Artikel Pilihan

Kenali Jenis-Jenis Pohon Ketapang Hias Untuk Di Rumah

Jika Anda sedang mencari pohon ketapang hias, maka Anda akan disuguhkan beberapa jenis ketapang sekaligus. Pohon ketapang sendiri adalah ketapang yang memiliki banyak sekali jenis. Sedangkan untuk kebutuhan tanaman hias, juga bisa dipilih beberapa jenis sekaligus. Meskipun pilihannya ada beberapa malahan ada banyak, tetap saja jenis-jenis ketapang ini bisa memberikan manfaatnya sebagai tanaman hias.

Daftar Jenis Pohon Ketapang Hias

Jenis-jenis ketapang yang akan disebutkan ini sebenarnya tak melulu merupakan ketapang indoor dan bisa dihias sebaik mungkin sebagai tanaman hias. Beberapa diantaranya ada yang bisa tumbuh setinggi mungkin dan difungsikan menjadi perindang.

ciri ciri pohon ketapang

Hanya saja, beberapa diantaranya yang dimaksud ini tetap bisa dimodifikasi atau dirawat menjadi tanaman hias. Bagaimana caranya akan dibahas selanjutnya. Berikut beberapa jenis ketapang yang bisa dijadikan pohon ketapang hias.

1. Ketapang Sentani

Jenis pertama pohon ketapang hias adalah ketapang kencana sentani. Sulit untuk membedakan antara ketapang kencana sentani dengan ketapang kencana jenis lainnya. Namun ada satu hal yang terlihat mencolok dari ketapang kencana sentani sebagai pohon ketapang hias.

Dibandingkan dengan ketapang kencana lainnya, ketapang kencana sentani memiliki daun yang lebih lembut. Karena hal ini, ketapang kencana sentani akan terlihat gersang saat dijadikan pohon perindang. Namun tetap akan terlihat cantik jika dirawat menjadi pohon ketapang hias.

2. Ketapang Kencana Lhokseumawe

Selanjutnya ada ketapang kencana lhokseumawe yang diberi nama berdasarkan salah satu nama daerah di Aceh sana. Untuk mencari perbedaan antara ketapang kencana sentani di atas dengan ketapang kencana lhokseumawe ini juga cukup sulit. Namun yang pasti ketapang kencana lhokseumawe adalah jenis ketapang yang bisa dijadikan pohon ketapang hias.

Baca Juga :


3. Ketapang Biola

Selain dari jenis kencana, ada jenis lain yang karakteristiknya jauh berbeda dengan ketapang kencana. Jenis tersebut adalah ketapang biola. Ketapang jenis ini memiliki karakteristik yang mudah dikontrol. Pemilik tanaman ini yang menjadikannya sebagai tanaman hias akan membuatnya setinggi kerdil.

Jika ketapang kencana memiliki ciri khas daun yang berukuran kecil, ketapang biola memiliki ciri khas daun yang lebar dan menengadah ke atas seperti mangkok. Jika ditanya mana yang paling baik untuk dijadikan tanaman hias, maka jawabannya bisa berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya. Ada yang menjawab ketapang kencana, ada juga yang menjawab ketapang biola.

Cara Memilih Pohon Ketapang Hias

Untuk membudidayakannya Anda harus memastikannya terlebih dahulu, jenis mana yang paling Anda inginkan. Jika Anda bingung, ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri untuk menemukan jenis mana yang paling pas untuk Anda.
ciri ciri pohon ketapang
Sumber: tokopedia.net
Beberapa pertanyaan tersebut adalah; apakah Anda ingin membuatnya bonsai atau tidak? apakah Anda suka tanaman hias dengan daun kecil-kecil atau besar-besar? Apakah budget untuk mengadakan tanaman hias di rumah ini besar atau biasa saja?

Jika Anda ingin membuatnya sebagai bonsai, maka pilih saja yang ketapang kencana. Jika Anda suka tanaman hias dengan daun kecil maka pilih jenis kencana, sedangkan jika yang disuka adalah tanaman hias dengan daun besar-besar maka pilihlah yang jenis biola. jika budget Anda untuk pohon ketapang hias ini besar Anda bisa memilih jenis ketapang biola atau kencana. Namun jika biasa saja maka pilihannya adalah ketapang kencana.

Mudah bukan untuk memilihnya? Anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan di atas, dan sesuaikan jawabannya dengan apa yang telah disarankan. Setelahnya Anda bisa langsung menuju toko atau pasar tanaman dan mencari bibit ketapang yang Anda mau.

Ketapang biola memang dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding ketapang kencana. Selisih harganya bisa delapan hingga sepuluh kali lipat dari harga dua tanaman ini. setelah membeli bibitnya, di rumah nanti bisa langsung Anda pindah ke pot yang telah Anda siapkan sebelumnya. Boleh-boleh saja tanaman ketapang hias ini ditaruh di luar ruangan. Namun juga bisa ditaruh di dalam ruangan.

Ketapang hias yang biasa dijadikan bonsai akan ditaruh di dalam ruangan. Sedangkan untuk yang tidak, bebas ditaruh di dalam atau luar ruangan.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis pohon ketapang hias. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Kenali Jenis-Jenis Pohon Ketapang Hias Untuk Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel