Artikel Pilihan

3 Metode Budidaya Pohon Ketapang Untuk Hasilkan Bibit Unggulan

Berbicara mengenai pohon ketapang, pohon ini cukup banyak dibudidayakan di Indonesia dan dikenal dengan nama ilmiah Terminalia Cattapa. Pohon ini dikenal sebagai pohon peneduh yang sering ditanam di jalanan hingga pekarangan rumah.

Namun bukan hanya sebagai pohon peneduh, pohon ketapang juga memiliki banyak manfaat mulai dari daun, biji, hingga bagian akar pohon. Jadi tak heran jika pohon ketapang ini memang banyak dibudidayakan. namun pengembangbiakkan pohon ketapang tidak bisa dilakukan otomatis, artinya hanya bisa dilakukan dengan pembibitan manual.

Sehingga nantinya bisa menghasilkan bibit yang berkualitas dan siap ditanam. dan pada artikel di bawah ini akan dibahas mengenai metode pembibitan yang bisa dilakukan untuk menghasilkan bibit yang berkualitas.




Metode Pembibitan Pohon Ketapang

Secara umum, metode pembibitan pohon ketapang bisa dilakukan dengan 3 cara seperti penjelasan di bawah ini :

1. Pembibitan Dari Biji

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Cara pembibitan pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan biji pohon ketapang. Biji ketapang bisa didapatkan dari buah ketapang yang sudah tua. Untuk menentukannya bisa dilihat dari bentuk dan warna. Biji yang siap untuk disemai adalah biji ketapang yang memang benar-benar kering, berwarna hitam kecoklatan, serta memiliki bobot yang ringan.

Baca juga : Setelah Pertumbuhan Sempurna, Berapa Tinggi Pohon Ketapang?

Untuk proses pembibitan pohon ketapang dari biji memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Untuk kelebihannya jelas dari segi biaya lebih murah mengingat biji ketapang pun bisa didapatkan gratis dari pohon ketapang. Tinggal memilih saja mana biji ketapang yang memang sudah tua. Hanya saja proses penyemaian biji ketapang ini membutuhkan waktu yang lama.

2. Pembibitan Semai

Metode lainnya yang bisa digunakan dalam membudidayakan pohon ketapang adalah pembibitan semai. Proses pembibitan semai ini adalah dengan menggunakan tanaman yang didapatkan dari hasil semaian, yang mana bisa dibeli di toko pertanian ataupun tempat pembudidayaan.

Metode pembibitan semai ini akan sangat cocok bagi pemula yang tidak ingin mengambil resiko ketika menanam pohon ketapang. Karena dengan menggunakan metode pembibitan biji, resiko gagal sangatlah besar jika tidak mengetahui trik yang benar.

Sama seperti metode pembibitan dari biji, pembibitan semai juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihannya adalah pohon ketapang lebih mudah ditanam, potensi tumbuh dewasa juga lebih besar dibandingkan dari biji serta cara yang terbilang praktis.

Namun kelemahannya adalah harga pembibitan semai terbilang cukup mahal, apalagi dibandingkan dengan pembibitan biji ketapang yang bisa dilakukan gratis.

3. Pembibitan Cangkok

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: pertanianku.com
Metode pembibitan pohon ketapang lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan cangkok. Proses pencangkokan pohon ketapang hampir mirip seperti tanaman peneduh lainnya. yaitu dengan cara menyayat sedikit bagian kulit pohon ketapang. Dan setelah itu timbun menggunakan tanah yang subur. Diamkan selama beberapa waktu hingga akarnya tumbuh, barulah kemudian batang cangkokan pohon ketapang dapat dipindahkan ke media tanah yang telah disiapkan.

Baca juga : Ingin Sukses Budidaya? Lakukan 5 Tips Merawat Pohon Ketapang Ini

Dibandingkan dengan proses pembibitan pohon ketapang lainnya, kelebihan dari metode ini adalah varietas pohon ketapang yang unggulan dan bisa mudah diturunkan pada pohon ketapang yang dicangkok. Misalnya saja jika karakteristik pohon ketapang yang akan dicangkok memiliki batang yang kuat, daun berbentuk kanopi, dan lainnya.

Maka karakteristik tersebut nantinya akan berhasil diturunkan ke anakannya. Hanya saja untuk proses cangkok mungkin akan sulit dalam hal eksekusinya, apalagi bagi anda yang belum terlalu paham mengenai proses mencangkok yang benar.

Proses mencangkok pohon ketapang tak semudah yang terlihat. Dibutuhkan teknik khusus untuk bisa menjalankan metode pembibitan ini. Jika anda sudah berpengalaman mungkin tak masalah, namun bagaimana jika anda masih pemula? Akan lebih baik untuk belajar terlebih dahulu tentang metode mencangkok sebelum melakukannya.




Selain itu kekurangan lain dari metode cangkok ini adalah prosesnya yang membutuhkan waktu lama. Bahkan resiko gagal cukup tinggi dikarenakan berbagai faktor, seperti salah teknik ataupun salah dalam memilih media tanam.

3 Metode pembibitan pohon ketapang diatas sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Ketiganya bisa anda coba untuk metode pembibitan pohon ketapang yang akan dibudidayakan. Ikuti tips dan trik metode pembibitan yang benar, sehingga hasilnya juga bisa lebih maksimal.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "3 Metode Budidaya Pohon Ketapang Untuk Hasilkan Bibit Unggulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel