Artikel Pilihan

Siapa Sangka, Fungsi Daun Pohon Waru Untuk Kecantikan Ini Bisa Diandalkan

Ada beberapa fungsi daun pohon waru yang sebaiknya segera anda ketahui. Terlebih untuk Anda yang memang berencana untuk membudidayakan pohon ini, mengetahui fungsinya akan memaksimalkan aktivitas budidaya itu sendiri. Juga berlaku untuk Anda yang belum berencana membudidayakan pohon ini. Karena dengan mengerti apa saja fungsi daun pohon waru sama saja anda telah menambah wawasan.

ciri ciri pohon daun waru

Barangkali di masa depan Anda sedang mencari manfaat tertentu, yang mana ternyata bisa didapatkan dari daun pohon waru.

Fungsi Daun Pohon Waru

Fungsi daun pohon waru bisa berupa fungsi untuk dunia kesehatan, kecantikan, dan ilmu lainnya. Berikut satu per satu fungsinya.


1. Untuk Obat Radang Sendi

Radang sendi adalah keadaan yang sangat mengganggu. Masalah kesehatan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki beberapa gejala umum. Adapun gejala yang dirasakan Biasanya berupa pembengkakan, nyeri sendi, dan terasa kaku pada sendi. Apabila tidak segera diobati maka fungsi sendi itu sendiri akan menurun.

ciri ciri pohon daun waru
Sumber: wikimedia.org
Industri yang memproduksi obat untuk radang sendi telah memanfaatkan daun dari pohon waru. Alasan mengapa fungsi daun pohon waru untuk obat seperti ini adalah karena daunnya mengandung senyawa alkaloid. Sedangkan senyawa ini bisa bekerja sebagai antispasmodik dan memberikan efek analgesik, yang mana dibutuhkan dalam obat radang sendi.

2. Untuk Obat Kanker

Memang benar sejauh ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan kanker secara spesifik. Kamu tetap ada ramuan yang bisa menyusun sebuah obat untuk meminimalisir kanker. Dari berbagai ramuan yang ada, beberapa di antaranya menggunakan daun pohon waru.

Alasannya adalah karena fungsi daun pohon waru memberikan saponin, alkaloid, dan tanin. Hanya itu saja, ada kandungan dari pohon Waru yang sifatnya antioksidan. Sedangkan antioksidan sendiri adalah senyawa yang bekerja untuk membersihkan tubuh dari paparan radikal bebas yang mana menyebabkan kanker.

3. Obat Terkilir

Fungsi daun pohon waru kali ini erat kaitannya dengan ramuan tradisional. Memang sudah ada industri yang memproduksi obat untuk terkilir menggunakan kandungan dari daun waru. Namun bagi masyarakat tradisional, daun pohon Waru jika Dibalurkan di bagian tubuh yang terkilir akan cepat sembuhnya.

Baca Juga :


4. Untuk Obat Gonore

Fungsi daun pohon waru selanjutnya adalah untuk menindaklanjuti penyakit alat genital. Penyakit alat genital yang bisa disembuhkan oleh kandungan dalam daun pohon Waru adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
ciri ciri pohon daun waru
Sumber: googlegroups.com
Pada kandungan dari daun pohon Waru yang sifatnya antibakteri dan disertai dengan senyawa lain yang membantu memberikan manfaat ini. Penyakit tersebut adalah gonore, sebuah penyakit yang bisa membuat ketidak suburan jika tidak segera ditindaklanjuti.


5. Untuk Obat Flu yang Disertai Batuk

Pada keadaan dimana flu disertai dengan batuk, dan sayangnya kondisi ini sering ditemui. Cukup wajar, karena memang penyebab dari kondisi kesehatan ini sangatlah banyak. Terlepas dari apapun sebabnya, untung saja salah satu fungsi daun pohon Waru adalah untuk menyembuhkan kondisi ini, flu yang disertai batuk.


Cara Mengambil Manfaat Dari Daun Pohon Waru

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari daun pohon waru, mungkin Anda juga penasaran bagaimana cara mengambil fungsi tersebut. Jawabannya ternyata bervariasi tergantung fungsi yang ingin didapatkan.

Untuk mendapatkan fungsi tertentu daun waru perlu di remas atau dihaluskan dan dibalurkan ke bagian tubuh tertentu. Ada juga cara lain untuk mendapatkan fungsinya dengan cara merebus daun pohon waru itu sendiri dan diminum.

Itu baru cara-cara yang bisa diambil untuk mendapatkan fungsi tradisional. Untuk pemrosesan yang lebih modern tentu saja dilakukan oleh industri pembuat obat. Mereka akan menggunakan peralatan laboratorium dan proses yang hanya bisa dilakukan di dalam industri untuk bisa mendapatkan fungsi-fungsi di atas. Namun itu pun hanya untuk mendapatkan beberapa fungsi yang telah disebutkan di atas.

Anda telah mengetahui berbagai fungsi daun pohon waru dan sedikit mengenai bagaimana cara mendapatkan fungsi tersebut. Selanjutnya bisa anda lakukan sendiri yang bisa dilakukan, yaitu cara tradisional yang telah dijelaskan di atas. Namun untuk fungsi yang hanya bisa didapatkan oleh cara modern, cukup percayakan saja pada industri obat yang memproduksinya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Siapa Sangka, Fungsi Daun Pohon Waru Untuk Kecantikan Ini Bisa Diandalkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel