Artikel Pilihan

Cara Merawat Tanaman Indoor Bougenville untuk Mempercantik Ruangan Rumah Anda

Tanaman Bougenville

Tanaman indoor bougenville bukanlah tumbuhan hias biasa, dalam bentuk aslinya, ini adalah semak belukar berduri yang gemar merambat. Tanaman bougenville cocok untuk iklim yang agak kering, subtropis, tropis, dan dapat tumbuh subur di tempat yang masuk dalam zona 9 sampai 11.

Hal ini berarti orang yang tinggal di daerah dengan musim dingin tidak dapat menanam bougenville di luar rumah. Beruntungnya, Anda tetap dapat menanam tanaman indoor bougenville untuk memberikan warna sekaligus sentuhan tropis di ruangan Anda.

Ketika mekar, bunga-bunga bougenville dikelilingi dengan seludang berwarna ungu terang, merah muda, oranye, dan warna lainnya. Sebagai tambahan, tanaman ini mudah dipangkas dan dilatih.




Dengan tangan berpengalaman, Anda dapat membuat pot berisi tanaman indoor bougenville yang mampu menarik perhatian semua orang dan tanaman ini tetap dapat tumbuh meski tidak didukung iklim luar rumah. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menanam bougenville di dalam ruangan.

Pastikan Tanaman Indoor Bougenville Memperoleh Asupan Cahaya Matahari yang Cukup

Bougenville membutuhkan paparan sinar matahari penuh selama kurang lebih lima hingga enam jam setiap harinya untuk membantunya mekar. Kekurangan cahaya matahari dapat menjadi penyebab utama mengapa tanaman indoor bougenville tidak dapat berbunga. Anda dapat meletakkan pot tanaman bougenville Anda sedekat mungkin dengan jendela yang menghadap ke selatan atau barat.

Baca juga : Bagaimana Cara Budidaya Bunga Bougenville?

Cukupi Kebutuhan Air Tanaman Indoor Bougenville

Jaga agar tanaman bougenville Anda tetap lembab secara merata selama musim panas dan biarkan sedikit kering ketika musim dingin. Bougenville dapat mekar lebih baik ketika musim dingin dengan kondisi yang lebih kering.

Bougenville adalah tanaman yang toleran terhadap kekeringan, sehingga biarkan 50% bagian atas tanah dalam pot mengering sebelum Anda kembali menyiramnya. Drainase yang baik sangat penting dan akar bougenville tidak boleh tergenang air. Jika tanaman indoor bougenville terlalu banyak mendapat asupan air, maka dapat mengakibatkan pembusukan akar, sukar berbunga, dan daun gugur.

Temperatur

Tanaman ini relatif kuat menahan suhu tinggi dan suhu dingin hingga 40-an derajat fahrenheit. Jika Anda memindahkan bougenville Anda di luar selama musim panas, awasi penurunan suhu di malam hari ketika musim gugur dan bawa ke dalam ruangan jika suhu turun hingga di bawah 50 derajat fahrenheit. Demikian pula ketika musim semi, berhati-hatilah untuk tidak membawa tanaman bougenville Anda keluar sampai suhu malam hari menghangat sekitar 50 derajat fahrenheit.

Media Tanam Tanaman Indoor Bougenville

Tanaman bougenville membutuhkan tanah yang banyak mengandung bahan organik untuk tumbuh. Selain itu, tanah juga perlu dikeringkan dengan cepat untuk mencegah pembusukan akar bougenville. Anda dapat menggunakan campuran tanah dengan tambahan perlite.

Pupuk

Berilah tanaman bougenville Anda nutrisi tambahan dengan memberi pupuk cair di musim panas setiap minggu. Anda juga dapat memberi pupuk ketika tanaman bougenville memasuki masa berbunga. Pilihlah pupuk yang banyak mengandung zat besi dan mikronutrien tinggi. Jenis makanan nabati ini membantu memperkuat akar dan meningkatkan jumlah bunga.

Baca juga : Panduan Mudah Menyilangkan Tanaman Bougenville

Ketika tanaman bougenville sedang beristirahat atau tidak menghasilkan bunga selama musim dingin, pupuk setiap bulan. Jangan pernah memupuk tanaman jika tanahnya dalam kondisi kering karena dapat merusak akarnya.

Mengganti Pot Tanaman Bougenville

Bougenville tumbuh dengan cepat terutama jika tumbuh di lingkungan yang sesuai dapat berubah menjadi semak-semak rumpun hingga setinggi 15 kaki. Namun, karena Anda meletakkan tanaman bougenville dalam wadah di ruangan, Anda harus mengontrol pertumbuhannya dengan melakukan pemangkasan cabang-cabang bougenville secara rutin dan pemangkasan akar setiap tahunnya di musim semi. Setelah tanaman besar, Anda dapat mengganti pot setiap dua tahun sekali.

Tips Menumbuhkan Tanaman Indoor Bougenville

Anda mungkin akan mengalami beberapa masalah terkait pertumbuhan bougenville, seperti bunga kurang mekar atau pertumbuhan terlalu cepat. Jika tanaman tidak berbunga, sebaiknya Anda mengurangi penyiraman selama beberapa minggu.

Tanaman Bougenville
Sumber : www.i.pinimg.com






Bougenville secara alami mekar di musim semi dan tampaknya lebih sukar mekar di masa-masa kering. Bougenville perlu dipangkas untuk mempertahankan bentuknya. Namun, perlu diketahui bahwa pemangkasan agresif dapat membuat bunga yang mekar memiliki warna yang kurang cerah. Solusinya, Anda dapat memangkas ketika musim gugur.

Demikian cara menanam bougenville di dalam ruangan. Cukup mudah untuk dilakukan, bukan?

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Tanaman Indoor Bougenville untuk Mempercantik Ruangan Rumah Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel