Artikel Pilihan

Kurma Thailand, Ternyata Lebih Dahulu Ditanam di Asia Tenggara

Tentunya sudah anda ketahui sebelumnya jikalau pohon kurma ini merupakan pohon yang pada mulanya dapat tumbuh di daerah dengan iklim kering seperti halnya Wilayah Afrika Utara semacam Mesir dan juga Timur Tengah tapi jikalau di luar iklim aslinya tersebut maka hal tersebut memungkinkan sebagai contoh saja saat ini sudah ada pohon kurma yang ditanam di daerah tropis termasuk di Indonesia. 

Di Indonesia seperti halnya di Thailand, kurma yang dipergunakan seringkali adalah kurma jenis Tropika, di Indonesia budidaya kurma Tropika ini masih dalam lingkup tahapan awal perkembangannya.

Adapun memang per tanaman kurma sendiri memiliki karakteristik apabila dilihat dari karakteristik pertanaman kurmanya terbagi menjadi dua kelompok tanaman kurma yang kemudian di berbagai di daerah Indonesia dapat dijumpai.

Ciri Ciri Pohon Kurma


 

Adapun kelompok yang pertama adalah per tanaman kurma yang memang telah memiliki umur diatas 10 tahun. Bisa dibilang memang di Indonesia di berbagai daerah nya populasi ini telah berhasil tersebar dan banyak juga kelompok pertama ini menjadi tanaman penghias halaman masjid. 

Adapun kelompok yang kedua adalah kelompok yang memiliki tanaman kurma yang berumur antara 3 sampai dengan 5 tahunan yang mana sengaja didatangkan bibitnya tersebut berasal dari berbagai produsen bibit kurma yang berasal juga dari berbagai negara yang ada. 

Di suatu lokasi memang kelompok pertama ini jumlahnya tidak akan banyak tapi beberapa daripada pohon yang tersebut telah berhasil menghasilkan buah yang memiliki kualitas baik. Pohon atau tanaman kurma yang berasal dari kelompok pertama ini kemungkinan besar berasal dari semayan biji yang karakteristiknya dibuat begitu beragam. 

Di samping itu juga kelompok ini merupakan kebanyakan tanaman kurma yang tidak dapat menghasilkan buahnya, karena hanya dipelihara sebagai tanaman hias saja. Sementara pada kelompok kedua memang sengaja didatangkan ke Indonesia untuk kemudian dapat dikembangbiakkan sebagai penghasil buah kurma. 

Tapi dikarenakan memang penanamannya baru sampai dengan 5 tahun yang lalu jadi sampai dengan saat ini hanya sebagian kecil pertanaman, yang berasal dari kelompok kedua ini telah berbunga dan dapat menghasilkan buah. 

Kemungkinan besar waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2 sampai 3 tahunan lagi untuk kemudian apakah tanaman kurma tersebut dibuktikan dalam kelompok ini dapat menghasilkan buah kurma yang memiliki kualitas yang baik. 
Ciri Ciri Pohon Kurma
Sumber: pixabay.com

Saat ini memang kondisi pekebun yang ada di Indonesia yang melakukan penanaman terhadap kurma tersebut ada yang masih dalam tahapan euforia dan belum secara serius juga melakukan penggarapan terhadap perkebunan kurbannya dengan mempergunakan teknik budidaya tanaman yang intensif. 

Namun yang demikian tersebut dapat kemudian dipahami, dikarenakan memang penanaman yang dilakukan pada kebanyakan pohon kurma dalam bentuk perkebunan baru memiliki umur 3 sampai dengan 5 tahun, sedangkan lahan perkebunan kurma yang berada di Thailand telah jauh lebih dulu masuk di negara tersebut dibandingkan dengan di Indonesia, yaitu sudah semenjak 20 sampai dengan 30 tahun yang lalu.

Hal ini yang membuat Thailand berhasil kemudian mengembangkan teknologi budidaya kurma yang begitu intensif kredit. Adapun memang yang ada di Thailand sendiri kurma yang dapat tumbuh tersebut dapat dianggap sudah berada di tahapan 4.0 yaitu dari sisi varietas kurma yang memang telah ditanam sudah diseleksi, teknologi budidaya yang sudah intensif, perkebunan yang memang sudah tertata dengan baik dan juga pemasaran kurma panen yang begitu baik juga.

Kebun kurma yang ada di Thailand pada awalnya memang telah berhasil menanam varietas kurma yang begitu beragam jenisnya. Identifikasi varietas kurma tersebut secara bertahap mereka lakukan dengan adanya kemampuan melakukan adaptasi dan juga berbuah dengan begitu baiknya di tanah Thailand.

Ciri Ciri Pohon Kurma
Sumber: pixabay.com

Selanjutnya dari beragamnya bahan tanaman tersebut yang telah dikembangkan varietas kurmanya kemudian dikenal dengan istilah kl-1, kurma kl-1 ini masih mempunyai kekurangan-kekurangannya yang sudah kemudian diperbaiki oleh para perkebunan kurma yang ada di Thailand.

Pada mulanya varietas kurma baru ada beberapa yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan kl-1, karasteristik buah kurma call merupakan varietas baru yang memiliki kecenderungan lebih baik lebih manis dan juga memiliki lebih baik dari segi teksturnya apabila dibandingkan dengan kurma kl-1.

Maka dari itu memang di Indonesia budidaya kurma tersebut masih berada pada tahapan 1.0 Apabila dibandingkan dengan kurma yang dibudidayakan di tanah Thailand. Selain itu juga di Indonesia kurma Tropika yang ditanam dengan begitu banyaknya, yang merupakan produk pengembangan kurma 1.0 yang berada di tanah Thailand. Di Thailand sendiri memang varietas kurma baru saja hendak ditanam di mana penggantian telah dilakukan di sana dengan varietas kurma baru yang terbilang jauh lebih unggul.

Belum ada Komentar untuk "Kurma Thailand, Ternyata Lebih Dahulu Ditanam di Asia Tenggara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel