Artikel Pilihan

Menanam Pohon Gaharu Dengan Tepat

Menanam pohon gaharu bisa dilakukan dengan berbagai langkah yang tepat. Cara penanaman yang tepat tentu akan membuat bibit bisa bertumbuh dengan sangat baik. Pertumbuhan tanaman yang baik ini akan menghasilkan adanya pohon gaharu dengan kualitas terbaik dan bahkan kualitas super.

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Tentunya pohon gaharu yang bertumbuh dengan baik akan memberikan hasil terbaik bagi Anda. Termasuk pula bagian kayu pohonnya hingga daunnya dan bagian buahnya. Seluruh bagian dari tanaman ini memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

Mulai dari keperluan kesehatan hingga kosmetik dan juga untuk keperluan rumah tangga. Tanaman gaharu ini bisa dimanfaatkan dengan cukup optimal. Oleh karena itu menanam pohon gaharu harus dilakukan dengan langkah yang tepat. Tidak hanya itu saja, tetapi perawatan tanaman tersebut juga harus dilakukan dengan berbagai langkah yang sesuai.

Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

Pemilihan Biji

Biji pohon gaharu untuk bisa ditanam maka terlebih dahulu haruslah dipisahkan dari kulit buahnya. Kemudian biji gaharu tersebut direndam dalam air yang dicampur dengan anti jamur atau fungisida. Proses perendaman ini sebaiknya dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan biji yang telah direndam selama kurang lebih 2 jam.




Jika proses tersebut telah selesai maka Anda bisa menyiram biji dengan menggunakan zat pengatur tumbuh atau ZPT. Zat ini sebaiknya dilarutkan dengan air misalnya seperti atonik atau produk lainnya. Hal ini kemudian diakhiri dengan proses pengeringan biji selama kurang lebih 1 jam dan biji siap untuk disemai.

Pemilihan Dan Pembelian Bibit

Anda juga bisa melakukan perawatan bibit gaharu hingga akhirnya bisa menjadi pohon berkualitas terbaik. Tampaknya di era digital seperti sekarang ini pembelian bibit tanaman bisa dilakukan dengan cara online. Jadi Anda bisa memilih dan melakukan transaksi pembelian bibit secara online.

Cara pembelian bibit yang seperti ini sebenarnya bisa membuat Anda jadi lebih mudah dalam melakukan transaksi pembelian. Namun tentunya Anda haruslah teliti sebelum membeli. Jangan sampai Anda mendapatkan bibit yang tidak tepat sehingga nantinya pohon gaharu tidak dapat bertumbuh dengan baik.

Menanam pohon gaharu memang dimulai dari langkah penanaman bibit dan kemudian perawatan bibit tersebut hingga terus bertumbuh dan berbuah. Bibit tentu juga bisa didapatkan melalui pembelian di toko tanaman dan sejenisnya.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: elnuha.net


Media Untuk Menanam Pohon Gaharu

Menanam pohon gaharu bisa dilakukan di berbagai media. Anda bisa menyiapkan media semai misalnya berupa tanah top soil atau tanah pada bagian atas yang umumnya banyak mengandung humus sehingga tidak diragukan lagi kesuburannya.

Atau Anda juga bisa menggunakan media yang lainnya misalnya berupa media pasir. Pasir bisa digunakan jika memang kondisi tanah sebelumnya belum berpasir. Bukan hanya pasir saja melainkan Anda juga bisa menggunakan media penanaman berupa cocopeat atau arang sekam padi.

Beberapa media ini bisa dijadikan sebagai pilihan bagi Anda dalam melakukan penanaman biji gaharu sehingga bisa didapatkan bibit gaharu yang terbaik. Anda bisa memilih salah satu dari berbagai pilihan media penyemaian biji gaharu yang telah disebutkan.

Proses Penyiraman

Setiap biji atau bibit tanaman tentu memerlukan proses penyiraman dan pemupukan yang tepat agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Demikian pula dalam menanam pohon gaharu sudah seharusnya proses penyiraman dan pemupukan dilakukan dengan langkah yang tepat.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Awar-Awar (Ficus septica) Di Alam Liar

Jika biji atau bibit gaharu telah siap maka Anda bisa melakukan penyiraman dengan air. Penyiraman bisa dilakukan setiap tiga hari sekali. Campurkan pula regen dalam air siraman yang digunakan agar tanaman bebas dari jamur. Gunakan pula pengabut atau tidor namun sebaiknya jangan terlalu basah. Penyiraman bisa dilakukan di atas rumputnya saja jika memang tidak terjadi hujan.

Proses Pemupukan





Tidak hanya proses penyiraman tanaman saja tetapi proses pemupukan tanaman juga sudah tentu sangat penting dan perlu diperhatikan. Anda bisa menggunakan pupuk kompos yang sudah jadi untuk membantu kesuburan tanaman. Anda juga bisa membakar berbagai daun kering serta ranting di media penanaman pohon gaharu. Abu dari daun kering dan ranting ini bisa berfungsi sebagai pupuk alami sekaligus sterilisasi.

Langkah menanam pohon gaharu di atas sebaiknya diikuti satu persatu bagi yang baru saja mencobanya. Jika dilakukan dengan tepat, tentu saja akan dapat memberikan hasil yang baik dan optimal.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Menanam Pohon Gaharu Dengan Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel