Artikel Pilihan

Bibit Pohon Gaharu Unggul Dan Berkualitas

Bibit pohon gaharu menjadi bagian penting bagi Anda terutama bila ingin melakukan budidaya tanaman gaharu. Tanaman gaharu memang telah dikenal sejak lama baik oleh masyarakat tanah air maupun masyarakat mancanegara. Keunggulan yang dimiliki oleh tanaman gaharu ini tampaknya membuatnya semakin memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya permintaan terhadap berbagai hasil dari tanaman gaharu. Mulai dari kayu yang dihasilkan oleh batang pohon kemudian bagian daunnya. Selain itu bagian buah dari tanaman gaharu ini juga banyak diinginkan oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu pembibitan tanaman gaharu kini semakin banyak dilakukan mengingat bahwa permintaan pasar terhadap bibit ini cukup tinggi.

Baca juga : Cara Menanam Benih Italian Cypress (Cupressus sempervirens)

Budidaya Pohon Gaharu

Sayang sekali akhir-akhir ini banyak yang mengetahui bahwa sudah bukan menjadi rahasia tanaman gaharu saat ini semakin berkurang keberadaannya. Tanaman ini bahkan bisa digolongkan sebagai jenis tanaman langka.




Keberadaan gaharu tampaknya semakin punah sehingga tanaman ini bisa menjadi salah satu jenis tanaman yang perlu dibudidayakan. Terlebih lagi tanaman ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi masyarakat luas.

Pohon gaharu tak hanya bisa memberikan kayu yang berkualitas tinggi saja kepada masyarakat. Tetapi pohon ini juga menghasilkan buah yang sekiranya dapat dikonsumsi oleh masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Akan tetapi sangat disayangkan tidak banyak yang berhasil dalam melakukan budidaya bibit pohon gaharu dengan tepat. Misalnya penanaman tanaman ini sudah seharusnya dilakukan di wilayah dataran rendah. Dengan demikian maka bibit akan bertumbuh menjadi pohon gaharu yang nantinya siap untuk dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: batam.tribunnews.com


Bibit Pohon Gaharu Unggulan Dari Indonesia

Mungkin masih banyak yang belum tahu pasti asal dari tanaman gaharu. Sebenarnya tanaman gaharu ini merupakan tanaman asli dari Indonesia. Tanaman asli dari Indonesia ini sangat diminati oleh banyak orang karena kualitasnya yang dinilai baik. Maka tak heran bila permintaan akan hasil dari tanaman gaharu ini semakin meningkat.

Baca juga : 20 Pohon Legendaris Yang Sering Jadi Inspirasi Bonsai

Begitu pula dengan bibit pohon gaharu yang seringkali diinginkan oleh masyarakat. Bibit terutama dimaksudkan untuk mendukung budidaya tanaman gaharu sehingga tanaman tersebut tidak sampai mengalami kepunahan. Adanya pembibitan tanaman gaharu ini tentu akan memberikan hasil yang maksimal sehingga masyarakat bisa memanfaatkan setiap hasilnya.

Harga Bibit Gaharu Unggul

Tanaman gaharu yang memiliki nama latin Aqualira malacensis kini bisa dibudidayakan dengan lebih mudah oleh siapa saja. Bahkan Anda juga bisa melakukan budidaya jika memang Anda menginginkannya. Untuk melakukan budidaya maka Anda harus memiliki bibit gaharu. Bibit pohon gaharu kini bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Harga jual bibit gaharu ini cukup bervariasi. Mulai dari 10 ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Asal bibit umumnya berasal dari persemaian biji sehingga biji tersebut kemudian berkembang hingga menjadi bakal pohon gaharu. Umumnya bibit dari tanaman gaharu ini dibanderol dengan harga puluhan ribu jika memiliki ketinggian antara 40 sampai dengan 70 cm.

Penjualan Bibit Pohon Gaharu

Mendapatkan bibit gaharu sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Terutama bagi masyarakat Indonesia yang bisa mendapatkan bibitnya dimana saja. Jika sebelumnya Anda bisa mendapatkan bibit tanaman hanya di toko tertentu maka saat ini tentu Anda bisa mendapatkannya dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis.




Kini membeli bibit bisa dilakukan secara online di toko online. Belanja bibit bahkan jadi lebih menyenangkan karena Anda bisa melakukannya dari rumah dengan bersantai. Sebab bibit pohon gaharu kini tersedia pula di toko online.

Anda tinggal mencari bibit yang diinginkan dan dibutuhkan lalu memesannya dan melakukan transaksi pembelian bibit tersebut secara online. Di era digital seperti sekarang ini memang transaksi jual beli menjadi lebih mudah termasuk pula jual beli bibit tanaman.

Setiap bibit gaharu sebenarnya dapat menghasilkan pohon gaharu dengan kualitas terbaik. Namun tentunya perawatan bibit harus dilakukan dengan langkah yang tepat sehingga bibit bisa bertumbuh menjadi tanaman yang diinginkan. Perawatan bisa dilakukan dengan cara penyiraman tanaman sekali dalam sehari serta adanya sinar matahari yang cukup bagi tanaman gaharu tersebut.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Bibit Pohon Gaharu Unggul Dan Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel