Artikel Pilihan

Keunggulan Menanam Pohon Ketapang

Pohon ketapang dengan nama latin Terminalia catappa memiliki banyak keunggulan. Pohon ini kemudian ditanam dengan jumlah yang banyak. Bahkan keberadaannya juga tidak sulit untuk ditemukan. Pohon ketapang merupakan pohon seribu manfaat. Hampir setiap bagian dari pohon ini bisa dimanfaatkan. Namun secara umum ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat ketika kita membudidayakannya.

Keunggulan Pohon Ketapang

Ada beberapa keunggulan atau manfaat yang bisa didapat ketika menanam pohon ketapang, keunggulan tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Untuk Perlindungan dan Peneduh Jalan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pohon ini memang banyak ditemukan di beberapa jalan ataupun taman. Karena salah satu fungsi dari pohon ini adalah sebagai tanaman peneduh. Tanaman peneduh adalah tanaman yang digunakan untuk melindungi seseorang yang hendak meneduh dari paparan sinar matahari langsung.




Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menanam Pohon Ketapang Di Area Rumah

Karakteristik dari pohon ketapang ini adalah daunnya yang lebar dan intensitas yang padat. Sehingga mampu menghalau sinar matahari yang langsung jatuh ke tubuh seseorang. Maka dari itu, pohon ini banyak ditanam ditempat-tempat yang panas dan tempat yang terdapat paparan matahari secara banyak.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Sensasi yang didapatkan ketika berada di bawah pohon ketapang ini adalah sejuk. Karena gas oksigen yang dikeluarkannya membuat udara jadi lebih segar, disamping cuaca yang ditimbulkan tidak begitu panas. Terutama untuk rumah dan bangunan yang terkesan gersang.

Pohon ini memiliki ukuran yang cukup tinggi. Bahkan bisa mencapai 9 meter. Sebuah ukuran yang cukup pas dijadikan pohon peneduh. Selain itu ranting dari pohon ini juga tumbuh secara horizontal dan bercabang. Dengan ditumbuhi daun yang cukup banyak membuat pohon ketapang sangat sempurna.

2. Tidak Merusak Bangunan

Salah satu keunggulan dari pohon ini adalah menunjang proses strukturasi bangunan. Pasalnya bangunan yang ada di dekat pohon ini tidak mengalami kerusakan parah. Seperti kita tahu bahwa pohon besar yang memiliki akar banyak pasti akan merusak struktur dari bangunan.

Namun berbeda dengan pohon ketapang. Dengan akar tunggangnya yang menusuk ke dalam tanah secara dalam tidak memberikan kerusakan yang berarti pada bangunan. Selain itu, bentuk akar dari pohon ini didominasi dari gerakan vertikal dibandingkan horizontal yang justru menguatkan pohon tanpa harus merusak lingkungan dalam tanah di sekitarnya.

Baca juga : Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan

3. Mencegah Banjir

Salah satu keunggulan dari pohon ini adalah kemampuannya mencegah banjir. Hal ini cukup logis, pasalnya akar dari pohon ketapang ini memiliki bagian penampang akar yang cukup luas. Akarnya mampu menembus bebatuan secara dalam. Dengan begitu akan mudah dalam menyerap air dan zat hara

Jika ditanam secara bersamaan maka air yang mengendap di tanah bisa terserap oleh tanah. Alhasil banjir bisa dihindari. Salah satu bentuk dalam mencegah banjir adalah menanam pohon ini di tempat-tempat penyerapan air. Bahkan di kota- kota besar, pohon ketapang akan mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan, dan trotoar.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: stewartflowers.net


4. Menyuburkan Tanah

Masih ada kaitannya dengan manfaat sebelumnya, pohon ini mampu menyumbang terhadap kadar kesuburan dari tanah. Hal ini dikarenakan salah satu bagian organnya yang sangat penting yaitu akar. Akar dari pohon ketapang ini mampu menyerap air dalam jumlah banyak. Sementara itu apabila suatu saat tanahnya menjadi kering, maka akar akan tetap basah. Hal tersebut karena penyerapan air yang masiv di akar bisa dengan cepat membuatnya beradaptasi.

Alhasil tanah yang berada di bawahnya menjadi subur. Pada beberapa pohon memiliki konsep yang hampir mirip dengan pohon ketapang. Namun pohon ketapang merupakan salah satu yang penyerapan akarnya sudah cukup baik.





Pohon ketapang memang memiliki banyak manfaat. Penjelasan diatas merupakan beberapa manfaat secara general. Sebenarnya di dalam bagian-bagian dari pohon ketapang juga memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya saja dalam bidang kesehatan. Bagian daunnya mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Begitu juga dengan biji ketapang yang mengandung kandungan gizi tinggi. Salah satunya adalah kandungan asam lemak yang banyak. Bahkan kandungan dalam biji ketapang ini hampir mirip dengan kacang almond. Di beberapa belahan dunia, biji ketapang juga sering disebut sebagai biji pohon almond. Rasanya pun tidak kalah nikmat dibandingkan dengan kacang almond.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Keunggulan Menanam Pohon Ketapang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel