Artikel Pilihan

Ini yang Harus Disiapkan Ketika ingin Mencangkok Pohon Ketapang

Proses penanaman pohon ketapang diawali dari pemilihan bibit. Dalam memilih bibit ada banyak metode yang digunakan. Salah satunya adalah metode pencangkokan. Metode pencangkokan pohon ketapang pada umumnya hampir sama dengan mencangkok pohon lainnya.

Namun ada beberapa ketentuan yang harus kita ikuti agar proses pencangkokan ini berjalan dengan maksimal. Untuk itu, disini kamu akan memberikan tips dan cara bagaimana memulai proses pencangkokan pada pohon ketapang. Karena proses pencangkokan pohon ini perlu dilakukan perlakuan khusus.

Baca juga : Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan

Pencangkokan Pohon Ketapang

Memilih Batang

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Sebelum kita memulai proses pencangkokan pohon ketapang maka kita harus memilih batang pohon ketapang. Dalam memilih batang pohon ketapang ada ketentuan khusus diantaranya :

1. Pilihlah Batang yang paling baik diantara batang lainnya. Pohon ketapang merupakan pohon bercabang. Diantara banyak cabang ini anda perlu memilih batang pohon yang terbaik.




2. Pilihlah yang lurus, agar memudahkan proses pencangkokan maka pilihlah pohon yang memiliki bentuk lurus. Hal ini agar pohon ketapang yang ditanam nantinya memiliki bentuk yang bagus juga.

3. Pilihlah batang yang banyak buahnya, seperti kita tahu bahwa teori pencangkokan adalah mengikuti sifat dari pohon induknya, maka pilihan anda sangat menentukan hasil tanaman nantinya. Sebaiknya pilihlah batang pohon ketapang yang memiliki buah banyak agar ketika ditanam pun pohon ketapang jadi ikut berbuah.

4. Pilih yang banyak kambiumnya, kambium adalah zat pengisi yang ada di batang. Sebagai pohon yang berkambium tentunya akan mudah jika dipilih yang kandungan kambiumnya tinggi. Hal ini akan mempercepat proses pertumbuhan akar.

Menyiapkan Media Tanah

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: menanam.com
Cara memilih tanahnya pun tidak sembarangan, kita perlu menentukan tanah yang baik untuk proses ini yaitu:

1. Tanah bebas polusi, artinya tanah tidak mengandung sampah, baik itu sampah plastik ataupun sampah daun. Bahkan anda harus benar-benar menyaringnya agar sampah yang berukuran kecil pun tidak ikut terbawa ke dalamnya.

2. PH tanah harus netral, tanah merupakan zat yang tingkat keasamannya bisa berbeda-beda. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas dari pohon ketapang. Sebelum memulai pencangkokan, pilihlah tanah yang pH nya 7 atau mendekati. Karena jika pH nya terlalu asam atau basa maka pohon jadi gagal.

3. Saring tanah hingga gembur, dalam memulai prosesnya, tanah harus disaring sampai benar-benar gembur. Hal ini akan memudahkan akar pohon ketapang untuk tumbuh. Dengan tanah yang gembur nantinya akan mempercepat proses pencangkokan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menanam Pohon Ketapang Di Area Rumah

Menyiapkan Sarana Penunjang

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: bibitbunga.com
Sarana penunjang dalam proses pencangkokan antara lain :

1. Plastik, sebaiknya pilihlah plastik yang tidak terlalu tipis hal ini akan merusak bentuk dari cangkokan. Pilihlah plastik yang tebal agar kuat dari gesekan dan gangguan alam. Selain itu, pilihlah plastik yang transparan sebaiknya. Agar progress dari akar bisa dilihat dengan jelas.

2. Sabut kelapa, pilihlah sabut kelapa yang memiliki serat agak banyak agar mampu ditembus oleh akar. Pemilihan sabut kelapa ini opsional, artinya anda bisa menggunakannya atau tidak. Sebenarnya dengan plastik saja pun tetap bisa dilakukan proses pencangkokan pohon ketapang . Namun agar makin berkualitas maka pakai sabut kelapa bisa jadi pilihan.

3. Tali, benda ini digunakan untuk mengikat plastik yang berisi tanah. Pilihlah tali yang terbuat dari bahan kuat seperti ijuk. Bahan yang kuat ini mempengaruhi hasil ikatan. Dengan begitu ketika ada gangguan, tanah tidak mudah keluar dari bungkusan.




3. Air, pastikan anda menggunakan air bersih yang cukup dalam menyiram pohon ketapang yang dicangkok ini. Dengan air yang cukup maka akar jadi makin cepat tumbuh. Namun pemberian air jangan terlalu sering. Hal ini justru membuat tanaman jadi busuk. Kiranya memberi air cukup membuat tanah menjadi gembur.

Persiapan diatas perlu dilakukan agar proses pencangkokan pohon ketapang bisa berjalan dengan baik. Hal-hal seperti diatas meskipun sepele namun mampu memberikan efek terhadap keberhasilan pencangkokan. Proses mencangkok pohon ketapang memang cukup sulit. Dalam mencangkoknya anda perlu menunggu beberapa minggu bahkan bulan sampai akar dari pohon keliatan. Jika sudah kelihatan maka tinggal dipangkas dan ditanam di tempat yang sesuai.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Ini yang Harus Disiapkan Ketika ingin Mencangkok Pohon Ketapang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel