Artikel Pilihan

5 Cara Membuat Pohon Basil Tumbuh Subur Walaupun Ditanam Secara Indoor

Pohon basil merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang familiar digunakan di Benua Eropa terutama di Italia. Tanaman yang memiliki aroma yang khas ini seringkali digunakan untuk campuran bahan masakan karena bisa menghadirkan rasa yang kuat. Bahkan beberapa jenis pohon basil ini juga bisa memberikan cita rasa pedas pada masakan.

Nah, selain memberikan manfaat untuk kuliner, ternyata daun dari pohon basil ini juga bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan manusia. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 5 cara membuat pohon basil tumbuh subur walaupun ditanam secara indoor.

Sehingga bagi anda yang ingin menanam pohon basil, tetap bisa mendapatkan pohon basil yang tumbuh subur walaupun anda menanamnya secara indoor. Simak ulasan pentingnya di bawah ini!

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menanam Pohon Ketapang Di Area Rumah

1. Pastikan memilih bibit yang unggul

Ciri Ciri Pohon Basil

Hal pertama yang harus anda lakukan, jika anda ingin memiliki pohon basil yang tumbuh dengan subur walaupun anda menanamnya di pot secara indoor adalah pastikan supaya anda memilih bibit yang unggul.




Karena percuma saja jika anda berusaha merawat pohon basil dengan baik namun jika dari awal bibit pohon basil yang anda miliki tidaklah berkualitas dan mungkin mengalami sakit tanaman maka ia juga tidak bisa tumbuh dengan baik. Oleh karena itu sebelum anda membeli bibit pohon basil maka pastikanlah bahwa bibit itu merupakan bibit unggul yang berkualitas.

Anda bisa melihat dari ciri fisik tanaman tersebut. Hindarilah memilih pohon basil yang punya daun yang layu, yang kering, terdapat bercak hitam atau coklat, dan yang batang atau daunnya ada jamurnya. Karena itu tanda-tanda bahwa pohon basil anda mengalami penyakit tanaman. Jadi kami sarankan supaya anda membeli bibit yang benar-benar berkualitas.

2. Pastikan pohon basil mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup

Langkah kedua yang harus anda perhatikan jika anda ingin membuat tanaman pohon basil anda bisa tumbuh dengan subur walau anda menanamnya secara indoor adalah memastikan bahwa pohon basil anda mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup.

Pastikan bahwa pohon basil yang anda tanam di dalam rumah anda diletakkan di dekat jendela atau di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk bisa tumbuh dengan subur, pohon basil setidaknya memerlukan cahaya matahari sekitar 6 hingga 8 jam setiap harinya.

Baca juga : Mengenal Pinus Gula, Pohon Pinus Terbesar dan Paling Tinggi di Dunia

Jika ia mendapatkan sinar yang cukup maka ia bisa tumbuh dengan baik. Atau jika mungkin cuaca sedang buruk dan tidak ada sinar matahari yang cukup maka anda bisa menggantinya dengan lampu saja, anda bisa menerangi pohon basil sekitar 14 jam per harinya jika menggunakan lampu.

3. Pastikan anda memberikan pupuk

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: gardeningknowhow.com
Cara yang ketiga adalah pastikan bahwa anda juga memberikan tambahan pupuk. Untuk mendapatkan pohon basil yang tumbuh dengan subur tentu saja anda harus menggunakan tanah yang gembur sehingga tanaman pohon basil yang anda tanam ini mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Anda bisa menambahkan pupuk kompos untuk membuat tanahnya menjadi lebih subur ataupun tambahan pupuk tetes yang dilarutkan di dalam air. Untuk takaran memberi pupuk sebenarnya bisa kapan saja, anda bisa memberinya sebulan dua kali.

4. Pastikan untuk melakukan penyiraman yang cukup

Langkah keempat yang harus anda perhatikan adalah memastikan bahwa anda melakukan penyiraman yang cukup untuk pohon basil anda. Pastikanlah supaya anda menyiram pohon basil anda sehari sekali, pada pagi hari atau sore hari. Namun jangan sampai membuat tanah pohon basil menjadi kebanjiran karena anda menyiramnya terlalu banyak karena bisa membuat tanaman anda mati. Pohon basil pada umumnya bisa tumbuh pada tanah yang lembab.

5. Pastikan untuk rutin memanennya

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: images.immediate.co.uk





Yang terakhir, ketika pohon basil anda sudah tumbuh dengan baik maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan rutin memanennya. Anda bisa memetik daun pohon basil sesuai dengan kebutuhan anda, bahkan anda bisa memetiknya setiap hari.

Namun jika anda tidak terlalu membutuhkannya maka setidaknya seminggu sekali anda harus memanennya supaya daun dari pohon basil bisa tumbuh dengan subur dan tumbuh daun baru.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 5 cara membuat pohon basil tumbuh subur walaupun ditanam secara indoor. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Membuat Pohon Basil Tumbuh Subur Walaupun Ditanam Secara Indoor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel