Artikel Pilihan

Berapa Ukuran Pohon Ketapang yang Ideal?


Anda mungkin bertanya-tanya idealnya ukuran pohon ketapang itu setinggi apa. Mungkin saja bukan hanya tingginya saja melainkan diameter batangnya sepanjang cabangnya seberapa besar daunnya seberapa banyak bunganya dan lain sebagainya.

Ukuran pohon ketapang memang bisa berukuran besar dan hal ini telah dibuktikan. Namun tetap saja pohon ketapang ini sama dengan pohon lain pada umumnya yaitu memiliki ukuran yang ideal.


Ciri Ciri Pohon Ketapang


Ukuran Pohon Ketapang yang Ideal

Sebelum membahas ke ukuran pohon ketapang yang ideal, mengapa Anda bertanya-tanya akan hal ini? Apakah karena saat ini Anda sedang memelihara pohon ketapang atau sekedar penasaran saja. Kita memang saat ini Anda sedang memelihara pohon ketapang maka pilihan Anda dahulu sudah sangat tepat. Sebab pohon ketapang memang memiliki banyak manfaat dan mungkin Anda sudah membuktikannya sendiri.



Meski Begitu Tetap tidak ada salahnya jika Anda bertanya-tanya ukuran pohon ketapang yang ideal hanya karena penasaran. Mungkin alasannya Anda sudah sering melihat pohon ini baik di jalanan pinggir pantai maupun tempat lainnya.

Namun pohon ketapang yang Anda lihat ternyata beragam ukurannya, ada yang kecil seperti pagoda ada juga yang sangat besar. Sangat wajar jika Anda melihat ukuran pohon ketapang yang sangat besar bahkan lebih besar dengan pohon-pohon di sekitarnya. Sebab telah diteliti bahwa pohon ketapang ini bisa tumbuh hingga setinggi 40 meter. Padahal pohon dengan tinggi demikian biasanya hanya ditemukan di kawasan hutan saja.

Tak terkecuali Anda yang saat ini sedang memelihara pohon ketapang. Mungkin saja saat ini pohon ketapang yang ada pelihara ini sudah sangat tinggi. Pasti rasanya akan menjengkelkan jika pohon ketapang yang Anda rawat sudah besar.

Sebab setiap harinya Anda harus membersihkan daun-daunnya yang gugur. Apalagi kalau pohon ketapang itu sudah besar daunnya pun juga berukuran besar. Hal ini wajar dan tidak hanya Anda saja yang jengkel karena ini. Meski begitu tetap selama ini Anda bisa mendapatkan manfaatnya bukan?
Sudah cukup bahasan tentang pengalaman yang mungkin Anda rasakan saat ini, masuklah kita ke bahasan ukuran pohon ketapang yang ideal. Idealnya ukuran pohon ketapang adalah setinggi 3 meter.

Sebelum Menanam di Rumah, Ketahui Dulu Ukuran Pohon Ketapang

Ukuran pohon ketapang yang ideal ini berlaku untuk ketapang yang ditanam di taman rumah, pinggir jalan, maupun yang hidup liar di pinggir pantai. Apa benar Ketapang ini sedang Anda pelihara di taman Anda maka saat pohon tersebut setinggi 3 m adalah sebaik-baiknya kondisi pohon tersebut.

Dengan tinggi ini Anda bisa benar-benar mengambil manfaat yang diberikannya. Contohnya saja seperti sebagai perindang peneduh penyejuk dan juga meminimalisir polusi udara. Sangat sering ditemui ketapang setinggi ukuran ideal ini di jalan raya.

Selain karena mereka bisa tumbuh dengan baik tanpa bantuan manusia memang dengan ukuran inilah ketapang bisa memberi manfaat berupa meminimalisir polusi udara. Terjawab sudah rasa penasaran Anda yang mungkin sebelumnya menanyakan mengapa dipilih pohon ketapang untuk ditaruh di jalan raya.

Ukuran Pohon Ketapang di Pantai

Ukuran pohon ketapang yang ideal ini cukup jarang ditemui di pinggir pantai. Sebab hampir semua pohon ketapang yang berada di pinggir pantai adalah pohon ketapang yang yang hidup alami atau liar.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: i.pinimg.com

Sama sekali tidak ada yang menanamnya sehingga jika tidak dirawat manusia tentu akan terus tumbuh. Yang mana jika demikian ia bisa tumbuh hingga tinggi lebih dari 3 meter. Apalagi pohon ketapang yang berada di kawasan hutan, pastilah ukurannya lebih dari ketapang-ketapang yang ada di pemukiman.



Lantas apa yang akan Anda lakukan setelah mengerti ukuran ideal dari pohon ketapang? Jika saat ini Anda sedang fokus memelihara ketapang di rumah Anda dan masih kecil, maka teruslah merawatnya hingga memiliki tinggi ideal. Namun apabila ketapang di taman rumah Anda sudah setinggi ini menjadi terserah Anda apakah selanjutnya akan memotongnya atau membiarkannya terus tumbuh.

Satu hal yang pasti adalah semakin ideal ukuran dari pohon ketapang maka semakin baik pula ia memberikan manfaatnya. Akan sangat membantu untuk Anda yang sengaja menanam ketapang hanya untuk mengambil manfaatnya. Misalnya saja dengan menjadikannya sebagai penyejuk, peneduh, hingga perindang.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Ukuran Pohon Ketapang yang Ideal?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel