Artikel Pilihan

Kegunaan Menanam Pohon Ketapang di Halaman Rumah

Hidup di kawasan negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini mungkin tidak membuat nyaman bagi sebagian besar orang. Udara yang cukup panas, bahkan di rumah sendiri juga terkadang tidak membuat orang betah. Suasana rumah juga menjadi gersang. Karena itulah solusi yang tepat adalah menanam pohon yang rindang di halaman rumah.

Pohon rindang mempunyai ciri-ciri seperti ranting yang memanjang dan jumlah daun yang cukup banyak sehingga membuat lingkungan jadi lebih asri. Karena itulah ini menjadi keunggulan sendiri saat menanam pohon rindang di halaman rumah. Ada banyak jenis pohon rindang yang bisa dipilih seperti ketapang misalnya.

Ini Dia Manfaat Menanam Pohon Ketapang di Halaman Rumah

Menanam pohon ketapang di halaman rumah dapat memberikan banyak manfaat dan kegunaan tersendiri, antara lain :

1. Pohon Ketapang Dapat Meredam Terik Sinar Matahari

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Pohon rindang seperti pohon ketapang memiliki daun segar yang cukup banyak serta ukurannya yang lebih tinggi dibandingkan atap rumah. Sehingga dengan begitu, pohon rindang bisa meredam maupun menghalangi sinar matahari yang terik dan membuat area rumah serta halaman jadi lebih teduh. Meskipun begitu, rumah juga tidak menjadi suram dan gelap dikarenakan sinar matahari masih dapat menerangi melalui celah-celah daun.




2. Rumah Menjadi Asri Karena Suplai Oksigen Dari Pohon Ketapang

Seperti yang anda ketahui, jika pohon dan manusia saling membutuhkan satu sama lainnya dalam kehidupan. Pohon yang rindang seperti pohon ketapang bisa menyerap CO2 (Karbondioksida) dan kemudian mengolahnya menjadi Oksigen (O2). Sedangkan manusia membutuhkan O2 untuk bernafas dan mengeluarkan CO2.

Jadi dengan menanam pohon ketapang di halaman rumah, membuat rumah jadi lebih segar dan asri. Kebutuhan oksigen dan udara segar juga akan terpenuhi di rumah. Secara tidak langsung ini juga akan membuat kondisi rumah jadi jauh lebih sehat.

Baca juga :Sebelum Budidaya, Kenali 5 Ciri Pohon Ketapang Ini

3. Pohon Ketapang Dapat Ampuh Menghalau Polusi

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: jurnalasia.com
Kegunaan menanam pohon ketapang di rumah nyatanya tak hanya dapat membuat rumah jadi rindang saja namun juga bebas dari polusi udara. Daun pohon ketapang yang lebar bisa menahan debu dari jalanan agar tidak masuk ke rumah. Bahkan bukan hanya debu saja, polusi suara juga dapat diredam daun-daun pohon ketapang. Tentunya manfaat yang satu ini akan sangat dirasakan bagi anda yang bertempat tinggal di pinggiran jalan besar.

4. Angin Tetap Dapat Berhembus Melalui Dedaunan Pohon

Jika dedaunan pohon ketapang saja dapat mengahalu polusi, lalu bagaimana dengan hembusan angin? Tenang saja angin tetap dapat berhembus dari celah-celah daun. Dengan begitu, suasana rumah tetap terasa sejuk dan menyenangkan. Suara daun yang terkena hembusan angin juga bisa menjadi relaksasi tersendiri saat bersantai di rumah.

Baca juga : Dengan Fisiologis yang Rindang, Ini Fungsi Pohon Ketapang

Tips Menanam Pohon Besar Dan Rindang Di Rumah

Setelah mendengar tentang berbagai kegunaan menanam pohon ketapang di halaman rumah, tentunya anda semakin tertarik bukan untuk menanamnya di halaman rumah anda. Namun jangan sampai asal menanam dan malah tidak memberikan anda manfaat yang baik. Nah berikut ini tips untuk menanam pohon besar dan rindang seperti pohon ketapang di halaman rumah anda.

1. Perhatikan Terlebih Dahulu Luas Halaman Rumah

Sebelum menanam pohon ketapang, lebih baik untuk memperhatikan terlebih dahulu seberapa luas halaman rumah anda. Sesuaikan ukuran pohon dengan luas halaman rumah. Halaman yang mungil jika ditanam dengan pohon yang besar justru akan membuatnya tampak gelap. Sehingga anda harus rajin memotong bagian daun dan ranting secara rutin.

2. Pilih Yang Memiliki Akar Kuat





Jangan hanya melihat jumlah daunnya saja, namun perhatikan akar pohon yang anda pilih. Akan lebih baik untuk mengutamakan pohon rindang dengan akar kuat seperti pohon ketapang. Dengan begitu ketika ada hujan ataupun badai, maka pohon ini tak mudah tumbang.

3. Usahakan Menanam Jauh Dari Teras

Meskipun banyak memiliki manfaat dan kegunaan, bukan berarti jika pohon ketapang di halaman rumah tidak bisa menyebabkan permasalahan. Apalagi jika ditanam sembarangan, akar nya yang kuat bisa menjalar dan meruntuhkan pondasi bangunan. Bukan hanya itu saja ranting pohon yang cepat tumbuh akan mengenai talang air sehingga menyebabkan daun-daun yang rontok bisa menyumbatnya. Karena itulah akan lebih baik untuk menanamnya jauh dari teras rumah.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat menanam pohon ketapang di area halaman rumah. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Kegunaan Menanam Pohon Ketapang di Halaman Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel