Artikel Pilihan

Ternyata Kacang Arab Menyimpan Banyak Keajaiban, Lho!

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab atau chickpeas merupakan jenis kacang yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kacang ini juga identik sebagai oleh-oleh umroh ataupun haji karena memang telah dibudidayakan di Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu.

Kacang arab memiliki bentuk bulat dengan warna putih kekuningan. Memiliki rasa gurih, bertepung, tapi teksturnya cukup empuk. Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang arab mengandung serat dan protein tinggi.

Kacang ini juga kaya akan folat, mangan, magnesium, zat besi, vitamin C, dan B6. Jadi jangan heran, kacang yang padat nutrisi ini menyimpan banyak keajaiban bagi tubuh. nutrisinya mampu membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan.




Anda bisa mengonsumsi kacang ini dalam bentuk matang dan kering dalam satu kemasan rapi. Kacang ini pun bisa dimakan langsung sebagai camilan atau dicampurkan sebagai salah satu bahan masakan rumah.

10 Keajaiban Kacang Arab yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: olivetomato.com
Di balik tingginya nutrisi dalam setiap butir kacang arab, ada pula keajaiban yang terkandung di dalamnya. Apa saja ya, kira-kira?

Baca juga : Pinus Radiata, Pohon Pinus yang Mudah Ditanam dan Menghasilkan Kayu Terbaik

1. Mengontrol nafsu makan

Serat dan protein yang terdapat dalam kacang arab mampu membantu mengontrol nafsu makan Anda. Keduanya bersinergi untuk memperlambat pencernaan dengan meningkatkan rasa kenyang. Bukan hanya itu saja, protein juga bisa meningkatkan kadar hormon pengurang nafsu makan dalam tubuh. Intinya, mengonsumsi kacang arab sama artinya dengan menurunkan asupan kalori sepanjang hari.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Kacang arab memiliki beberapa sifat yang ternyata bisa membantu mengelola kadar gula dalam darah. Pertama, kacang satu ini memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah. Indeks ini merupakan penanda seberapa cepat gula darah naik setelah terjadinya proses makan. Diet makanan rendah glikemik memang terbukti meningkatkan manajemen gula darah dalam tubuh.

Kedua, kacang arab adalah sumber protein dan serat yang terbaik. Keduanya dikenal memiliki peranan penting dalam mengatur gula darah. Serat mampu memperlambat penyerapan karbohidrat yang menjaga gula darah secara stabil. Pun demikian dengan protein yang bisa membantu menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

3. Mengontrol tekanan darah dalam tubuh

Kacang arab disebut juga sebagai salah satu sumber asupan kalium terbaik. Para ahli merekomendasikan kacang ini untuk mencegah tekanan darah tinggi karena adanya asupan natrium tambahan dan meningkatkan asupan kalium dalam tubuh. Kacang arab juga terbukti membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Kolesterol berlebih sangat dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Tingginya kandungan serat pada kacang arab mampu memperlancar sistem pencernaan tubuh. Perlu Anda ketahui, serat dalam kacang arab sebagiannya berupa serat larut yang baik untuk mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Serat larut ini mampu membantu meningkatkan jumlah bakteri sehat dalam usus dan mencegah pertumbuhan berlebih dari bakteri tidak sehat.

5. Mencegah terjadinya risiko penyakit jantung

Kacang arab adalah sumber besar dari beberapa mineral penting, seperti kalium dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Pasalnya, kedua mineral ini mampu mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko utama terjadinya serangan jantung. Ditambah dengan kandungan serat larut yang juga terbukti mampu membantu mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol jahat.

6. Mengurangi risiko kanker

Mengonsumsi kacang arab secara teratur dapat membantu Anda terhindar dari risiko kanker tertentu. Kacang arab diketahui dapat meningkatkan produksi butyrate dalam tubuh yang merupakan asam lemak untuk mengurangi peradangan pada sel-sel usus besar. Bukan hanya itu saja, kacang arab juga dikenal sebagai sumber saponin. Senyawa tanaman satu ini mampu mencegah perkembangan sel kanker payudara dan paru-paru.

Baca juga : Sebelum Budidaya, Kenali 5 Ciri Pohon Ketapang Ini

7. Memperkuat tulang

Kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya yang terdapat dalam sebutir kacang arab dapat berkontribusi pada struktur dan kekuatan tulang yang sehat. Oleh sebab itulah, kacang arab dianggap memiliki peranan penting dalam mencegah osteoporosis.

8. Membantu menyehatkan mental

Kacang arab tinggi akan kandungan kolin yang membantu fungsi otak serta sistem saraf. Kolin juga berperan penting dalam pengaturan suasana hati, kontrol otot, dan juga metabolisme tubuh. Selain itu, kacang arab mengandung selenium yang mendukung kesehatan kognitif, termasuk daya ingat dan kecepatan berpikir.

9. Mengandung tinggi folat yang baik untuk ibu hamil dan janin

Seperti yang telah disebutkan tadi, kacang arab termasuk dalam salah satu jenis kacang yang kaya akan folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium. Semuanya adalah nutrisi terpenting selama masa kehamilan. Folat diketahui sangat diperlukan untuk kesehatan ibu dan janin. Folat pun terbukti mengurangi resiko cacat dan berat lahir rendah pada bayi.

10. Mencegah anemia

Kacang arab mampu mencegah anemia karena mengandung zat besi dosis tinggi. Tanpa adanya zat besi, tubuh tidak akan mampu mengalirkan oksigen ke seluruh selnya sehingga menyebabkan terjadinya anemia defisiensi besi.




Gejala dari penyakit satu ini adalah kelelahan dan kelemahan yang tak kunjung hilang. Zat besi dalam kacang arab yang Anda konsumsi membantu meningkatkan kualitas darah. Kacang ini pun mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak dengan cepat.
Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: goya.com
Demikian beberapa keajaiban dari kacang arab yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Kacang Arab Menyimpan Banyak Keajaiban, Lho!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel