Artikel Pilihan

Kacang Arab Hitam dengan Segudang Manfaatnya

Ciri Ciri Kacang Arab

Apakah Anda pernah mendengar tentang kacang arab hitam? Mungkin selama ini kacang arab hanya dikenal berwarna kuning yang kerap dijadikan oleh-oleh sepulang dari Tanah Suci. Padahal, kacang arab juga ada lho yang berwarna hitam dengan beragam manfaatnya. Kacang arab hitam sekilas memang terlihat sangat mirip dengan kacang arab kuning yang secara umum lebih dikenal oleh masyarakat.

Kacang satu ini sarat dengan nutrisi seperti, protein, tembaga, zat besi, dan vitamin yang semuanya baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Seorang pelatih keseimbangan metabolisme dan ahli gizi di AktivOrtho bernama Dr. Taranjeet Kaur yang berasal dari New Delhi mengatakan, kacang arab adalah sumber serat pangan dengan segudang manfaat.

Baca juga : Cara Menanam Pohon Sengon Yang Tepat

Kacang arab hitam mampu mengatur tingkat gula darah, membantu menghindari pembentukan asam pada tubuh, dan mengurangi berat badan. Dan beberapa manfaat lain dari kacang arab hitam akan dijelaskan secara detail di bawah ini .




5 Manfaat Kacang Arab Hitam Bagi Kesehatan 

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: cms.splendidtable.org

Melansir dari laman Indian Express, berikut ini beberapa manfaat dari kacang arab hitam yang belum banyak diketahui.

1. Kandungan saponin pada kacang arab hitam mampu mencegah kanker

Kacang arab hitam kaya akan saponin. Phytochemical yang terkandung di dalamnya mampu mencegah sel-sel kanker berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh. Diketahui pula, kacang arab mengandung selenium yang umumnya terdapat di dalam buah dan sayuran. Perlu Anda ketahui, selenium berperan penting dalam proses detoksifikasi senyawa penyebab kanker di dalam tubuh.

2. Kacang arab hitam kaya akan kalsium untuk memperkuat tulang

Bukan hanya jadi sumber fosfat, magnesium, mangan, zinc, dan zat besi saja, kacang arab hitam ternyata kaya akan kalsium serta vitamin K. kedua mineral tersebut terbukti ampuh menjaga kesehatan tulang Anda agar tidak mudah rapuh dan mengalami osteoporosis.

3. Kacang arab hitam membantu menurunkan kadar kolesterol

Kacang arab hitam mengandung antioksidan dan vitamin C dosis tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa kacang arab hitam juga berfungsi untuk menjaga agar jantung Anda tetap sehat.

4. Kacang arab hitam baik untuk perkembangan otak

Di antara sekian banyak kandungan vitamin dan mineral pada kacang arab hitam, ternyata juga ditemukan kolin di dalamnya. Kolin diketahui sangat baik bagi perkembangan otak. Setidaknya, Anda membutuhkan sekitar 50 gram kolin untuk membantu mempertajam daya ingat.

5. Kacang arab hitam membantu menyehatkan rambut

Karena kadar zinc dan protein yang cukup tinggi, kacang arab hitam mampu menghentikan kerontokan pada rambut serta memperlambat proses rambut beruban. Cara mengolah kacang arab hitam untuk dijadikan camilan ala vegetarian
Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: google.com
Bagi Anda pecinta makanan sehat atau penggemar sayuran, pasti sangat menikmati santapan yang sehat pula, seperti salad dan sejenisnya. Umumnya, orang-orang yang hanya mengonsumsi makanan seperti itu disebut dengan vegetarian.

Nah, bagi Anda yang mengaku seorang vegetarian dan ingin mengonsumsi camilan gurih nan renyah, kacang arab hitam bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik. Sajian ini bisa Anda nikmati kapan saja dan di mana saja. Selain itu, cara mengolahnya pun cukup mudah. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan:
  • 500 gram kacang arab hitam yang telah dibilas dan dikeringkan
  • 500 gram kacang arab kuning yang telah dibilas dan dikeringkan
  • 1 sdt bubuk daun ketumbar
  • 1 sdt bubuk paprika
  • 1 sdt jintan putih
  • Garam sesuai selera
Baca juga : Cara Agar Pohon Bidara tetap Tumbuh Subur

Cara membuat:




  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memanaskan oven terlebih dulu pada suhu 200 derajat celcius. 
  • Lalu, masukkan kacang arab hitam dan kuning pada dua wadah terpisah. 
  • Tambahkan bumbu pada tiap wadah dan aduk sampai benar-benar merata.
  • Selanjutnya, pindahkan kacang arab hitam dan kuning yang telah dibumbui tersebut pada loyang terpisah. Panggang keduanya selama kurang lebih 25-30 menit.
  • Untuk kacang arab hitam, Anda bisa memanggangnya lebih lama dengan tambahan waktu sekitar 15-20 menit agar teksturnya lebih lembut.
  • Setelah semua tahapan selesai, keluarkan kacang arab yang telah matang dari dalam oven. 
  • Masukkan keduanya dalam satu wadah, campur sampai benar-benar merata dan dingin sempurna. 
  • Kacang arab pun siap disajikan sebagai camilan Anda di rumah.

Nah, itu tadi manfaat kacang arab hitam dan bagaimana cara mengolahnya. Cukup mudah bukan?

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Kacang Arab Hitam dengan Segudang Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel