Artikel Pilihan

Pentingnya Memangkas Pohon Ketapang Di Rumah

Meskipun dikenal sebagai salah satu pohon peneduh, namun tak jarang banyak orang yang menanam pohon ketapang di halaman rumah. Sehingga area sekitar rumah menjadi teduh dan sejuk. Hanya saja sebagai pohon peneduh, pohon ketapang bisa tumbuh hingga belasan meter.

Begitu pula dengan bagian ranting dan akarnya yang bisa menjalar hingga bermeter-meter. Jika hanya ditempatkan di trotoar, mungkin ini tidak akan terlalu mengganggu. Beda halnya ketika anda menanamnya di pekarangan rumah, pohonnya yang menjulang tinggi bisa menutup area rumah.

Baca juga :Berapa Ukuran Pohon Ketapang yang Ideal?

Ranting dan akarnya yang menjalar bisa beresiko merusak bangunan rumah anda. Meskipun begitu, bukan berarti jika pohon ketapang tidak bisa ditanam di rumah. Pohon ketapang tetap dapat ditanam di area rumah, asalkan rutin dilakukan pemangkasan.




Pemangkasan pohon ketapang ini bertujuan membuat bentuk pohon terlihat rapi dan tidak tumbuh besar melebihi bangunan rumah. Sehingga masih tetap terlihat serasi dengan rumah anda. Lalu bagaimana cara memangkas pohon ketapang yang ada di rumah? Berikut ini tipsnya :

Tentukan Bagian Mana Yang Akan Dipangkas

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Sebelum ingin memangkas pohon ketapang di rumah anda, maka pertama kali yang harus anda perhatikan adalah bagian mana yang akan dipangkas.mBayangkan bentuk pohon yang anda inginkan nantinya setelah selesai memangkas. Identifikasi cabang atau dahan utama dalam pohon ketapang, yang mana berperan sebagai rangka. Hindari membuang bagian pohon tersebut karena bisa mengganggu struktur tanaman nantinya.

Pangkas Bagian Yang Rusak dan Mengganggu

Ini penting dalam proses memangkas pohon, termasuk pohon ketapang. Buang bagian dahan yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang disebabkan angin kuat maupun hal lainnya. Dahan yang patah tentu harus dipangkas sehingga aliran air dan nutrisi dapat terdistribusi ke dahan yang masih sehat.

Selain itu pangkas pula bagian dahan yang mengganggu, entah itu mengganggu jalan, rumah, membahayakan kabel telepon, menimpa atap, maupun menggantung di rumah anda. Pangkas semua dahan yang bisa menyebabkan berbagai gangguan tersebut.

Pilihan Waktu yang Tepat Untuk Memangkas

Sebenarnya tidak ada waktu yang terbaik untuk memangkas pohon, anda bisa memangkas pohon ketapang kapanpun anda inginkan. Namun akan lebih baik untuk memangkas pohon ketapang setelah daun-daun nya berguguran. Ini menunjukkan bahwa pohon sedang tidak aktif dalam beberapa kurun waktu.

Persiapkan Alat Yang Dibutuhkan

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: 8villages.com
Selanjutnya, persiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk memangkas pohon ketapang. Untuk memangkas dahan kecil, gunakan saja gunting pangkas. Dan untuk dahan yang berukuran sedang dengan diameter 2.54 cm bisa menggunakan gunting pemotong dahan yang memiliki gagang pendek atau panjang.

Sedangkan untuk dahan yang berukuran lebih besar dengan diameter 5-7 cm dapat menggunakan gergaji pohon. HIndari menggunakan gunting pangkas yang biasanya digunakan untuk tanaman perdu ketika akan memangkas pohon ketapang.

Baca juga :Di Mana Habitat Pohon Ketapang untuk Pertumbuhan Optimal ?

Setelah peralatan memangkas telah disiapkan, jangan langsung menggunakannya untuk memotong pohon ketapang. Meskipun mungkin tidak dibutuhkan pemberian desinfektan di peralatan anda jika tidak ingin memotong bagian dahan yang busuk atau terkena penyakit.

Namun akan lebih aman untuk memberikan desinfektan pada alat yang akan digunakan, bisa dengan cara mengoleskan alkohol ataupun pembersih rumah tangga lain sebelum berpindah ke dahan berikutnya. Terkadang penyebaran penyakit bisa terjadi akibat penggunaan alat pangkas yang kotor.

Mulai Lakukan Pemangkasan

Lakukan pemotongan di bagian bawah dahan. Pemotongan awal tidak wajib dilakukan di seluruh bagian dahan. Hal ini mencegah resiko terjadinya keretakan yang terlalu dekat bagian batang pohon saat dahan berat siap untuk jatuh. Pemotongan harus dilakukan di bagian sisi dahan yang dikenal sebagai pangkal dahan.




Bagian pangkal dahan merupakan bibir kecil yang berasal dari kulit kayu, dimana setiap dahan menonjol. Anda perlu membiarkan bagian pangkal dahan pohon ketapang tetap utuh. Karena itu jangan dipotong bagian dahan hingga rata seperti batang utama.

Pemangkasan ini perlu dilakukan secara rutin agar pohon ketapang tetap rapi dan tidak tumbuh terlalu besar hingga mengganggu atau bahkan merusak rumah anda nantinya. Sehingga pohon ketapang tetap membuat rumah teduh dan sejuk serta tidak terlalu panas. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Memangkas Pohon Ketapang Di Rumah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel