yang coba dibudidayakan di sini. Salah satunya adalah pohon tabebuya. Banyak orang mengatakan, tabebuya layaknya jelmaan sakura yang kita kenal sebagai salah satu tanaman khas Jepang. Memang pamor tabebuya masih kalah jauh jika dibandingkan dengan sakura, tapi pesonanya, jelas tak perlu diragukan lagi.

Apalagi, tanaman sakura tergolong sulit untuk ditanam di Indonesia yang memiliki beriklim lembab dan panas. Pasalnya, sakura hanya tumbuh di tempat yang cenderung dingin.



Meski demikian, pemerintah Indonesia pada akhirnya berhasil menanam beberapa pohon sakura di Kebun Raya Bogor. Tentu saja, hal ini membuat banyak masyarakat tak perlu jauh-jauh lagi ke Jepang untuk menyaksikan pohon legendaris ini bermekaran.

Pesona pohon tabebuya tak kalah dengan sakura

Nah, bagi Anda yang tinggal di daerah lain, tak perlu kecewa karena tidak bisa menyaksikan sakura secara langsung. Sebaiknya, Anda menanam pohon tabebuya saja. Jangan pandang sebelah mata tumbuhan yang juga dikenal dengan nama lapacho ini. Sebab, pohon tabebuya juga memiliki pesona yang sama persis seperti sakura.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: lh3.googleusercontent.com
Jika dilihat sekilas, pohon tabebuya sangat mirip dengan sakura. Pohon ini biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung dan peneduh yang sengaja di tanam di pinggir jalan ataupun taman-taman kota. Maklum saja, ini semua karena bentuk daunnya yang rimbun dengan bunga super lebat.

Bahkan, ketika musim berbunga, sebatang pohon tabebuya bakal dipenuhi bunga yang seolah nyaris tidak berdaun. Kecantikannya benar-benar tak perlu diragukan lagi. Ditambah, warna bunga dari tabebuya sangat beragam, seperti misalnya kuning, putih, merah, ungu, jingga, dan juga merah muda.

Tips membuat pohon tabebuya berbunga lebat

Sebenarnya, menanam pohon tabebuya tidak terlalu sulit. Bahkan saking mudahnya, Anda bisa menanamnya dengan metode stek batang. Meski demikian, agar tanaman ini tumbuh dengan subur dan rajin berbunga, Anda perlu merawatnya dengan baik. Bagaimana caranya? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pilih media tanam yang cukup basah

Saat menanam bibit tabebuya, usahakan agar Anda menggunakan media tanam yang subur. Pilih media tanam yang tidak terlalu porous atau berpori, melainkan agak liat supaya mampu menahan air. Hal ini dikarenakan karena bibit pohon tabebuya memerlukan media tanam yang cukup basah agar pertumbuhannya lancar.

Alangkah lebih baik lagi jika Anda menanam tabebuya langsung di atas tanah, mengingat ukurannya yang tinggi dan besar. Jangan lupa tambahkan pupuk organik untuk menyuburkan media tanam tersebut saat Anda pertama kali menanam bibitnya.

2. Beri asupan pupuk secara berkala seiring pertumbuhannya

Seiring berjalannya waktu, unsur hara yang terdapat pada media tanam tabebuya pun akan menipis dan akhirnya habis karena terus-menerus diserap oleh akar. Hal ini bakal berdampak pada pertumbuhan tanaman karena kurangnya asupan pangan. Oleh sebab itulah, Anda perlu melakukan pemupukan secara berkala agar tabebuya tetap bisa tumbuh subur dan berbunga lebat nantinya.

Sebaiknya, gunakan pupuk yang mengandung unsur nitrogen tinggi untuk membantunya membentuk tunas dan cabang daun yang baru. Selanjutnya, berikan pupuk fosfor yang berguna untuk merangsang pertumbuhan.

3. Beri air secukupnya

Seperti yang sudah kita bahas di atas, tabebuya sangat menyukai air. Jika kebutuhan airnya tercukupi dengan baik, maka tanaman ini dipastikan mampu tumbuh subur sesuai harapan. Namun, jika air yang diterimanya terlalu banyak, tabebuya justru lebih rajin menumbuhkan daunnya saja. Memang sekilas terlihat tumbuh subur, tapi bunganya akan jadi jarang terlihat.

Karena itulah, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan kontrol air ketika menyiraminya. Perhatikan saja media tanamnya. Apabila tampak kering, maka itu adalah saat yang tepat untuk memberikan air pada tanaman tabebuya Anda.

4. Jangan lupa untuk memangkas cabang tabebuya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: pinterest.com
Tips berikutnya agar pertumbuhan tabebuya jadi lebih subur dan berbunga lebat adalah melakukan pemangkasan cabang secara teratur. Terkadang, pecinta tanaman merasa enggan memangkas cabang ataupun dedaunan tanaman yang dirawatnya.



Padahal, pemangkasan berfungsi agar postur tanaman jadi lebih bagus dan memicu tumbuhnya cabang baru yang lebih produktif dalam menghasilkan bunga. Jadi, jangan pernah lupa untuk melakukan pemangkasan terhadap cabang pohon tabebuya yang sudah tua dan tidak subur agar bunganya bisa lebih lebat.

5. Pastikan bibit pohon tabebuya mendapatkan sinar matahari yang cukup

Ketahuilah, pohon tabebuya sangat suka dengan sinar matahari. Tanaman ini akan jauh lebih subur jika Anda menempatkannya di tempat-tempat yang terkena matahari secara langsung dan maksimal. Sinar matahari juga turut membantu merangsang pertumbuhan bunga tabebuya.

Nah, itu tadi 5 tips merawat pohon tabebuya agar tumbuh subur dan berbunga lebat. Intinya, tanaman apapun akan terlihat sehat dan subur jika dirawat dengan cara-cara yang benar sesuai habitat aslinya. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Pohon Tabebuya Berbunga Lebat dan Memesona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel