Artikel Pilihan

Hal yang Harus Anda Persiapkan Kalau Ingin Menanam Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara
Bibit pohon bidara merupakan salah satu tanaman yang paling laku di pasar offline maupun pasar online. Orang menanam bibit pohon bidara karena beberapa alasan, diantaranya adalah hobi dan mengambil manfaat yang bisa dihasilkan oleh tanaman ini. Tanaman yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat.

Daun dan bibit pohon bidara bisa mencegah berbagai penyakit yang berbahaya semisal penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke. Selain itu, tanaman ini juga bisa menyembuhkan masalah pencernaan dan masalah kulit. Bila anda tertarik untuk menanam pohon bidara karena ingin mendapatkan manfaatnya, ada beberapa hal yang harus anda siapkan. 

Cara Menanam Bibit Pohon Bidara 

1. Pot 

Setiap tanaman membutuhkan tempat untuk tumbuh, begitu juga dengan bibit pohon bidara. Kalau anda tinggal di kota yang penuh dengan gedung dan lahan yang sempit, anda bisa menanamnya di pot. 

Pilih pot yang besar dan kuat agar bisa menampung pohon bidara yang tumbuh tinggi. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 15 meter. Anda bisa membeli pot dengan bentuk persegi agar lebih kuat menahan tubuh tanaman ini. 

2. Tanah 

Tanah merupakan media hampir seluruh jenis media tanaman untuk tumbuh. Jangan asal mengambil tanah yang berada di lahan kosong karena belum tentu bibit pohon bidara cocok dengan tahan tersebut. 

Anda harus membeli tanah yang memang diperuntukkan untuk tanaman dan sudah memiliki mineral yang bisa membantu pertumbuhan tanaman. Kalau anda bingung, cobalah mencari tanah di toko yang menjual tanaman. Biasanya toko seperti ini telah menyediakan tanah khusus tanaman. Harganya juga terjangkau. 

3. Pupuk 

Agar bibit pohon bidara tumbuh menjadi tanaman yang sehat, dengan daun yang lebat dan buah yang berkualitas, anda harus memberikan nutrisi yang tepat. Anda bisa memenuhi nutrisi pohon ini dengan memberikan pupuk. 

Ada banyak jenis pupuk yang fungsinya berbeda-beda dan hanya cocok untuk tanaman tertentu. Anda harus belajar dan memilih jenis pupuk yang cocok untuk pohon bidara. Tanaman ini membutuhkan pupuk dengan mineral fosfor dan nitrogen. 

4. Lahan yang Cocok 

Meski sudah memiliki pot, anda tetap harus menyiapkan tempat menyimpan pohon bidara. Anda tidak mungkin membiarkan bibit pohon bidara yang sudah anda tanam di pinggir jalan atau di dalam ruangan. 

Pohon bidara merupakan tanaman yang berasal dari daerah yang kering sehingga tanaman yang satu ini harus sering terkena sinar matahari, makanya siapkan sebuah tempat yang selalu dilewati sinar matahari. Bila meletakkannya di dalam ruangan, bibit pohon bidara tidak akan tumbuh. 

5. Memilih Bibit yang Berkualitas 

Kalau anda sudah mempersiapkan media tanam, tempat peletakannya, dan pupuk, artinya anda siap untuk membeli bibit pohon bidara. Pilih bibit yang berkualitas agar menghasilkan pohon yang sehat pula. 

Cara memperhatikan bibit yang berkualitas sangat gampang, anda hanya perlu melihat pohon yang menumbuhkan bibit ini. Perhatikan bagian daun yang tidak ada bekas gigitan ulat, bagian batang yang tegak lurus dan kuat, bagian akar yang kuat dan terlihat muncul sampai ke bagian permukaan tanah, dan bagian buah yang segar dan memiliki warna yang cerah. 

6. Proses Penyiraman 

Anda juga harus mempersiapkan proses penyiraman untuk bibit pohon bidara ini. Anda bisa membeli alat penyiram tanaman agar memudahkan anda ketika melakukan proses ini. 

Kalau anda memiliki uang lebih, anda bisa membeli penyiraman tanaman otomatis agar tidak mengganggu aktivitas anda yang lain. Bila belum memiliki cukup uang, anda juga bisa menyiram dengan menggunakan barang seadanya. 

7. Belajar Cara Menanam 

Terakhir, hal yang harus anda persiapkan adalah kemampuan diri untuk menanam bibit pohon bidara. Meskipun dikatakan oleh orang-orang bahwa menanam bibit tanaman ini sangat mudah. Namun, tetap saja anda membutuhkan keahlian khusus. 

Cara Menanam Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: agrobibittanaman.com
Cara menanam bibit pohon bidara sangat mudah. Ada beberapa peralatan dan bahan yang harus anda sediakan terlebih dahulu. Siapkan bawang merah, ember, tisu, air, dan tanah, serta pot. Menanam bibit tanaman ini juga membutuhkan waktu yang lama sehingga anda harus bersabar. 

Pertama, siapkan bibit pohon bidara dan bawang merah. Letakkan bibitnya dan bawang merah di dalam ember yang berisi air. Biarkan selama semalam agar mendapatkan bibit yang lebih berkualitas. Proses ini akan membuat bibit tumbuh dengan lebih subur. 

Kedua, angkat bibit pohon bidara bila sudah direndam semalaman bersama dengan bawang merah. Kemudian taruh di atas tisu basah dan lapiskan lagi dengan tisu basah yang lain. Proses ini akan menumbuhkan akar dari bibit tersebut. Namun membutuhkan waktu yang lama, sekitar 1 minggu sampai 2 minggu. 

Kalau sudah tumbuh akarnya, anda bisa memindahkan bibit tersebut ke dalam pot yang sudah berisi tanah. Saat akan menanam bibit pohon bidara ke dalam tanah, pastikan kalau akar yang sudah tumbuh itu menghadap ke bawah tanah. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: pertanianku.com
Apakah anda sudah mempersiapkan segala hal yang telah dibahas di atas? Kalau belum, sebaiknya anda segera bergegas agar bibit pohon bidara segera tumbuh menghasilkan buah bidara yang segar.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Harus Anda Persiapkan Kalau Ingin Menanam Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel