Artikel Pilihan

Budidaya Pohon Gaharu Unggul untuk Petani Pemula

Banyak pebisnis tanaman terkadang merasa penasaran dengan cara budidaya pohon gaharu unggul. Maklum saja, jenis pohon yang satu ini dikenal kaya akan aneka macam manfaat. Sehingga beberapa pebisnis dan petani pohon berupaya untuk menanamnya.

Ada yang berhasil, tetapi ada yang gagal. Mencoba berulang kali tetapi ternyata tidak kunjung tumbuh juga. Apalagi jika berencana untuk menanam pohon gaharu super yang terkenal dengan keunggulannya. Berbagai macam upaya dan informasi didapatkan untuk sukses menanam jenis pohon tersebut.

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Bagi yang ingin tahu informasi singkatnya, ini sedikit cara budidaya pohon gaharu unggul yang dapat dicoba bagi petani pemula :




Sediakan Bibit Berkualitas

Pohon yang diharapkan tumbuh baik tentu berasal dari bibit yang baik. Semua pasti sudah paham akan hal tersebut. Karena itu terapkan untuk mencari bibit yang unggul. Cari informasi dari yang telah berpengalaman untuk menemukan bibit pohon gaharu yang paling baik.

Bila perlu pilih yang kualitasnya super dan tinggi. Sehingga nantinya saat proses pertumbuhan akan lebih minim resiko kegagalannya. Saat ini sudah banyak yang menyediakan bibit unggulan jenis pohon tersebut. Bisa dengan mendatangi secara langsung atau mencoba memesan secara online. Mendapat referensi dari petani senior lain umumnya akan lebih baik jika memungkinkan.

Persiapan Lahan

Jika sudah memiliki bibit maka lanjutkan dengan menyiapkan lahan. Biasanya jenis pohon tertentu tidak dapat tumbuh begitu saja. Lahan yang subur dan sesuai akan lebih tepat digunakan sebagai lokasi budidaya pohon gaharu unggul. Oleh sebab itu lakukan survei mana lokasi yang tepat dan sesuai.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Gaharu (Aquilaria malaccensis) Di Alam Liar

Sebisa mungkin juga lokasi yang dapat dijangkau dengan mudah, supaya tidak menyulitkan proses kesehariannya dalam merawat dan melihat pertumbuhan pohon. Beberapa petani memilih tempat yang cukup luas, minimal satu pohon membutuhkan area 3x3 meter.

Jadi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Lahan yang terlalu sempit dapat membuat pohon nantinya tidak bisa tumbuh secara maksimal. Oleh karena itu menyiapkan lahan sesuai jumlah pohon yang akan ditanam cukup penting untuk diperhatikan sejak awal.


Media Tanam

Hal berikut yang tidak kalah penting dalam budidaya pohon gaharu yaitu menyediakan media tanam yang tepat. Hal ini bisa jadi ada beberapa pilihan. Jika masih pemula, lakukan yang paling mudah. Misalnya melalui media tanam polybag untuk bibit yang masih benih. Tunggu hingga cukup usia untuk dipindahkan ke area yang lebih luas. Misalnya ke lahan yang telah disiapkan tadi.

Hal ini membantu kesuburan tanah yang lebih seimbang dalam menjaga pertumbuhan bibit yang optimal. Oleh sebab itu tidak heran jika kebanyakan bibit pohon gaharu dijual di dalam polybag kecil dan terlihat hijau nan menarik. Demikian halnya saat baru saja memulai budidaya. Menggunakan polybag adalah cara yang paling sederhana dan mudah untuk memastikan bibit pohon gaharu tumbuh sesuai keinginan.

Bila telah cukup usia dan mulai tumbuh besar, maka bibit ini bisa dipindahkan ke media tanam yang lebih luas. Nantinya bibit dari polybag tersebut akan menyesuaikan lebih mudah pada tanah yang digunakan. Lain halnya dengan kondisi bibit yang masih rawan.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Awar-Awar (Ficus septica) Di Alam Liar

Cara Perawatan

Terakhir perhatikan benar cara perawatan yang tepat, baik itu penyiraman tanaman maupun melakukan pemupukan. Sebaiknya cari informasi yang sesuai dan akurat. Jika tidak maka resiko kegagalan bisa terjadi begitu saja. Tentu banyak yang tidak ingin usaha budidaya pohon gaharu unggul yang dilakukan berakhir tanpa hasil.

Oleh sebab itu sebaiknya pastikan untuk menjaga pemeliharaan tanaman sebaik mungkin. Termasuk menghindari resiko terserang hama. Gunakan pula pupuk berkualitas serta pestisida yang tepat. Salah-salah hal ini justru memicu pohon menjadi kering dan tidak bertumbuh maksimal.




Jika tidak yakin tanyakan pada rekan lain yang lebih berpengalaman. Namun umumnya sudah banyak informasi jenis pupuk maupun pestisida yang tepat untuk pohon gaharu di dunia maya.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: tniad.mil.id
Itulah beberapa langkah budidaya pohon gaharu unggul untuk petani pemula yang ingin mencobanya. Dengan langkah-langkah yang tepat tentu saja budidaya dapat berjalan dengan baik. Jadi, bila tertarik untuk menanam pohon gaharu dan belum memiliki pengalaman, ada baiknya mencoba menerapkan satu persatu urutan langkah di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Budidaya Pohon Gaharu Unggul untuk Petani Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel