Artikel Pilihan

Bukan Hanya Untuk Diet, Kacang Arab Menjauhkan dari Berbagai Penyakit

Ciri Ciri Kacang Arab

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan kacang arab. Kacang yang juga dikenal dengan nama chickpea atau garbanzo ini memang sering ditemukan di Indonesia sebagai salah satu oleh-oleh wajib dari orang yang pulang dari Tanah Suci.

Memiliki rasa yang unik, gurih asin, dan cenderung empuk ketika disantap, membuat kacang arab ini mudah diingat serta digemari berbagai kalangan.

Namun selain enak dikonsumsi, ternyata kacang arab memiliki aneka manfaat yang baik untuk tubuh. Meski bentuknya kecil, kacang arab mengandung mineral dan vitamin berlimpah, seperti folat, mangan, kolin, selenium, zat besi, dan vitamin B6.

Kacang Arab Cocok Dijadikan Pengganti Nasi

Kandungan serat yang tinggi membuat sistem metabolisme tubuh lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Karbohidrat yang terkandung dalam kacang arab juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga cocok dijadikan pengganti nasi demi menurunkan berat badan berlebih.




Selain itu, serat yang tinggi dalam kacang arab juga menjadikannya sumber energi alternatif bagi para penderita diabetes. Ditambah lagi dengan adanya kalsium dan magnesium yang membuat tulang semakin sehat serta kuat.

Bukan hanya itu saja, tekanan darah pun bisa semakin stabil jika Anda rutin mengonsumsi kacang arab karena tidak terlalu banyak mengandung garam.

Baca juga : Ingin Sukses Budidaya? Lakukan 5 Tips Merawat Pohon Ketapang Ini

Cara Paling Tepat Untuk Mengolah Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: riseshinecook.ca
Biasanya, kacang arab bisa dibeli di supermarket dalam kemasan yang telah dikeringkan atau dalam kaleng. Rasanya seperti kacang pada umumnya dengan tekstur lebih lembut yang membuatnya mudah dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan.

Untuk mengolah kacang arab, sebaiknya rendam dulu selama 8-10 jam. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan rasa dan teksturnya. Kacang ini juga bisa Anda hancurkan bersama bawang putih, cabai, dan bumbu rempah lainnya. Kemudian, bentuk bulatan sebelum digoreng ke dalam minyak panas. Olahan kacang arab ini bisa langsung Anda santap bersama salad yang menyegarkan.

Namun sebelum dimasak, pastikan dulu kacang arab yang Anda rendam sudah dikeringkan secara maksimal agar tidak membuat perut kembung.

Menjadikan kacang arab sebagai pengganti nasi memang bisa mencegah Anda dari risiko berbagai penyakit, tapi sebaiknya kombinasikan juga dengan beberapa variasi makanan. Jangan menjadikan kacang arab sebagai makanan pokok sepenuhnya agar tubuh tetap mendapatkan gizi dan nutrisi seimbang.

5 Jenis Kacang yang Tak Kalah Sehat Jika Dibandingkan dengan Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: duluthnewstribune.com
Tahukah Anda, bukan hanya buah dan sayur yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Kacang juga bisa dijadikan salah satu asupan pilihan karena mengandung nutrisi kompleks. Selain kacang arab, ada pula beberapa jenis kacang-kacangan lain yang tak kalah bergizi dan bermanfaat bagi tubuh. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kacang lentil

Mirip dengan kacang arab, berbagai kandungan zat gizi pada kacang lentil juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Beberapa penelitian membuktikan, bahwa kacang lentil mampu meningkatkan fungsi usus dan memperlambat pencernaan. Inilah alasan mengapa kacang lentil dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah pada tubuh, terutama pada penderita diabetes.

Baca juga : Di Indonesia, Habitat Pohon Ketapang Ada Pada Daerah Ini

2. Kacang polong

Kacang polong juga bisa dijadikan sumber serat dan protein yang baik untuk tubuh, sama seperti kacang arab yang telah Anda ketahui. Kandungan seratnya juga bisa dijadikan sumber makanan untuk bakteri sehat dalam usus. Ketika bakteri di usus dalam kondisi sehat, maka buang air besar pun bisa jadi lebih lancar.

3. Kacang merah

Umumnya, kacang merah dikonsumsi dengan nasi, diolah menjadi sup, dijadikan isian kue atau sebagai pendamping lauk pauk lainnya. Layaknya kacang arab dan kacang lentil, kacang merah yang kaya serat ini juga bisa membantu mengurangi kadar gula dalam darah.

4. Kacang hitam

Kacang hitam jadi sumber protein, folat, dan serat yang baik untuk segala usia. Bahkan, kacang satu ini diketahui memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang makanan tinggi karbohidrat lainnya.

5. Kacang kedelai





Kacang kedelai sering dikonsumsi dalam berbagai olahan khas, seperti tempe, tahu, dan susu. Tentu saja, kacang kedelai juga sama baiknya dengan kacang arab karena mengandung isoflavon, sejenis antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Ternyata, kacang arab dan sejumlah kacang lainnya memiliki kandungan manfaat yang tak terkira. Jadi, mulai sekarang sebaiknya konsumsi jenis kacang-kacangan ini untuk melengkapi nutrisi harian tubuh Anda.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Bukan Hanya Untuk Diet, Kacang Arab Menjauhkan dari Berbagai Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel