Artikel Pilihan

Ternyata, Ini Bentuk dan Fungsi Akar Pohon Waru

Karena bentuk dan karakteristik akar pohon waru, pohon ini cukup disenangi dan memiliki nilai lebih dibanding pohon lain. Seperti apa bentuk akarnya dan apa yang membuatnya lebih disenangi dibanding pohon lain segera Anda ketahui. Dalam bahasan ini pula Anda juga akan mengetahui apa saja fungsi dari akar pohon waru. 

ciri ciri pohon akar waru

Mungkin sebelumnya Anda sama sekali tidak mengetahui bahwa akar dari pohon yang asli dari Afro Eurasia ini memiliki manfaat. Sejauh ini memang manfaatnya tidak terlalu banyak, namun tetap memiliki nilai lebih karena bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan. Sebelum menyebutkan apa saja manfaat akar pohon waru, ketahui bagai bentuk dan karakteristiknya.


Bentuk dan Karakteristik Akar Pohon Waru

Bentuk dari akar pohon waru adalah tunggang. Jika Anda belum mengetahui apa saja bentuk akar pohon, maka mulai sekarang ketahuilah bahwa jenis akar ada serabut dan tunggang. Akar serabut biasa dimiliki tumbuhan yang tidak berkayu batangnya, sedangkan akar tunggang dimiliki pohon yang berkayu serta bisa tumbuh besar.
ciri ciri pohon akar waru
Sumber: googleusercontent.com
Karena pohon waru memiliki akar tunggang, maka wajar saja jika pohon ini bisa tumbuh hingga besar dan tingginya mencapai belasan meter. Akar pohon waru bisa membuat pohonnya yang berada di tepi pantai bisa tetap berdiri kokoh meskipun diterpa angin dan ombak.

Ada sesuatu dari akar pohon waru yang membuatnya lebih disenangi. Akar waru memang berupa akar tunggang yang bisa menjalar kemana-mana. Namun pertumbuhan dari akar waru ini tidak terlalu dalam. Karena hal ini bangunan apapun yang berada di sekitar pohon waru dijamin tidak akan rusak jika pohon ini semakin besar. 

Sama halnya jika pohon waru ini berada di pinggir jalan raya. Aspal pembuat jalan tidak akan retak atau pecah seiring semakin besarnya pohon waru yang ada di tepinya. Alasannya sama, yaitu karena akar dari pohon ini tidak tumbuh terlalu dalam.

Hal ini juga biasa dimanfaatkan mereka yang mencari pohon perindang di halaman rumah atau kebun. Memang benar ada banyak sekali pilihan pohon yang bisa dimanfaatkan untuk perindang atau penyejuk. Namun untuk kebutuhan pohon yang benar-benar besar, biasa dipilih pohon waru karena tidak akan merusak bangunan rumah.


Fungsi Akar Pohon Waru

Setelah mengetahui karakteristiknya, alasan mengapa pohon ini lebih disukai, Anda juga perlu mengetahui apa fungsi yang bisa diambil dari akar pohon ini. Berikut beberapa fungsi yang bisa diambil.
ciri ciri pohon akar waru
Sumber: tokopedia.net


1. Mengatasi Sakit Demam

Salah satu fungsinya adalah untuk mengatasi sakit demam. Jangan sangka fungsi ini bisa diambil dengan langsung mengambil akar tersebut dan memprosesnya mentah-mentah. Fungsi dari akar Waru ini biasa diambil oleh industri yang memproduksi obat sakit demam. 

Baca Juga :

Akar Waru akan diproses sedemikian rupa dan ditambah dengan berbagai senyawa dan campuran untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut. Juga diperlukan peralatan laboratorium yang hanya ada di industri pembuat obat ini.

Suatu saat mungkin dari akar Waru langsung bisa diambil manfaatnya tanpa perlu proses yang ribet. Hanya saja sejauh ini memang belum ada penelitian atau literasi lebih lanjut untuk bisa melakukan hal ini.

2. Mengatasi Terlambat Haid

Fungsi akar pohon waru selanjutnya adalah untuk mengatasi terlambat haid atau menstruasi. Cara mendapatkan manfaat ini sama dengan cara mendapatkan manfaat sebelumnya. Yaitu akan diperlukan peralatan laboratorium di industri dan diambil manfaatnya dengan proses tertentu. 

Di Indonesia sudah cukup banyak Industri atau perusahaan yang memproduksi obat terlambat menstruasi. Beberapa atau bahkan semua industri ini, telah menambahkan kandungan dari akar waru untuk bisa mendapatkan khasiatnya.

Itulah beberapa informasi mengenai karakteristik bentuk dan fungsi dari akar pohon waru. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ternyata, Ini Bentuk dan Fungsi Akar Pohon Waru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel