Artikel Pilihan

Tips Merawat Tanaman Bougenville Agar Berbunga Lebat

Tanaman Bougenville

Merawat Tanaman Bougenville—bougenville merupakan salah satu tanaman merambat yang indah. Tanaman ini memiliki kemampuan merambat yang cepat dan dapat tumbuh dengan baik di dalam pot. Untuk bertahan hidup, bougenville membutuhkan iklim yang hangat, sinar matahari penuh, dan drainase yang baik.

Bougenville adalah tanaman asli Amerika Tengah, sebagian besar Amerika Selatan, Kepulauan Karibia, Spanyol, beberapa daerah di Amerika Serikat, dan daerah-daerah beriklim hangat lainnya. Semak cantik ini tersedia dalam banyak ragam warna, mulai dari pink, merah, lavender, ungu, oranye, kuning, pink pucat, putih, dan putih dengan ujung merah muda.

Karena kecantikannya, banyak orang berminat untuk merawat tanaman bougenville. Jika Anda salah satu dari orang-orang tersebut, simak beberapa tips merawat tanaman bougenville berikut ini.




Pertumbuhan Bougenville


Bougenville adalah salah satu tanaman yang tumbuh dengan cepat. Biasanya, pertumbuhan bougenville mencapai 36 inch per tahunnya. Cukup mengejutkan, bukan? Pertumbuhan bougenville akan terus berlanjut hingga mencapai kurang lebih 30 kaki. Namun, jika Anda tidak ingin tanaman bougenville Anda tumbuh hingga sebesar itu, Anda dapat rutin memangkasnya.

Merawat Tanaman Bougenville di Musim Semi


Ketika puncak musim semi telah berlalu, bunga bougenville masih akan mekar meski jumlah bunganya jauh lebih sedikit. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memburu hama yang biasanya memakan daun bougenville sehingga menyebabkan tanaman Anda menjadi tidak sedap dipandang.

Hama ulat bougenville yang kerap merusak tanaman berukuran kecil, hingga ketika ulat ini diam tampak seperti batang kecil atau seperti tangkai coklat kecil yang ditinggalkan bunga yang telah mekar. Terkadang ulat ini dapat terlihat menggantung dari seutas jaring kecil atau di atas sehelai daun. Panjang ulat ini berkisar 1 sampai 3 inch.

Ketika berukuran kecil ulat ini berwarna hijau, tapi yang terbesar berwarna coklat kehijauan. Ulat bougenville bukanlah jenis ulat yang akan segera menjadi kupu-kupu, sehingga Anda perlu membasminya menggunakan produk organik dan menyemprot tanaman bougenville Anda di pagi hari atau sore hari.

Baca juga : Memahami Filosofi Bunga Bougenville yang Eksotis dan Indah

Merawat Tanaman Bougenville di Musim Panas


Ketika merawat tanaman bougenville di musim panas, insektisida berbahan dasar minyak akan meleleh dan meluncur keluar dari tanaman Anda. Ketika suhu mencapai 80-an derajat fahrenheit, sabun insektisida akan bekerja paling baik. Memang benar bahwa sabun insektisida perlu disemprotkan setiap setelah hujan, tapi nyatanya produk ini bekerja di musim panas. Anda dapat melarutkan sabun insektisida dan menyemprotkannya ke tanaman Anda.

Merawat Tanaman Bougenville di Musim Dingin


Tanaman bougenville akan mekar secara penuh di akhir musim dingin atau musim semi dan gugur. Saat cuaca menjadi semakin dingin, pastikan bougenville Anda memiliki drainase yang baik untuk mencegah akar mengalami kebusukan. Selain itu, pastikan Anda memberi pengaman berupa terali untuk mencegah tanaman bougenville rusak karena angin.

Baca juga : Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Ini Dapat Membuat Bunga Cepat Tumbuh

Tingkat beku yang parah dianggap ketika tanaman bougenville terpapar suhu ekstrim selama lebih dari 4 jam dan suhu berada di bawah 32 derajat fahrenheit. Embun beku yang parah ini memang jarang terjadi dari waktu ke waktu, tapi jika benar terjadi maka dapat mengakibatkan rusaknya tanaman, terutama yang tidak terlindung tembok, pagar, terali atau sisi bangunan.

Biasanya hal ini bukan masalah yang serius, tapi jika suhu beku terjadi berkepanjangan, maka tanaman tropis ini menjadi rentan. Anda bisa memangkas bagian tanaman bougenville yang mati, untuk memberikan kesempatan jaringan baru tumbuh di lokasi pemangkasan.
Tanaman Bougenville
Sumber : www.lh3.googleusercontent.com





Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat tanaman bougenville di cuaca ekstrim adalah pastikan tanaman Anda terlindung dari embun beku. Namun, jangan sekalipun menggunakan kantong plastik atau lembaran plastik sebagai pelindung, sebab plastik dapat merusak bagian-bagian tanaman yang tertutupi.

Pastikan untuk menghilangkan penutup secepat mungkin setelah matahari menyinari tanaman, karena suhu di dalam penutup bisa jadi lebih hangat meski udara di luar masih dingin. Nah, itu tadi beberapa tips merawat tanaman bougenville sesuai musim yang dapat Anda praktikkan. Dengan kesabaran dalam merawat tanaman ini, Anda dapat menikmati pesta bunga sendiri ketika bougenville mulai bermekaran. Selamat mencoba.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Tanaman Bougenville Agar Berbunga Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel