Artikel Pilihan

Di Indonesia, Habitat Pohon Ketapang Ada Pada Daerah Ini

Habitat pohon ketapang di Indonesia tersebar cukup luas. Hampir semua daerah di Indonesia bisa ditemui pohon yang eksotis ini. Meski begitu tetap ada beberapa daerah yang tidak bisa ditumbuhi pohon ketapang secara alami. Sebab arti dari habitat pohon ketapang itu sendiri adalah tempat yang bisa ditumbuhi pohon ketapang secara alami, tanpa bantuan manusia.

Daftar Habitat Pohon Ketapang

Mengerti di mana saja habitat pohon ketapang di Indonesia, memang bisa menambah wawasan Anda. Selain menambah wawasan, Anda juga bisa memastikan Apakah tempat anda tinggal sekarang merupakan salah satu habitat dari pohon ini.

ciri ciri pohon ketapang

Mengapa demikian? Sebab jika daerah tersebut adalah habitat dari pohon ketapang, maka kemungkinan besar pohon ketapang bisa tumbuh secara alami. Berikut adalah beberapa daerah di Indonesia yang termasuk habitat pohon ketapang. 

1. Pulau Jawa

Pulau Jawa adalah salah satu habitat dari pohon ketapang. Hampir semua daerah di dalam pulau Jawa bisa ditumbuhi ketapang secara alami. Beberapa di antaranya adalah di Kediri, Jakarta, Kudus, Kulon Progo, dan masih banyak lagi.

Sangat tidak sulit untuk menemukan pohon ketapang di pulau Jawa. Anda bisa menemuinya di pinggir jalan raya, halaman rumah orang, hingga di tepi pantai sekalipun. Banyak pohon ketapang yang ditemui merupakan hasil dari penanaman yang dilakukan manusia, namun juga tetap banyak pohon ketapang yang memang karena hidup sendiri.

Baca Juga :

2. Pulau Sulawesi

Daerah selanjutnya yang ditanami oleh pohon ketapang adalah pulau Sulawesi. Sama halnya dengan ketika di pulau Jawa, di pulau Sulawesi Anda tidak akan kesulitan menemukan pohon ketapang. Malahan di daerah tertentu di pulau Sulawesi, ada daerah yang ditemui pohon ketapang di setiap halaman rumah. 


3. Pulau Bali

Habitat pohon ketapang asli adalah berada di tepi pantai. Namun tidak semua pantai di Bali ditumbuhi pohon ketapang secara alami. Memang ada beberapa pantai di pulau Bali yang ditumbuhi pohon ketapang, namun pohon ketapang di pulau ini lebih banyak ditemui di halaman rumah. Juga tetap banyak ditemui pohon ketapang di pinggir jalan.

4. Papua

Tak ketinggalan Papua sebagai salah satu daerah yang merupakan habitat pohon ketapang. Penjelasan nya mirip dengan daerah-daerah yang telah disebutkan sebelumnya, di Papua Anda tidak akan kesulitan menemukan pohon ketapang.

5. Lombok

Saat Anda mampir ke pantai-pantai di Lombok, yang akan Anda temukan adalah pohon kelapa dan ketapang. Alasannya tentu saja karena Lombok merupakan salah satu habitat dari pohon ketapang. 

Lebih Spesifik Tentang Habitat Pohon Ketapang

Ada informasi mengenai habitat dari ketapang yang lebih spesifik. Mengetahui hal ini tentu saja akan menambah wawasan Anda. Selain habitat berupa daerah di suatu negara, ada tempat atau bentangan alam yang bisa disebut sebagai habitat asli pohon ketapang. Habitat asli tersebut adalah tepi pantai. Tidak sulit bagi ketapang untuk hidup secara alami di tepi pantai.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: manuelantoniopark.com
Secara teori, memang habitat asli dari Ketapang adalah di tepi pantai. Ini didukung dengan keadaan morfologi dari pohon ini. Beberapa di antaranya adalah memiliki akar yang memiliki salinitas tinggi, batang yang kuat, hingga daun-daun yang dinilai kuat menahan terpaan angin.

Karena morfologi-morfologinya, pohon ketapang bisa tetap tumbuh dengan kuat meskipun berhadapan dengan asinnya air laut. Ia akan tetap berdiri kokoh meskipun selalu diterpa angin dan ombak. 

Terlepas dari di mana habitat asli yang lebih spesifik, Anda juga harus tahu pohon ketapang ini endemik dari daerah mana. Sebelumnya perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa ada banyak sekali jenis pohon ketapang.

Banyak jenis pohon ketapang merupakan endemik dari Asia Tenggara. Namun tetap ada jenis-jenis pohon ketapang yang tidak berasal dari Asia Tenggara. Beberapa habitat pohon ketapang jenis lainnya merupakan endemik dari pulau Madagaskar dan bagian-bagian dari benua Afrika.

Tumbuhan endemik bisa hidup dengan sendirinya di endemik daerahnya. Maksudnya adalah Jika pohon tersebut endemik dari Asia Tenggara maka bisa hidup secara mandiri di Asia Tenggara. Sama halnya dengan di pulau Madagaskar dan Benua Afrika.

Itulah sedikit informasi tentang habitat dari pohon ketapang. Pada dasarnya pohon ketapang banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Namun daerah yang paling sering dijumpai pohon ketapang adalah beberapa daerah yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Di Indonesia, Habitat Pohon Ketapang Ada Pada Daerah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel