Artikel Pilihan

Apakah Perbedaan Pohon Ketapang Kencana dan Lainnya?

Salah satu jenis ketapang adalah pohon ketapang kencana. Rupanya jenis ini cukup berbeda dengan banyak jenis ketapang lainnya. Namun justru perbedaannya inilah yang menjadi daya tarik untuk calon pembudidaya tumbuhan.

ciri ciri pohon ketapang kencana

Sejauh ini cukup banyak orang yang tak mengira pohon ketapang kencana adalah salah satu jenis ketapang saat pertama kali melihatnya. Sebab, memang daun, tinggi, dan karakteristik pohonnya secara umum kurang bisa dideskripsikan sebagai ketapang, yang mana biasanya ada sebagai pohon yang tinggi, sangat rindang, dan memiliki daun yang lebar.


Perbedaan Pohon Ketapang Kencana dengan Jenis Lainnya

Pada bahasan ini Anda akan diajak berkenalan lebih lanjut dengan pohon ketapang kencana. Untuk lebih mudah memahaminya, akan disajikan apa saja perbedaan antara jenis ketapang kencana dengan jenis ketapang lain pada umumnya. Langsung saja, berikut beberapa perbedaan jenis kencana dengan jenis lainnya.

1. Tajuk

Tajuk atau cabang dari pohon ketapang kencana benar-benar terkesan sangat rapi dan tersusun. Sebab, tajuknya berbentuk mendatar dan berlapis-lapis. Sangat berbeda dengan ketapang pada umumnya yang ada di pinggir jalan raya atau tepi pantai, dahannya tumbuh secara random dan tak membentuk pola apapun.

2. Ukuran Daun

Daun dari pohon ketapang kencana juga cukup berbeda dengan ketapang pada umumnya. Banyak jenis ketapang lainnya memiliki karakteristik daun yang lebar. Tidak sekedar ‘lebar’ saja, lebarnya biasa mencapai 15 sentimeter dan panjangnya bisa mencapai 20 sampai 30 sentimeter. Namun tidak untuk jenis kencana ini, daunnya kecil-kecil dan sangat banyak selisihnya dengan daun ketapang jenis lainnya.

Baca Juga :

3. Asal

Asal dari pohon ketapang kencana ini juga cukup berbeda dengan jenis lainnya. Malahan, dengan yang lainnya asal ketapang ini cukup jauh dengan jenis lainnya. Kebanyakan jenis ketapang berasal dari Asia Tenggara, ada juga yang dari benua Afrika bagian barat. Sedangkan ketapang jenis kencana asal aslinya adalah dari Pulau Madagaskar, salah satu pulau yang termasuk dalam benua Afrika.
Ciri Ciri Pohon Ketapang Kencana
Sumber: nurmalaflora.com
Endemik dari daerah tersebut, tidak sulit untuk menemukan ketapang kencana di daerah tersebut. Di daerah ini pula, tumbuhan ini  bisa hidup secara alami, tanpa bantuan manusia. Apalagi jika ada yang membudidayakannya di sana, pastilah menjadi proses budidaya yang tak sulit.


4. Pembawaan Tumbuhan

Tumbuhan ketapang lain biasa memiliki pembawaan atau kesan sejuk, rindang, dan teduh. Maka dari itu, ketapang pada umumnya biasa digunakan untuk peneduh di halaman rumah, peneduh bangunan-bangunan di pinggir jalan, hingga peneduh jalan raya untuk pengguna jalan raya itu sendiri. Namun tidak untuk jenis ini, pohon ketapang kencana justru memiliki kesan yang gersang. Sebanyak apapun daunnya dan setinggi apapun tingginya, pohon ini tetap memberikan kesan gersang. Meski begitu, apakah hal ini membuat ketapang jenis kencana ini menjadi tidak disukai orang? justru dengan kesannya yang berbeda dengan yang lain inilah yang menjadi daya tariknya.

Mereka yang ingin menghias halaman rumah model minimalis biasa lebih memilih jenis ketapang ini dibanding ketapang yang memberikan kesan sangat rindang. Sebab, ketapang ini tetap bisa membuat rindang apa saja yang ada disekitarnya namun tetap terkesan praktis dan ringkas, cocok untuk halaman rumah yang sempit.

5. Permukaan Daun

Permukaan daun ini cukup mirip dengan jenis ketapang lainnya, namun tetap ada perbedaan diantaranya. Warnanya memang hijau, sama seperti ketapang lainnya. Namun saat dilihat daunnya akan tampak glossy dan terkesan akan terasa licin saat diraba. Padahal saat diraba, daun ini akan terasa kasar. Lebih singkatnya adalah daun ini terlihat licin namun kasar ketika diraba.

6. Panjang Bentangan Ranting

Dibanding dengan jenis ketapang lain, ranting dari jenis kencana ini lebih bisa membentang luas. Panjang dari rantingnya bisa terus tumbuh hingga sepanjang empat meter. Bukan hanya tumbuh saja, tumbuhnya ranting panjang ini juga disertai dengan pertumbuhan daun yang tetap baik-baik saja.

Pohon ketapang kencana memang cukup unik dan berbeda dengan jenis lainnya. Anda yang mencari tanaman dengan ciri di atas sudah tahu harus menanam apa. Mudah saja, jika Anda tertarik Anda bisa langsung membeli bibitnya dan memindahkannya ke halaman langsung atau pot. 

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Apakah Perbedaan Pohon Ketapang Kencana dan Lainnya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel