Artikel Pilihan

Ini Lho 6 Khasiat Kacang Arab Bagi Kesehatan

Ciri Ciri Kacang Arab

Banyak orang mengenal kacang arab sebagai salah satu jenis oleh-oleh khas dari mereka yang baru saja pulang dari Tanah Suci. Namun, tahukah Anda, selain memiliki rasa yang lezat dan unik, kacang arab ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan? Penasaran apa saja khasiat dari kacang bertekstur lembut dan gurih ini? Simak ulasannya, ya!

Kandungan Nutrisi Pada Sebutir Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: imagesvc.meredithcorp.io
Sama seperti jenis kacang lainnya, satu cup kacang arab matang mengandung berbagai macam zat dan mineral bergizi, antara lain:
  • 0 gram kolesterol
  • 4 gram lemak
  • 13 gram serat pangan
  • 15 gram protein
  • 45 gram karbohidrat
  • 269 kalori




Selain itu, kacang arab juga kaya akan folat, fosfor, kolin, mangan, selenium, seng, tembaga, dan vitamin K. Selain sebagai sumber protein yang mengandung serat vegan dan bebas gluten, kacang arab juga mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin B6 yang sangat melimpah.

Baca juga : Pohon Pinus Merah atau Red Pine Ternyata Punya Banyak Khasiat Tak Terduga

Berbagai Khasiat Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: inspiredtaste.net
Mengingat kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, berikut ini beberapa manfaat dari kacang arab yang pastinya baik untuk kesehatan :

Mengandung tinggi serat

Diketahui, kacang arab mengandung serat larut dan tidak larut. Serat larut bermanfaat untuk membantu mengendalikan kesehatan empedu. Sementara serat tidak larut mampu meningkatkan kesehatan dan kebersihan pencernaan tubuh. Itulah sebabnya, mengapa mengonsumsi kacang arab bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, kacang arab mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Bukan hanya itu saja, karena kandungan seratnya yang tinggi, kacang arab pun bisa membantu mencegah terjadinya sembelit. Bahkan, kacang jenis ini meningkatkan kelancaran sistem saluran pencernaan.

Mengatasi gangguan tidur

Kacang arab mengandung kolin yang mampu membantu Anda memperbaiki gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan fleksibilitas gerakan otot. Selain itu, kolin juga membantu menjaga struktur membran sel, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

Sumber protein terbaik bagi para vegetarian

Kacang arab merupakan salah satu sumber protein terbaik. Bahkan, kandungan protein dalam kacang ini disebut-sebut lebih banyak ketimbang kandungan protein dua buah telur ayam berukuran besar.

Namun sayangnya, protein dalam kacang arab tidak lengkap karena bukan termasuk makanan hewani sehingga tidak mengandung asam amino esensial. Meski demikian, Anda bisa dengan mudah mendapatkan pengganti asupan asam amino ini dari sumber protein lain, seperti susu ataupun daging.

Baca juga : Cara Merawat Pohon Pinus Agar Mudah Dibudidayakan

Apabila Anda seorang vegetarian, sebaiknya konsumsi kacang arab sebagai pengganti asupan protein dari hewani. Pasalnya, kacang arab merupakan sumber protein yang tidak akan menambah kalori dan lemak tak jenuh dalam tubuh Anda.

Menstabilkan kadar gula dalam darah

Kacang arab mengandung serat larut yang mampu membantu mengendalikan kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Oleh sebab itu, kacang ini baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Penelitian para ahli menunjukkan, bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan berserat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah. Sementara orang dengan diabetes tipe 2, asupan serat yang lebih tinggi justru dapat meningkatkan kadar gula darah, insulin, dan juga lipid.

Baik untuk menguatkan jantung

Kandungan vitamin C, serat, potasium, dan vitamin B6 yang tinggi dalam kacang arab mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Jumlah serat yang terbilang cukup tinggi mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Bahkan, dalam sebuah studi menyatakan, orang yang mengonsumsi sebanyak 4.069 miligram potasium per hari memiliki risiko kematian 49% lebih rendah akibat penyakit jantung iskemik. Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang mengonsumsi potasium lebih sedikit atau sekitar 1000 milligram per hari.

Membantu mempertahankan struktur dan kekuatan tulang





Fosfat, kalsium, magnesium, mangan, seng, vitamin K, dan zat besi dalam kacang arab berperan untuk membangun dan mempertahankan struktur serta kekuatan tulang. Vitamin K berperan cukup penting untuk kesehatan tulang yang baik karena mampu meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium dalam urin.

Itulah sebabnya, asupan vitamin K yang rendah seringkali dikaitkan dengan risiko patah tulang. Di balik ukurannya yang mungil, ternyata kacang arab menyimpan banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsinya sebagai alternatif makanan sehat sehari-hari.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Ini Lho 6 Khasiat Kacang Arab Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel