Artikel Pilihan

Ingin Sukses Budidaya? Lakukan 5 Tips Merawat Pohon Ketapang Ini

Tips merawat pohon ketapang akan sangat Anda butuhkan di saat Anda benar-benar mantap menjadikan pohon ketapang di rumah atau halaman Anda menjadi tanaman kesayangan. Hal ini wajar.

ciri ciri pohon ketapang

Mengapa demikian? Sebab di saat kita sudah menyukai suatu tanaman pastinya kita akan mengusahakan apapun supaya tanaman tersebut bisa hidup lama dan tak terjadi masalah apapun selama hidup.


Tips Merawat Pohon Ketapang

Kali ini akan dibahas beberapa tips merawat pohon ketapang supaya bisa lebih awet dan jauh dari kendala. Dari memperhatikan akarnya sampai daunnya, berikut beberapa tips merawat pohon ketapang.


1. Memberikan Akar Ruang yang Cukup

Tips merawat pohon ketapang ini berlaku untuk Anda yang menanam pohon ketapang di tanah langsung. Jika memang dahulu Anda lebih memilih menanam pohon ketapang langsung di tanah, maka pastilah Anda sudah merencanakan untuk menjadikan pohon ini sebagai perindang, penyejuk, hingga peneduh. Jika demikian maka Anda harus menunggu sampai ketapang tumbuh besar dan memiliki tinggi optimal.

Untuk membuat ketapang tumbuh besar dan memiliki tinggi optimal, maka akarnya sendiri harus diperhatikan. Akar ketapang akan terus tumbuh dan menjalar seluas mungkin seiring dengan pertumbuhan pohon ketapang. Maka dari itu, penting halnya untuk memastikan akar pohon ketapang bisa tumbuh supaya pohonnya pun juga tumbuh.

2. Menyiram

Ada cara menyiram pohon ketapang yang mungkin sebelumnya belum Anda miliki. Kapasitas air untuk menyirami ketapang yang baru dengan yang lama rupanya berbeda. Jika Anda baru saja memindahkan bibit ketapang ke pot atau ke tanah langsung, maka penyiraman yang dibutuhkan adalah sebanyak dua kali sehari.

Lain cerita jika ketapang yang Anda miliki sudah lama ada. Penyiraman yang dibutuhkan hanyalah satu kali sehari saja. Namun jika cuaca tidak terlalu panas, penyiraman boleh dilakukan satu kali dalam dua hari saja.


3. Pemupukan

Tips selanjutnya berhubungan dengan pemberian pupuk atau pemupukan. Rupanya, meskipun pohon ketapang di rumah Anda bisa tumbuh dengan baik dan terlihat baik-baik saja, ia akan tetap membutuhkan nutrisi dari pupuk.

Baca Juga :

Karenanya, Anda harus tetap jeli memperhatikan ketapang Anda ini. tanpa harus terlihat membusuk atau hampir mati, sebagai pemilik rajinlah menambahkan pupuk di sekitarnya. Tipsnya adalah lakukanlah pemupukan kembali setiap tiga bulan sekali. Dengan demikian, ketapang bisa tumbuh dengan optimal.

4. Membersihkan dari Hama

Berlaku baik untuk ketapang yang dijadikan tanaman hias, juga untuk ketapang yang ada sebagai pohon perindang. Jika memungkinkan panjatlah tangga untuk memastikan bagian-bagian dari ketapang tidak ada yang terkena hama. Sama halnya dengan ketapang yang dijadikan tanaman hias, jika Anda memiliki waktu luang perhatikan tanaman ketapang dan pastikan tidak memiliki hama.

Jika ternyata ada hama, maka berantas segera. Caranya adalah dengan membeli cairan pembersih hama di toko tanaman, memasukkannya ke penyemprot, dan semprot hama tersebut.

5. Saat Meranggas

Dua kali dalam setahun, pohon ketapang akan meranggas. Ketapang akan menggugurkan daunnya supaya tidak kehilangan banyak cairan di musim panas. Karena hal ini, Anda harus lebih ‘menyayanginya’. Rajin-rajinlah menyiram ketapang saat pohon ini meranggas.

ciri ciri pohon ketapang
Sumber: wikimedia.org
Anda pasti tahu bagaimana ciri ketapang saat membutuhkan perhatian ini. Di saat daunnya mulai memerah atau kekuningan, disitulah watu ia akan meranggas.

Manfaat Merawat Pohon Ketapang dengan Maksimal

Merawat pohon ketapang secara maksimal tentu saja memberikan dampak positif untuk Anda sendiri. Apa saja manfaat dari pohon ketapang bisa Anda dapatkan secara maksimal. Anda yang mencari manfaat ketapang sebagai perindang dan peneduh, bisa mendapatkanya dengan mudah dan cepat.

Apalagi jika Anda memanfaatkan pohon ketapang untuk diambil buah atau bijinya, maka merawat pohon ketapang secara maksimal akan memberikan hasil yang baik. Maksudnya adalah memang benar buah dan biji ketapang mengandung berbagai senyawa dan zat yang berguna. Jika Anda merawat ketapang dengan baik, maka zat-zat dan senyawa-senyawa yang dibutuhkan ini akan ada dengan jumlah yang maksimal.

Sama halnya jika Anda ingin mendapatkan manfaat lain, perawatan yang maksimal juga akan memberikan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Ingin Sukses Budidaya? Lakukan 5 Tips Merawat Pohon Ketapang Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel