Artikel Pilihan

Banyak Khasiatnya, Ini Dia Cara yang Benar Mengolah Daun Pohon Ketapang

Apakah anda sudah tahu kalau bagian pohon yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ya, akhir-akhir ini banyak orang yang memanfaatkan daun ketapang dalam mengobati berbagai penyakit. Misalnya saja hipertensi, ejakulasi dini, pereda nyeri dan lainnya.

Namun tahukah anda jika kita salah mengolahnya maka khasiat dari daun pohon ketapang jadi kurang manjur? Untuk itu disini kami akan memberikan tips bagaimana cara kita dalam mengolah daun pohon ketapang untuk dijadikan obat. Tentunya ada berbagai jenis obat yang bisa dibuat dari daun ini.

Cara Mengolah Daun Pohon Ketapang

Sebagai Larutan

Pertama kita bisa mengolah daun ketapang sebagai larutan. Dimana meminumnya bisa mengobati berbagai penyakit. Misalnya saja hipertensi. Dengan meminum larutan daun ketapang darah kita jadi turun. Namun ada teknik khusus bagaimana cara mengolah larutan daun ini




Ciri Ciri Pohon Ketapang

1. Pertama-tama kita petik dahulu daun pohon ketapang yang segar dari pohonnya. Jangan sampai kita ambil daun pohon ketapang yang layu atau daun yang sudah lama dipetik.

2. Setelah daun dipetik, cuci daun tersebut dengan air mengalir hingga bersih. Mencuci daun ketapang ini juga harus disertai dengan pembersihan kotoran dan hama yang menempel pada daun tersebut.

3. Selanjutnya daun tadi diiris, sebenarnya fungsi dari mengiris daun tersebut adalah untuk mengeluarkan kandungan minyak yang ada di dalamnya. Namun jangan terlalu tipis dalam mengiris. Irislah dengan lebar sekitar tiga cm secara horizontal.

Baca juga : Kapan Usia Pohon Ketapang Siap Untuk Berbuah?

4. Daun yang sudah diiris tadi selanjutnya kita masukkan ke dalam air dengan takaran yang pas. Yaitu untuk lima lembar daun pohon ketapang sekitar tiga cangkir. Anda bisa menambahkan air tersebut bila kurang. Masukkan daun tersebut bersama dengan garam jika anda perlu rasa asin. Namun jika tidak pun tak masalah.

5. Setelah itu rebus daun tadi sampai air mendidih dan berubah warnanya menjadi kehijauan. Jika daun sudah benar-benar layu sebaiknya anda matikan kompor lalu biarkan air tadi dingin.

6. Konsumsi air tersebut jika sudah benar-benar dingin. Agar rasanya lebih nikmat, Anda juga bisa menambah rempah-rempah khusus seperti jahe, madu dan lainnya. Konsumsi air rebusan daun pohon ketapang tersebut setiap dua hari sekali. Beberapa minggu pasti kondisi tubuh anda jadi berubah.

Sebagai Obat Oles

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: medium.com
Daun pohon ketapang juga bisa digunakan sebagai obat oles lho! Daun ketapang sebagai obat oles ini digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit. Misalnya permasalahan kulit akibat jamur atau bakteri. Untuk membuat obat oles dari pohon ketapang caranya cukup mudah. Berikut langkahnya :

1. Langkah pertama petik dahulu daun pohon ketapang yang segar dari pohonnya. Jangan sampai kita ambil daun pohon ketapang yang layu atau daun yang sudah lama dipetik.

2. Setelah daun dipetik, cuci daun tersebut dengan air mengalir hingga bersih. Mencuci daun ketapang ini juga harus disertai dengan pembersihan kotoran dan hama yang menempel pada daun tersebut.

Baca juga : Ingin Sukses Budidaya? Lakukan 5 Tips Merawat Pohon Ketapang Ini

3. Ketika kita ambil beberapa lembar daun ketapang lalu kita masukan ke dalam lumpang. Lumpang ini adalah semacam alat untuk menumbuk. Untuk menumbuk daun pohon ketapang kita juga bisa menggunakan ulekan jika tidak memiliki lumpang.

4. Ulek atau tumbuk daun tersebut sampai benar-benar lembut setelah itu anda bisa mengoleskannya pada bagian kulit terkena penyakit kulit.

Untuk mengoleskannya bisa setelah mandi pagi dan mandi sore. Oleskan sampai penyakit kulit tadi benar-benar sembuh baru anda bisa menghentikan pemakaian.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com





Bagian daun ketapang memang terbukti mampu mengatasi permasalahan penyakit pada manusia. Bahkan bahan alternatif ini sangat murah dan efektif jika dibandingkan dengan obat kimia. Menggunakan daun ketapang tidak menimbulkan efek samping berlebih, dengan begitu kita tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

Namun saat ini zaman sudah semakin canggih. Jika anda tidak mau repot mengolah daun pohon ketapang anda juga bisa menemukan ekstrak dari daun pohon ketapang secara mudah yang dijual di berbagai toko pertanian. Dengan menggunakan ekstrak pohon ini kita pun jadi lebih simpel lagi dalam menggunakannya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Banyak Khasiatnya, Ini Dia Cara yang Benar Mengolah Daun Pohon Ketapang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel