Artikel Pilihan

Selain Outdoor, Pohon Ketapang Indoor dan Bonsai Kini Banyak Dibudidayakan

Pohon ketapang indoor maksudnya adalah pohon ketapang yang diletakkan di dalam rumah dan dijadikan tanaman hias. Hanya ada satu jenis ketapang saja yang paling sering dipilih untuk dijadikan tanaman hias, yaitu pohon ketapang indoor kencana.

Jenis ini memiliki daun yang kecil-kecil dan bisa dikontrol pertumbuhannya, sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias bukan pohon perindang. Malahan, jenis ketapang ini sering dijadikan tanaman hias bonsai.

Tanaman yang di model bonsai pernah nge-tren beberapa waktu yang lalu. Terlepas dari nge-tren tidaknya saat ini, tanaman hias yang dibentuk bonsai tak pernah membosankan. Tetap cantik saat dilihat, mudah untuk dirawat, bahkan bisa diletakkan di berbagai sudut rumah.

Apakah Pohon Ketapang Bisa Dibonsai?

Anda yang masih awam mungkin telah mempertanyakan hal ini, apakah pohon ketapang indoor bisa dibonsai? Jawabannya adalah bisa. Ketapang tak melulu soal pohon yang bisa tumbuh dan besar, ditanam di pinggir jalan raya atau halaman rumah untuk peneduh saja. Ada beberapa jenis pohon ketapang indoor yang memang cocok untuk dijadikan bonsai.

ciri ciri pohon ketapang bonsai

Tidak sulit untuk membuat bonsai dari ketapang, nantinya Anda akan membuktikannya sendiri. Selain mudah, bibit untuk pohon ketapang indoor yang akan dijadikan bonsai ini cukup murah. Tak seperti tanaman-tanaman calon bonsai lain yang biasa dijual dengan harga mahal.

Alasan mengapa ada jenis ketapang yang bisa dijadikan bonsai adalah karena karakteristik tumbuhan itu sendiri. Namun sebelumnya perlu Anda ketahui dulu jenis ketapang apa yang bisa dijadikan bonsai. Jenis pohon ketapang indoor yang dimaksud disini adalah ketapang kencana.

Baca Juga :

Ketapang kencana akan Anda budidayakan dan dirawat menjadi bonsai. Daunnya kecil-kecil, mirip dengan tanaman bonsai pada umumnya. Batangnya pun juga fleksibel, membuatnya semakin mudah dirawat dan dibentuk.

Cara Membonsai Pohon Ketapang

Mungkin saat ini juga Anda sudah tertarik untuk membonsai pohon ketapang indoor. Tidak masalah, memang membonsai ketapang kedengarannya menarik. Murah, mudah, tidak sulit untuk membonsainya. Supaya Anda bisa langsung membonsainya maka simak langkahnya berikut.

Ada tiga cara untuk membonsai pohon ketapang indoor kencana. Bisa Anda pilih mana yang paling mudah atau mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

1. Membonsai Dengan Semai Biji

Membonsai ketapang dengan semai biji adalah cara yang paling tidak membutuhkan biaya. Memang benar masih dibutuhkan beberapa benda yang harus dibeli, namun biaya yang diperlukan tidaklah sebanyak cara-cara selanjutnya.

Cara ini mengharuskan Anda memiliki biji ketapang kencana terlebih dahulu. Pendam biji tersebut ke dalam tanah dan tunggu sampai berkecambah. Setelah berkecambah barulah dipindah ke polybag. Tunggu tanaman yang di polybag ini siap untuk di bonsai. Setelah siap, pindahkan ke pot artistik yang Anda inginkan dan mulai bonsai.

2. Membonsai Dengan Beli Bibit

Jika Anda tak sabar untuk membonsai, bisa dengan cara membeli bibitnya saja. Tidak sulit untuk menemukan bibit bonsai ketapang di toko atau pasar tanaman. Setelah beli, pindah bibit tersebut ke pot yang diinginkan dan mulailah membonsai.

3. Membonsai Dengan Cangkok

Cara ini lebih hemat dibanding cara kedua, namun membutuhkan proses yang agak rumit. Cara ini banyak dipilih oleh mereka yang sebelumnya telah memiliki bonsai kencana, namun sudah tak memungkinkan dibentuk bonsai.
ciri ciri pohon ketapang bonsai
Sumber: shopee.co.id
Cara membonsai dengan mencangkok sama dengan cara mencangkok tanaman pada umumnya. Pilih dahan pohon ketapang kencana yang terbaik, kemudian tanam. Tunggu beberapa minggu atau bulan sampai mengeluarkan akar. Jika sudah memungkinkan maka bentuk saja tanaman ini untuk dibonsai, hanya begitu saja.


Cara Bonsai Mana yang Akan Anda Pilih?

Baik dari cara pertama, kedua, maupun ketiga, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memilih mana yang paling memungkinkan. Jika semuanya memungkinkan, maka menjadi terserah Anda untuk ingin memilih yang mana.

Satu hal yang pasti adalah jangan lupa untuk benar-benar merawatnya setelah menjadi bonsai nanti. Sebab bisa dikatakan pohon ketapang indoor dalam keadaan bonsai perawatannya lebih rumit dibanding ketapang dalam bentuk pohon, meskipun sebenarnya tetap bisa dikatakan perawatannya mudah. 

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Selain Outdoor, Pohon Ketapang Indoor dan Bonsai Kini Banyak Dibudidayakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel