Artikel Pilihan

Tips Merawat Bonsai Bougenville Agar Tumbuh Subur dan Berbunga Lebat

ciri ciri pohon bonsai bougenville

Seperti tanaman bougenville yang dibiarkan tumbuh merambat, merawat bonsai bougenville cukup mudah dilakukan. Tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan terutama daerah Peru, Brasil, dan Argentina ini memang cocok sekali dipilih untuk menghias bagian-bagian rumah Anda karena memiliki warna yang cantik dan unik.

Tanaman bougenville cocok hidup di daerah dengan iklim hangat. Spesies-spesies bougenville telah tersebar di seluruh dunia dan banyak dibudidayakan melalui teknik persilangan sehingga menghasilkan warna dan bentuk struktur tanaman yang bervariasi dan istimewa.

Anda dapat menemukan berbagai warna bougenville yang memukau seperti merah, ungu tua, merah muda cerah, kuning, putih, dan oranye. Terdapat perbedaan dalam klasifikasi bougenville dari 18 spesies.



Instruksi Merawat Bonsai Bougenville di Rumah


Para ahli taksonomi mengenali empat spesies yang paling umum dan banyak dibudidayakan, yakni Bougainvillea glabra, Bougainvillea spinosa, Bougainvillea peruviana, dan Bougainvillea spectabilis. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara merawat bonsai bougenville, simak lanjutan artikel berikut ini ya.

Baca Juga :


1. Penempatan Bonsai Bougenville dalam Pot


Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam merawat bonsai bougenville adalah penempatan bonsai bougenville Anda dalam pot. Idealnya, tanaman bougenville harus ditanam di tanah sebelum dimasukkan dalam pot. Akar bougenville sangat rapuh dan tipis bila tidak dikembangkan, di mana hal ini dapat membuat akar mudah putus ketika berada dalam pot.

Sumber: i.pinimg.com
Sebaiknya Anda menunggu sampai ranting bougenville cukup tebal dan akarnya cukup kuat untuk menahan pergerakan sebelum Anda memindahkan tanaman bougenville Anda dalam pot.

Waktu terbaik untuk memindahkan tanaman bougenville ke pot adalah selama akhir musim semi, yaitu ketika bougenville sedang berada dalam perkembangan pesat. Kalau tidak, mungkin akan sulit bagi tanaman untuk pulih dan bertahan hidup setelah dipindahkan.

Sirami tanah dalam pot dua hari sebelum Anda memindahkan tanaman bougenville dan biarkan tanah tersebut kering. Setelah berada di dalam pot, tanaman bougenville mungkin akan kehilangan beberapa daun, tapi akan tumbuh kembali dengan cepat.

Menanam bougenville dalam tanah sebelum memindahkannya dalam pot memiliki keuntungan lain yaitu batang tanaman dapat tumbuh lebih tebal karena penyebaran akar lateral. Pot akan membatasi perkembangan tanaman merambat ini. Umumnya, seiring berjalannya waktu akan semakin tebal batang tanaman bougenville Anda.

Ketika merawat bonsai bougenville pastikan Anda memilih ukuran pot yang lebih besar agar akar memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, ingatlah untuk menggunakan pot yang memiliki kualitas drainase dan kelembaban yang cukup agar bonsai bougenville tumbuh optimal.

2. Kondisi Tanah yang Digunakan untuk Merawat Bonsai Bougenville

Dalam proses merawat bonsai bougenville, memilih pupuk organik yang kaya akan nitrogen akan membantu bonsai bougenville untuk menumbuhkan daun. Bonsai bougenville tumbuh baik dengan 40% bahan organik di tanah, sisanya Anda dapat mencampurkan batu apung, pasir kasar, dan granit terurai dalam media tanam.

3. Cahaya yang Dibutuhkan

Bonsai bougenville lebih suka sinar matahari penuh dan ditempatkan di luar ruangan di bawah sinar matahari atau di dalam ruangan di mana tersedia cukup sinar matahari. Jika tanaman bougenville tidak menerima cukup sinar matahari, maka tanaman ini akan tumbuh tanpa daun.




4. Asupan Air

Drainase yang baik sangat penting untuk bonsai bougenville, karena jika akar berada di tanah yang lembab dan basah, maka dapat berpotensi menumbuhkan jamur. Namun, penting untuk menyirami bonsai bougenville Anda secara konsisten, terutama ketika ada banyak daun pada tanaman.

5. Suhu

Sebaiknya Anda merawat bonsai bougenville dengan menyimpannya di tempat dengan suhu di atas 40 derajat fahrenheit dan tetap memantau suhu di tempat tersebut. Saat memangkas atau mengganti pot, tunggu suhu sekitar 50 derajat fahrenheit.

6. Pemangkasan Bonsai Bougenville


Untuk membentuk tanaman sesuai keinginan Anda, disarankan untuk rutin memangkas bonsai bougenville Anda. Namun, Anda harus berhati-hati untuk menghindari kerusakan tanaman. Pemangkasan tidak boleh dilakukan ketika tanaman tidak berbunga. Waktu terbaik untuk memangkas adalah ketika bonsai bougenville dalam kondisi sehat dan dalam pertumbuhan yang aktif. Anda juga dapat melatih cabang-cabang baru menggunakan kawat.

Itu tadi beberapa tips merawat bonsai bougenville agar dapat tumbuh sehat dan menghasilkan bunga yang lebat.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Bonsai Bougenville Agar Tumbuh Subur dan Berbunga Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel