Artikel Pilihan

Persiapan Sebelum Memulai Budidaya Pohon Ketapang

Hanya saja kita perlu untuk memperhatikan beberapa poin penting agar pohon ketapang yang kita tanam bisa tumbuh secara optimal. Hal ini sangat penting terutama bagi orang yang ingin mulai budidaya pohon ketapang. Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Persiapan Memulai Budidaya Pohon Ketapang

1. Pemilihan Bibit

Hampir sama dengan menanam pohon yang lain, ketika kita menanam pohon ketapang yang diperlukan adalah pemilihan bibit. Pohon dengan nama latin, Terminalia Catappa ini bisa kita tanam menggunakan berbagai metode Pembibitan.

Baca juga : Ingin Sukses Budidaya? Lakukan 5 Tips Merawat Pohon Ketapang Ini

Bagi anda yang baru memulai budidaya ketapang disarankan memilih metode pembibitan dengan cara penanaman pohon muda. Seperti kita ketahui bahwa proses penanaman pohon ketapang ada berbagai jenis. Ada yang dari bijinya, dari pohon mudanya, atau bahkan dari hasil cangkok.




Ciri Ciri Pohon Ketapang

Bagi pemula sangat pas jika kita menggunakan bibit pohon yang masih muda. Hal ini karena resiko gagal sangat kecil jika dibandingkan dengan bibit cangkokan atau biji. Untuk budidaya mikro sebaiknya anda siapkan bibit sesuai dengan luas lahan.

2. Persiapan Media tanam

Setelah bibit sudah siap, maka selanjutnya anda bisa menyiapkan media tanam. Media tanam untuk pohon ketapang hampir sama dengan pohon lainnya. Untuk pemilihan jenis tanah tanam, pilihlah tanah yang gembur. Maksudnya tanah tidak terlalu padat dan tidak terlalu berair. Sangat penting bagi si pemilik agar terus menjaga kegemburan tanah.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: .menanam.com
Pohon ketapang bisa ditanam di berbagai tempat. Termasuk di jalanan yang berbatu sekalipun. Namun pohon ini tidak bisa tahan lama di media yang memiliki tingkat keasaman tinggi atau terlalu rendah. Siapkan tanah lapang untuk menanam pohon ketapang ini.

Baca juga : Kenali Jenis-Jenis Pohon Ketapang Hias Untuk Di Rumah

3. Perawatan

Pohon ketapang ini perlu dirawat layaknya pohon yang lain. Dalam perawatannya sebenarnya tidak terlalu sulit. Pohon ini cenderung lebih kuat san tahan terhadap berbagai hama. Namun agar hasilnya lebih berkualitas, kita tetap harus merawatnya.

Cara paling awal dalam merawat pohon ketapang adalah dengan memberikan air secara berkala. Waktunya tidak terlalu sering dan juga tidak terlalu lama. Untuk ukuran pohon ketapang Dewasa, Anda bisa menyiramnya beberapa kali dalam seminggu. Tidak termasuk saat hujan.

Selain menyiramnya, kita bisa merawat pohon ini dengan menyemprotkan desinfektan, gunanya adalah untuk menghilangkan hama yang mengganggu proses tumbuh kembang. Sebaiknya anda menyemprotkan pohon ketapang dengab desinfektan selama beberapa bulan sekali.

Terakhir adalah dengan pemupukkan. Pohon ketapang harus dipupuk agar nutrisinya cukup. Nutrisi ini sangat mempengaruhi kualitas tumbuh dari pohon ketapang. Bagi seorang pembudidaya, pastinya tidak akan melewati proses yang satu ini. Anda bisa memberikan pupuk baik organik ataupun nonorganik kepada pohon ketapang. Frekuensi pemberian pupuknya pun tidak terlalu sering, hanya beberapa bulan sekali.

4. Panen

Sama seperti pohon lainnya, pohon ketapang pun bisa kita panen. Sama seperti tujuan awal kita menanam pohon ketapang pastinya kita menginginkan untuk memanennya. Pohon ketapang sendiri bisa dipanen dari bijinya, daunnya bahkan pohonnya sendiri. Jika kita memanen dari bijinya maka kita hanya perlu mengambil biji yang jatuh ke tanah.

Artinya biji tersebut sudah matang dan siap diproses lebih lanjut. Untuk anda yang ingin memanen daunnya, maka sebaiknya pilih daun muda yang bukan pucuk. Karena daun pucuk bisa mempengaruhi proses penanaman. Daun ketapang banyak dijadikan sebagai obat ikan cupang.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: menanam.com




Sementara itu, jika yang ingin anda apapun adalah kayunya, maka pilihlah kayu yang sudah cukup tua dan siap ditebang. Bagi seorang petani profesional maka akan tahu tingkat kekerasan sebelum menebang kayu tersebut.

Nah, itu adalah beberapa persiapan yang bisa anda terapkan ketika sedang budidaya pohon ketapang. Nyatanya, pohon ketapang saat ini sudah banyak dibudidayakan karena khasiat dan kegunaannya. Baik bagi kesehatan manusia ataupun bagi lingkungan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Persiapan Sebelum Memulai Budidaya Pohon Ketapang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel