Artikel Pilihan

Cara Merawat Pohon Pinus Agar Mudah Dibudidayakan

Pohon pinus sejatinya mudah untuk dibudidayakan. Hal inilah yang membuat banyak orang menanam pohon pinus sebagai tanaman yang menghasilkan banyak manfaat. Selain itu beberapa pohon pinus jenis lainnya seperti pohon pinus mugo sendiri juga sering dijadikan tumbuhan lanskap yang menarik.

Meski mudah dibudidaya, bukan berati pohon pinus tidak membutuhkan perawatan khusus. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat pohon pinus. Pohon yang termasuk tanaman runjung satu ini punya banyak sekali jenis dan spesies yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Misalnya pada pohon pinus putih atau pinus strobus yang lebih cocok ditanam untuk halaman luar rumah. Tapi ada juga pohon pinus yang bisa ditanam untuk halaman belakang seperti pinus mugo. Tenang saja, biaya pemeliharaan pohon pinus bisa dibilang cukup terjangkau.

Mendapatkan Cahaya Matahari


ciri ciri pohon pinus

Agar tumbuh dengan baik maka pohon pinus harus mendapatkan cahaya matahari yang baik. Sinar matahari yang penuh sangat bagus untuk tanaman runjung satu ini. Selain itu, memastikan tanah memiliki sirkulasi udara yang baik dan kaya nutrisi juga hal yang sangat penting.

Ketika pohon pinus ditransplantasikan ke dalam pot atau lahan baru, mereka membutuhkan banyak tanah di sekitar akarnya, meskipun varietas pohon pinus yang besar kadang-kadang membuat cara menanam jadi penuh tantangan karena bentuk akar tunggang yang panjang dan dalam.

Intinya, penuhi nutrisi dengan tanah yang gembur dan baik, lalu pastikan pohon pinus mendapatkan cahaya matahari. Kalau ditanam di pot, letakkan pot di tempat yang banyak terkena cahaya agar pertumbuhannya sempurna.

Baca Juga :

Air Secukupnya

Seperti halnya tanaman lainnya, pohon pinus tetaplah membutuhkan air. Beberapa pohon pinus memang tahan terhadap kekeringan. Tapi pohon pinus yang berada di daerah beriklim basah tidak perlu disiram selain hujan.
ciri ciri pohon pinus
Sumber: texastreetrimmers.com
Jika tinggal di negara empat musim, menyiram pohon pinus bisa dilakukan selama musim dingin saja. Saat itu pohon pinus akan membutuhkan perendaman menyeluruh sebulan sekali untuk meniru curah hujan alami. Sebaiknya untuk mencegah tekanan air, oleskan lapisan mulsa di sekitar pangkal pohon pinus. Ini membantu tanah menahan air dan mencegah gulma tumbuh dan mencuri nutrisi pohon pinus.

Berikan Pupuk

Jangan lupa untuk memberikan pupuk secara berkala untuk membantu pohon pinus tetap sehat. Meskipun pohon pinus dewasa bisa tumbuh dengan mudah, kita akan membutuhkan pupuk untuk membantu pohon pinus muda tumbuh dan pinus dewasa tetap sehat.

Dimulai dengan tahun kedua pertumbuhan, pohon pinus membutuhkan 1-2 kilogram pupuk seimbang. Gunakan pupuk untuk pohon pinus seperti pupuk dengan rasio 10-10-10 nitrogen, fosfor dan kalium. Jika pohon pinus besar dan di tempat terbuka, ukur diameter batang pohon dan menerapkan satu kilogram pupuk per 5 cm diameter untuk setiap pohon.


Pemangkasan

Biasanya pohon pinus tidak perlu dipangkas. Tapi jika dibutuhkan untuk hiasan, pemangkasan perlu dilakukan. Hal ini berguna untuk mengontrol ukuran pohon pinus. Tapi pemangkasan pun memerlukan ketelitian yang tinggi.

Pemangkasan yang terlalu banyak dan berat bisa membuat pohon pinus jadi kurus dan telanjang, tanpa daun. Jadi potong bagian-bagian tertentu saja. Misalnya, potong bagian cabang yang sakit. Saat memotong cabang yang sakit atau berjamur ini pastikan dalam kondisi musim kering. Hal ini karena karena spora yang terinfeksi dapat dengan mudah mencemari alat pemangkasan. Sehingga jika dilakukan pemangkasan ranting yang terluka dalam cuaca basah akan beresiko menyebarkan penyakit ke bagian lain dari pohon.

Oleh karena itu, jika memelihara pohon pinus dalam pot, sebaiknya pangkas beberapa ranting secara berkala. Terutama ranting atau daun yang telah kering atau dalam keadaan yang kurang baik. Hindari terlalu sering memotong batang utama karena berpotensi membuat pohon pinus jadi kurus.

Demikian beberapa cara merawat pohon pinus agar lebih mudah dibudidayakan. Pilih pohon pinus sesuai tempat tinggal dan domisili. Jika berada di negara tropis dan dataran rendah, pohon pinus tetap bisa hidup dengan nutrisi yang cukup dan perawatan yang baik.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Pohon Pinus Agar Mudah Dibudidayakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel