Artikel Pilihan

6 Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang

Sebagian besar spesies pohon cemara tumbuh hingga ketinggian 60 hingga 200 kaki. Pohon cemara sitka adalah spesies pohon cemara tertinggi yang dapat mencapai ketinggian 300 kaki. Pohon cemara berbentuk kerucut berkat cabang-cabang yang runcing dan relative panjang. Pohon tumbuh sangat cepat, dari 6 hingga 11 inci per musim, meskipun beberapa spesies dapat tumbuh 60 inci per tahun.

Di dunia ini ada berbagai macam dan jenis pohon cemara. 10 jenis pohon cemara berikut ini yang paling populer di seluruh penjuru dunia. Anda bisa pilih jenis mana yang paling menarik untuk taman rumah dan lanskap Anda:

Ciri Ciri Pohon Cemara

Cemara Oriental

Pohon cemara (Spruces) jenis ini dapat berupa semak, pohon kecil, atau pohon yang sangat besar. Pemilik rumah rata-rata harus fokus pada pilihan miniatur yang lebih cocok ke lanskap rumah. Jenis cemara orientalis yang digambarkan di atas, misalnya, tingginya sekitar 6 kaki (2 m) setelah 10 tahun, memiliki jarum yang tertib, halus dan menarik, dengan cabang yang sedikit meruncing.




Cemara oriental sendiri juga punya jenis yang favorit yaitu Picea orientalis 'Skylands' yang populer di benua Amerika. Picea orientalis 'Skylands' adalah pohon cemara oriental yang banyak disuka penggemar lanskap alam. Fitur khasnya adalah dedaunan emasnya yang indah.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Sinensis (Juniperus chinensis) Di Alam Liar

'Skylands' harus dilindungi dari matahari sore yang panas pada musim kemarau yang panas, jika tidak maka daunnya akan terbakar.Jika 'Skylands' dirasa terlalu besar untuk kebun Anda, ada bisa pilih "Skylands seedling" yang disebut 'Firefly' yang menampilkan dedaunan emas yang sama, tetapi tumbuh lebih lambat dengan daun yang lebih kecil.


Cemara Pungen (Colorado Spruce)

Cemara Pungens, atau bahasa latinnya Colorado blue spruce (Picea pungens) mungkin termasuk jenis cemara klasik yang masih menyisakan banyak penggemar. Hal itu karena pohon-pohon liar yang tumbuh di alam ini bisa menjadi sangat besar! Sayangnya, terlalu banyak pengembang dan penanam pohon tanpa disadari menanam jenis cemara kecil dan muda ini tepat di depan rumah.

Hanya dalam beberapa tahun pohon-pohon menjulang tinggi di atas rumah dan menutupi jendela. Namun, ada banyak varietas cemara ini punya warna menakjubkan dalam lanskap rumah. Awalnya jenis cemara ini tumbuh hanya beberapa inci setahun, dan dapat dengan mudah dipangkas menjadi bentuk semak yang menarik. Namun setelah sekian lama bisa cepat tumbuh menjadi besar.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: rimbakita.com


Cemara Jarum biru (Picea pungens 'Fat Albert')

Jika Anda menginginkan bentuk pohon cemara yang lebih tradisional, pertimbangkan jenis cemara seperti Picea pungens 'Fat Albert', yang memiliki bentuk kerucut yang diasosiasikan oleh kebanyakan orang dengan tumbuhan runjung, meskipun dalam ukuran yang jauh lebih kecil daripada bentuk tumbuhan runjung aslinya.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Biru (Juniperus squamata) Di Alam Liar

Jenis cemara ini memiliki tinggi sekitar 10 sampai 15 kaki (3 sampai 5 m) setelah 10 tahun berada di lanskap, dan sesuai dengan namanya, lebar di dasarnya akan semakin terlihat mendominasi.

Cemara Jarum Emas (Picea pungens 'Gebelle's Golden Spring')

Ada juga jenis cemara yang memiliki jarum emas atau krim baru, seperti Picea pungens 'Gebelle's Golden Spring'. Cemara jenis ini biasanya tumbuh lebih lambat dari pada pohon jenis. Pertumbuhan baru mereka sangat mencolok apalagi di musim penghujan.

Cemara Norwegia (Norwegia Spruce)

Pohon cemara Norwegia, atau Picea abies ini bisa tumbuh di banyak benua. Di alam, pohon-pohon ini sangat besar, dengan jarum hijau sangat gelap pada cabang-cabang yang meruncing dengan anggun. Ada banyak jenis cemara yang cocok ditanam untuk kebun; jenis ini mungkin pohon cemara yang paling produktif! Beberapa juga memiliki jarum emas, seperti Picea Abies 'dan Aurea Magnifica'.

Cemara Biji Kerucut (Picea abies 'Pusch')





Jenis cemara biji kerucut (Picea abies 'Pusch') adalah tanaman kecil yang tumbuh dalam bentuk globe dengan kecepatan tumbuh sekitar 2 inci (5 cm) per tahun. Kerucut biji musim semi sama dekoratifnya seperti bunga.

Nama cemara ini diambil dari nama sapu penyihir (mutasi kuncup) pada Picea Abies 'Acrocona', yang merupakan jenis pohon cemara indah lainnya. Beberapa jenis cemara Norwegia ini bahkan memiliki jarum merah! Pertumbuhan baru di Picea abies 'Rubra Spicata' bisa menunjukkan daun yang cerah dan kemudian berubah menjadi hijau gelap.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel