Artikel Pilihan

Kelebihan dan Kekurangan Menanam Pohon Ketapang Di Area Rumah

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Pohon ketapang menjadi salah satu jenis pohon yang direkomendasikan sebagai pohon peneduh yang cocok ditanam di halaman rumah. Rantingnya yang menjalar lebar dan daunnya yang rimbun memang membuat area di sekitarnya menjadi sejuk dan teduh. Apalagi jika ditempatkan di halaman rumah akan membuat suasana rumah jadi lebih asri.

Akan tetapi penting untuk diketahui jika pohon ketapang tumbuh sangat besar, jika ditempatkan di halaman rumah yang mungil tentunya tidak akan cocok. Jadi jika anda ingin menanam pohon ketapang di rumah, akan lebih baik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan menanam pohon ketapang di halaman rumah anda.

Kelebihan Menanam Pohon Ketapang

1. Daun Yang Rimbun

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, daun pohon ketapang memiliki bentuk oval mirip seperti telur yang memanjang. Ukurannya bisa mencapai panjang 38 cm dan lebarnya 19cm saat mencapai usia dewasa. Jarak antar daun satu sama lainnya di dalam satu ranting sangatlah rapat. Sulit untuk terik sinar matahari dapat menembus kerapatan daun pohon. Sehingga membuat pohon tampak rimbun begitu pula daerah yang ada di bawahnya.




2. Tajuknya Rindang

Pohon ketapang mempunyai cabang yang menyebar horisontal ke berbagai arah. Sangat jarang dalam pohon ketapang ditemukan cabnag yang bentuknya naik atau turun. Tajuknya cenderung bertingkat-tingkat, diatas satu cabang akan ada sedikit jarak sebelum cabang ranting lainnya tumbuh secara mendatar. Jika dilihat dari kejauhan, akan tampak mirip seperti bangunan pagoda. Apalagi dikombinasikan dengan daun nya yang berukuran besar serta rapat sehingga area di bawahnya akan sangat rindang dan terlindung dari terik matahari.

Baca juga : Setelah Pertumbuhan Sempurna, Berapa Tinggi Pohon Ketapang?

3. Tumbuh Dengan Sangat Cepat

Waktu yang dibutuhkan pohon ini agar dapat tumbuh hingga cukup rimbun sangatlah cepat. Dari bibit dengan tinggi 1 meter, dibutuhkan waktu 2-3 tahun saja agar tingginya mencapai 4-5 meter. Dengan waktu yang sangat cepat ini tentunya membuat anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk membuat area rumah menjadi rindang

4. Sangat Minim Perawatan

Menanam pohon ketapang juga memiliki kelebihan tersendiri karena perawatannya yang terbilang sangat minim. Selama diguyur air hujan, maka pohon ketapang bisa tumbuh dengan subur. Bahkan ketika ditanam pada tanah yang sebelumnya dipadatkan bersama puing-puing bangunan, pohon ketapang dapat tetap tumbuh dengan baik.

Mengingat pohon ketapang ini merupakan salah satu jenis tanaman yang sering ditemukan di tepi pantai yang mana kandungan unsur haranya cukup sedikit maka tidak mengherankan jika tanaman ini bisa tumbuh subur dimanapun. Anda pun juga tak perlu kerepotan untuk mengurusnya. Tak heran pula jika tanaman ini sering ditanam untuk peneduh jalan.

Kekurangan Menanam Pohon Ketapang

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, siapa sangka ada beberapa kekurangan lainnya yang membuat pohon ketapang jadi terasa menjengkelkan. apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga : Di Mana Habitat Pohon Ketapang untuk Pertumbuhan Optimal ?

1. Daun Pohon Cepat Rontok

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com
Pohon ini meluruhkan daun-daunnya, setidaknya 2 kali dalam setahun. Dan dalam sekali meluruh bisa dibayangkan sendiri betapa banyaknya daun-daun berukuran lebar yang akan mengotori halaman rumah anda. Bahkan menggunakan sapu lidi sekalipun akan sulit untuk membersihkan tumpukan daun ketapang sekaligus.

2. Pohonnya Yang Dapat Mencapai Tinggi 40 Meter

Jika hanya ditanam di jalan trotoar saja, mungkin ini tidak akan menjadi masalah. Namun apa jadinya jika ditempatkan di kawasan perumahan. Pohon yang tingginya 10-15 meter saja kadang terasa menyulitkan. Apalagi ada banyak kabel listrik atau telepon yang biasanya berlalu lalang dan tentunya ini akan sangat membahayakan. Akan tetapi ini masih bisa diatasi dengan memangkas pohon ketapang secara rutin sehingga rapi dan tidak bertambah besar.

3. Akar Pohon Dewasa Bisa Merusak





Ukuran akar pohon memang akan menyesuaikan dengan usia pohon. Semakin tua dan besar sebuah batang pohon tentunya akan semakin besar pula akar yang dimilikinya. Bahkan konon ukuran akar pohon ketapang ada yang bisa mencapai 3 m.

Tentunya akan sebesar ini dapat merusak dinding atau bangunan terdekat. Karena itulah ketika akan menanam pohon ketapang di area perumahan pastikan untuk memberikannya cukup ruang untuk pertumbuhan. Jangan menempatkannya dalam taman kecil yang dibatasi saluran air dan tembok yang malah akan membahayakan.

Itulah beberapa informasi terkait kelebihan dan kekurangan ketika menanam pohon ketapang di area rumah kita. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Menanam Pohon Ketapang Di Area Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel