Artikel Pilihan

Pinus Mugo, Pohon Pinus Terpendek yang Bijinya Digunakan Untuk Sirup!

ciri ciri pohon pinus

Ternyata salah satu jenis pohon pinus tidak hanya digunakan untuk keperluan furnitur saja. Ada juga pohon pinus yang diambil bijinya untuk sirup. Salah satu jenis pohon pinus tersebut adalah pohon pinus mugo, atau yang dikenal sebagai Mugo pine trees.

Rasa sirup pinus mugo ini cukup banyak diminati karena manis dan menggoda. Bagi yang pernah mencoba sirup mapple, mungkin akan familiar dengan sirup dari pohon pinus mugo. Warnanya kuning gelap dan pekat.

Diketahui sebelumnya, sirup pinus mugo ini ditemukan oleh seorang penjelajah bernama Eleonora Cunaccia dari Primitivizia, Italia. Ia adalah satu dari sedikit orang di dunia yang diizinkan untuk berkumpul dan mengambil beberapa buah pinus Mugo muda di jantung Taman Nasional Pegunungan Dolomite, Trento, Italia.

Tunas muda dari pohon pinus mugi ini dimaserasi dalam air dan gula sampai beberapa bulan. Kemudian hasilnya disaring. Sirup tersebut lalu dimasak dengan api kecil hingga mengental. Tak terbayang bukan, rasa sirup dari sebuah pohon pinus?

Sebenarnya, rasanya manis dan cukup nikmat digunakan untuk berbagai hidangan. Bukan hanya untuk minuman saja, sirup dari pohon pinus mugo satu ini bisa di tuang di atas ayam bakar dan daging lainnya. Apalagi disajikan dengan hidangan khas Italia lainnya seperti gelato dan panna cotta, crepes, yogurt, irisan kue lainnya. Sirup pinus mugo ini juga sudah sering dinikmati bersama pancake dan waffle.

Di Indonesia sendiri, sirup yang terbuat dari pohon pinus bisa dibilang sangat jarang ditemukan. Kebanyakan sirup dibuah dari buah buahan. Hal inilah yang membuat pohon pinus mugo jadi sangat unik.
ciri ciri pohon sirup pinus
Sumber: foodgal.com
Tapi selain jadi sirup, pinus mugo jadi alternatif buat yang ingin menanam pohon pinus dalam bentuk lanskap bonsai. Warnanya yang hijau gelap dan aroma pohon pinus yang khas membuat banyak orang menanam pohon pinus satu ini. Pohon pinus mugo bisa menjadi salah satu tanaman untuk menutup tanah.

Baca Juga :

Pohon Pinus Terpendek

Pinus mugo adalah jenis pohon pinus dengan varietas yang pendek dan memiliki penampilan rapi dengan cabang-cabang yang tumbuh hingga beberapa meter saja dari tanah. Pohon pinus mugo punya kebiasaan menyebar secara alami dan mentolerir pemangkasan cahaya. Di musim semi, biasanya pinus mugo baru tumbuh hampir lurus dan bentunya panjang horizontal seperti "lilin."

Perlu diketahui, bentuk mirip lilin ini, pohon pinus mugo akan berwarna lebih terang dari dedaunan yang lebih tua, lilin membentuk aksen menarik yang naik di atas semak. Hal inilah yang membuat orang memilih untuk menanam pohon pinus mugo sebagai pagar hidup.
ciri ciri pohon pinus mugo
Sumber: graciousgardening.com
Pohon pinus jenis ini memang sangat serbaguna dan padat dan membuat layar dan penghalang yang baik. Sehingga, seperti fungsinya sebagai pagar hidup, ia dapat menambah privasi lanskap dan mengarahkan arus lalu lintas pejalan kaki. Pohon pinus mugo bisa digunakan untuk membagi bagian taman dan membuat ruang taman. Varietas pinus satu ini tumbuh rendah dan membuat tanaman pondasi yang bagus.

Pohon pinus mugo berasal dari daerah pegunungan Eropa seperti Pegunungan Alpen, Carpathians dan Pyrenees. Pohon pinus mugo ini bisa tumbuh subur di suhu dingin dataran tinggi. Kelompok pohon pinus jenis ini bisa tumbuh dengan ketinggian antara 91 cm hingga 6 m dan mereka dapat menyebar dengan lebar antara 3 meter hingga 9 meter. Itulah mengapa pohon pinus mugo disebut sebagai pohon pinus yang terpendek, dibandingkan jenis pinus lainnya.

Biaya pemeliharaan pohon pinus mugo juga sangat terjangkau karena tidak membutuhkan banyak perawatan. Pinus Mugo akan menjadi pengganti semak belukar atau pohon kecil untuk dijadikan layar atau penutup tanah dengan pemeliharaan rendah. Bagi yang membutuhkan tanaman untuk membantu pengendalian erosi harus mempertimbangkan penanaman pohon pinus mugo.

Menanam pohon pinus kecil yang kasar ini sangat mudah. Sebenarnya, pohon pinus mugo ini beradaptasi dengan berbagai jenis tanah dan tahan terhadap kekeringan dengan baik sehingga tidak perlu disiram. Yang paling penting hanyalah sinar matahari penuh, mungkin dengan sedikit naungan sore, dan ruang untuk menyebar ke ukuran yang lebih besar.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pinus Mugo, Pohon Pinus Terpendek yang Bijinya Digunakan Untuk Sirup!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel