Artikel Pilihan

Kacang Arab, Salah Satu Jenis Legume yang Baik untuk Kesehatan

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab termasuk jenis legume dengan suku Fabaceae yang menghasilkan polong berukuran kecil berwarna kekuningan dan kaya protein. Kacang satu ini merupakan salah satu tanaman budidaya yang paling kuno. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya sisa-sisa budidaya kacang arab berusia 7.500 tahun di Timur Tengah beberapa waktu lalu.

Kacang arab juga dikenal sebagai oleh-oleh dari mereka yang baru saja pulang dari Tanah Suci. Selain berwarna krem seperti yang biasanya Anda temui, ternyata kacang ini juga ada yang berwarna hitam, merah, dan cokelat.

Secara umum, ada dua jenis kacang arab yang dijual di pasaran, yaitu kacang desi dan kacang kabuli. Kacang desi memiliki ukuran lebih kecil, berwarna gelap dan memiliki kulit yang kasar. Umumnya, kacang ini dibudidayakan di India, Meksiko, Iran, dan Ethiopia.




Sementara kacang kabuli memiliki ukuran lebih besar, berwarna terang, dan berkulit halus. Selain ditanam di daratan Eropa Selatan, Afganistan, Afrika Utara dan Chili, kacang ini juga ditemukan di India pada abad ke-18.

5 Jenis Kacang Selain Kacang Arab yang Kaya Nutrisi untuk Kesehatan

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: images.squarespace-cdn.com
Seperti yang telah Anda ketahui, kacang adalah sumber energi yang baik untuk kesehatan. Pasalnya, kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan juga mineral.

Baca juga : Selain Outdoor, Pohon Ketapang Indoor dan Bonsai Kini Banyak Dibudidayakan

Berdasarkan laporan dari American Journal of Clinical Nutrition, orang dewasa yang menambahkan menu kacang ke dalam camilan mereka akan mendapat dampak positif. Mulai dari penurunan kadar gula darah, perubahan lingkar pinggang, dan penurunan berat badan.

Bukan hanya itu saja, kacang juga memiliki aneka manfaat untuk kesehatan anak-anak. Beberapa di antaranya memengaruhi pertumbuhan kuku dan rambut anak karena mengandung seng, biotin, dan zat besi. Nah, selain kacang arab yang telah dibahas sebelumnya, berikut ini beberapa jenis kacang yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan :

1. Kacang almond

Tak jauh berbeda dengan kacang arab, kacang almond disebut memiliki kandungan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. kacang ini juga mengandung serat yang mampu membantu proses pencernaan dan memastikan gerakan usus.

Kandungan proteinnya juga bagus untuk mengembangkan massa otot tanpa disertai lemak. Sementara lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalamnya mampu mengurangi indeks massa tubuh.

2. Kacang walnut

Pada setiap 100 gram kacang walnut mengandung sekitar 650 kalori yang membuatnya menjadi salah satu kacang terbaik untuk mengembalikan energi tubuh. Hal ini menjadikan walnut berada di posisi tertinggi, setelah kacang arab yang mengandung sekitar 335 kalori.

Baca Juga : Setelah Pertumbuhan Sempurna, Berapa Tinggi Pohon Ketapang?

Selain itu, walnut juga mengandung protein, lemak tak jenuh, dan banyak kandungan mineral serta vitamin. Mulai dari zat besi, magnesium, mangan, seng, kalsium, vitamin A, B, C, dan D. Dengan demikian, mengonsumsi walnut juga bisa menghindarkan Anda dari risiko serangan jantung, kanker, dan diabetes.

3. Kacang tanah

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa terlalu banyak mengonsumsi kacang tanah dapat memicu timbulnya jerawat. Padahal, kacang tanah adalah salah satu sumber nutrisi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti halnya kacang arab, kacang tanah juga mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu, vitamin E dan B yang terkandung di dalamnya mampu mencegah risiko penuaan dini serta membuat kulit jauh lebih bercahaya.

4. Hazelnut

Tak sedikit orang yang gemar mengonsumsi hazelnut sebagai camilan sehari-hari. Bahkan, hazelnut seringkali diolah menjadi berbagai jenis kudapan, seperti es krim dan tambahan perasa minuman. Hal ini dikarenakan hazelnut memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya karena hazelnut mengandung antioksidan yang dikenal sebagai pelindung tubuh dari stres oksidatif. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi kacang satu ini juga bisa menyehatkan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

5. Kacang mete

Biasanya, kacang mete dijadikan camilan dalam bentuk kering karena proses pemanggangan ataupun penggorengan. Kacang mete kaya akan omega 3 dan beberapa vitamin serta mineral lainnya. Jadi jangan heran, jika kacang mete disebut sebagai salah satu kacang yang menjadi sumber protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh.




Selain itu, kacang mete juga bisa meningkatkan suasana hati karena dikenal sebagai sumber tryptophan. Layaknya kacang arab, kacang mete juga mampu menghasilkan serotonin yang berperan penting dalam mengatasi mood swing.
Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: caremoligroup.com
Setelah membaca informasi di atas, kira-kira Anda tertarik untuk mengonsumsi kacang jenis apa selain kacang arab?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Kacang Arab, Salah Satu Jenis Legume yang Baik untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel