Artikel Pilihan

Bisa Menunjukkan Waktu, Ini Keunikan Bunga Pohon Waru

Percaya atau tidak, mulai sekarang Anda harus percaya bahwa bunga pohon waru bisa menunjukkan waktu. Karena kemampuannya ini, bunga pohon waru mendapat sebutan sebagai jam biologi. Arti dari jam Biologi adalah jam yang bisa menunjukkan waktu tanpa adanya campur tangan manusia, lebih tepatnya hanya alam lah yang berperan dalam memberikan informasi waktu tersebut.

ciri ciri pohon bunga waru

Kedengarannya ajaib bukan? Memang hal itulah yang bisa diberikan oleh bunga dari pohon waru yang mana akan kita bahas pada bahasan kali ini.

Tentang Bunga Pohon Waru

Pohon waru adalah pohon yang memiliki banyak sekali jenis. Namun ada satu jenis yang paling sering Anda temui dan yang bisa memberikan manfaat sebagai jam biologi. Jenis tersebut adalah waru laut yang mana juga biasa disebut sebagai dadap laut. Ini perlu Anda ketahui di awal, sebab waru jenis lain tidak memiliki bunga yang sama dengan waru laut juga tidak bisa memberikan manfaat yang akan dibahas ini.

Lahan bisa dikatakan antara karakteristik bunga dari waru laut dengan bunga dari waru jenis lainnya jauh berbeda. Entah itu bentuknya, ukurannya, hingga warnanya. 

Adapun karakteristik dari bunga pohon waru laut itu sendiri adalah bunga yang memiliki delapan mahkota dan bisa memiliki warna yang berbeda-beda. Perbedaan warna ini nantinya akan dibahas selanjutnya. 

Ukuran bunga dari pohon waru tidak terlalu besar, tidak sebesar bunga dari bunga pohon waru jenis lainnya. Kelopaknya terasa tipis jika diraba, namun memiliki kelopak sebagai pembungkus bunga itu sendiri sebelum mekar yang cukup kuat.

Warna utama atau warna yang sebenarnya dari bunga pohon waru adalah kuning. Warna kuning ini dikombinasikan dengan warna pusatnya yaitu berwarna merah tua. Kombinasi antara dua warna ini dengan bentuknya membuat bunga dari pohon waru bisa dikatakan sebagai bunga yang cukup eksotis. Wajar saja, karena memang waru adalah tumbuhan yang hanya bisa hidup di di iklim tropis dan dengan curah hujan yang sedang.


Bunga Pohon Waru Sebagai Jam Biologi

Masuklah kita ke bahasan utama yaitu tentang bagaimana bisa bunga dari pohon Waru bisa memberikan manfaat sebagai jam biologi. Terlebih dahulu Anda harus paham dengan konsep jam biologi itu sendiri. Jam adalah istilah untuk sesuatu yang menunjukkan waktu. Sedangkan biologi memang bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari alam, namun kata ‘biologi’ dalam hal ini diartikan sebagai proses yang dilakukan oleh alam.

Baca Juga :

Maksud dari jam biologi adalah, bahwasanya sesuatu yang berasal dari alam tanpa ada campur tangan manusia bisa menunjukkan waktu. Selama ini mungkin yang kita ketahui hanya jam-jam yang dibuat oleh manusia saja, bisa berupa jam dinding, jam tangan, atau jam yang yang bisa dilihat melalui smartphone. Tentu saja hal ini sama sekali bukan masalah, karena justru kecanggihan teknologi memudahkan aktivitas sehari-hari kita.
ciri ciri pohon bunga waru
Sumber: cdns.klimg.com
Lalu bagaimana bisa bunga pohon waru memberikan manfaat sebagai jam biologi? Di atas telah dijelaskan bahwa warna utama dari bunga waru adalah kuning dengan pusat berwarna merah.

Warna ini hanya akan Anda lihat saat pagi hingga siang hari saja. Apa yang terjadi pada bunga ini saat memasuki waktu sore hari hingga malam hari? Jawabannya adalah warna bunga pohon waru akan berubah, yaitu menjadi lebih tua atau lebih tepatnya kemerahan. Hal ini memang nyata terjadi, bisa Anda buktikan sendiri dengan mengamatinya langsung.
ciri ciri pohon bunga waru
Sumber: 4.bp.blogspot.com
Hari literasi yang ada, bunga pada pohon waru tidak hanya berubah menjadi kemerahan saat sore atau malam hari datang saja. Namun proses ini akan diikuti dengan gugurnya bunga itu sendiri. Jadi, jika disimpulkan bunga dari pohon waru berwarna kuning, menjelang sore hingga malam berubah menjadi kemerahan, dan pada akhirnya akan gugur begitu saja.

Itulah informasi tentang bunga pohon baru dan alasan mengapa bagian dari pohon waru ini bisa dimanfaatkan sebagai jam biologi. Jika Anda tersesat dan rupanya tidak memiliki informasi terkait jam saat itu, memang bisa dilihat langsung langit. Namun berubahnya warna pada bunga waru juga bisa anda manfaatkan untuk mencari informasi waktu.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Bisa Menunjukkan Waktu, Ini Keunikan Bunga Pohon Waru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel