Artikel Pilihan

Aneka Jenis Pohon Waru dengan Ciri yang Mirip

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan pohon waru, pastilah Anda ingin tahu apa saja jenis pohon waru. Jika demikian, maka sangat wajar. Sebab untuk membudidayakan pohon ini memang Anda harus tahu terlebih dahulu jenis apa yang sebaiknya ditanam.

Ciri Ciri Pohon Waru

Bagi Anda yang selama ini hanya tahu pohon waru ada satu jenis saja, maka sesegera mungkin Anda akan tahu bahwa pohon waru adalah tumbuhan yang memiliki banyak jenis. Bagaimanapun keadaan Anda saat ini, apakah mau membudidayaknnya atau tidak, mengerti apa saja jenis pohon waru memang bisa menambah wawasan.

Daftar Jenis Pohon Waru

Dari pohon waru yang paling sering ditemui, hingga waru yang biasa dipilih sebagai tanaman hias, berikut satu per satu jenis pohon waru.

Baca juga : Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Pohon Waru dan Waru Landak




Waru Laut

Waru laut adalah jenis pohon waru yang paling sering dijumpai. Jika Anda tidak sering menjumpainya, maka pastilah kebanyakkan orang paling sering menjumpai jenis waru ini. waru laut akrab disebut sebagai waru lot, jadi jika Anda mendengar istilah ini tak perlu bingung.

Karakteristik waru laut sebagaimana pohon perindang pada umumnya, ada yang tumbuh lurus vertikal namun juga ada yang condong ke samping. Waru laut yang tumbuh lurus dinilai lebih bagus dibanding yang ke samping. Bunganya memiliki delapan mahkota, dan bisa berubah warna saat pergantian waktu. Setiap bagian dari pohon waru ini, mulai dari akar sampai daun semuanya bisa memberikan manfaat.

Waru Variegata

Waru variegata adalah waru yang difungsikan sebagai tanaman hias. Jenis variegata ini bisa Anda jadikan tanaman hias, baik itu tanaman hias secara umum maupun tanaman hias sebagai bonsai. Benar sekali, dibanding jenis pohon waru yang lain jenis variegata lah yang bisa dibonsai.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: tokopedia.net
Tentu saja waru variegata memiliki keunikan tersendiri sehingga bisa dikatakan sebagai tanaman hias. Salah satu keunikannya terletak pada daunnya. Daun dari jenis waru yang lain hanya berwarna hijau penuh, sedangkan pada jenis variegata ada beberapa warna pada daunnya. Adapun warna daunnya adalah kombinasi antara hijau, putih, merah, dan terkadang kuning.

Waru Landak

Selain waru variegata dan waru laut, juga ada jenis pohon waru lain yang juga bisa dikatakan sebagai tanaman hias. Meskipun tak sepopuler waru variegata, namun jenis waru ini memiliki alasan untuk bisa dijadikan tanaman hias.

Baca juga : Ragam Bentuk Tulang Daun Pohon Waru dan Fungsinya

Perbedaan antara waru landak dengan jenis waru pada umumnya adalah bentuk pohonnya. Waru yang lain ada sebagai pohon yang bisa tumbuh besar dan tinggi, sedangkan waru landak hanya ada sebagai perdu. Diameter batangnya tak sebesar jenis waru yang lain, tingginya pun juga tak akan cukup tinggi.

Satu keunikan yang dimiliki jenis waru in adalah memiliki bunga yang unik. Tak seperti jenis lainnya, bunga pada waru landak muncul dari ketiak pohonnya. Mahkota dari bunganya ada banyak, bahkan sulit untuk dihitung. Soal warna, bunganya bisa berwarna putih atau pink.

Waru Lanang

Waru lanang kerap disebut sebagai tisuk. Dibanding dengan waru laut, jenis pohon waru ini tak lebih besar. Waru laut bisa menjadi pohon yang batangnya diambil untuk kayu bangunan. Sedangkan waru lanang, hanya akan berfokus menjadi pohon yang berbatang kurus namun tinggi. daun dari jenis ini juga lebih lebar atau besar dibanding jenis lainnya.

Waru Gunung

Memiliki nama latin Hibiscus similis, banyak bagian dari waru gunung yang sama dengan waru laut. Daun, bunga, batang, dan buahnya hampir serupa dengan waru laut. Perbedaan yang paling bisa dilihat antara waru gunung dan waru laut terletak pada daunnya.




Daun dari waru gunung letaknya lebih jauh dari pangkalnya. Tidak seperti pada waru laut yang cukup dekat. Biji yang berada dalam buah waru gunung juga memiliki bulu yang kasar, yang mana berbeda dengan waru laut yang bijinya tidak berbulu.

Itulah beberapa jenis pohon waru, masing-masing sudah dijelaskan bagaimana karakteristiknya serta cirinya yang mirip. Untuk selanjutnya jika Anda mantap untuk membudidayakan atau menanam pohon waru Anda sudah bisa memilih karena sudah tahu apa saja jenis pohon waru. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

















Belum ada Komentar untuk "Aneka Jenis Pohon Waru dengan Ciri yang Mirip"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel